Tren

17 September 2021

Cincin ASI, Bukti Kenangan Masa-Masa Indah Menyusui, Tertarik Membuatnya?

Ada beberapa vendor pembuat cincin ASI lho Moms
placeholder

Foto: instagram.com/mammasliquidlovemilkjewelry

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perhiasan untuk merayakan keibuan bukanlah hal yang baru. Dari perhiasan pribadi dengan menampilan nama anak, atau segudang kenangan memperingati status Moms. Tapi, Tahukah selain berbentuk emas biasa ataupun batu berlian, ada juga yang namanya cincin ASI?

Cincin ASI biasanya terdiri dari sebuah cincin dengan aksen batu di bagian tengah yang diisi dengan ASI dari Moms. Beberapa orang menganggap makna cincin ASI ini adalah kenang-kenangan bayi, symbol keintiman ikatan menyusui antara Moms dan Si Kecil, dan perayaan prestasi luar biasa yang telah dicapai sebagai seorang ibu.

Walaupun begitu, cincin ASI ini bukanlah tren baru di beberapa Negara sudah mulai sejak tahun 2013. Tapi, tren ini pun meluas hingga ke Indonesia.

Makna Cincin ASI

Cincin ASI

Foto: Pinterest

Jika Moms memilih untuk menyusui Si Kecil, mungkin pernah mengalami beberapa rintangan dalam perjalanan meng-ASI-hi seperti puting pecah-pecah, mastitis, bayi yang baru lahir rewel dengan masalah pelekatan serta masalah lainnya. Tentunya, walau ada masa sedih hal ini bisa jadi makna cincin ASI untuk dibuat.

Dilansir dari What to Expect, Bahkan Moms mungkin juga mengalami beberapa momen paling lembut yang dapat dialami dengan bayi, seperti penampilan bahagia, mabuk susu, dan meringkuk setelah menyusu dengan baik. Karena menyusui memunculkan emosi yang kuat dan bisa tampak seperti kemenangan yang diperoleh dengan susah payah sehingga menjadikannya makna cincin ASI dibuat untuk Moms.

Mengubah emas cair Moms menjadi kenang-kenangan dalam bentuk perhiasan ASI adalah pilihan tepat. “Para ibu sering menginginkan sesuatu yang dilestarikan untuk menghormati dan mengenang keibuan,” kata Brittani Beals, pemilik Made With Love Keepsakes, sebuah bisnis perhiasan online yang berbasis di Grand Junction, Colorado yang mengkhususkan diri dalam perhiasan ASI buatan tangan.

Baca Juga: 5 Fakta Investasi Logam Mulia yang Sedang Naik Daun

Cincin ASI persis seperti apa bunyinya yaitu cincin di mana batu sebenarnya terbuat dari ASI yang diawetkan. Cincin ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan Moms dapat memilih untuk menambahkan glitter berwarna atau serpihan logam untuk tampilan yang unik. Beberapa perusahaan juga memasukkan zat lain ke dalam perhiasan, seperti bubuk plasenta atau tali pusar yang dihancurkan. Selain cincin, barang populer lainnya untuk perhiasan dari ASI seperti anting, atau gelang ASI.

Untuk cara pembuatan cincin ASI atau perhiasan ASI lainnya,biasanya tergantung dari bagaimana setiap seniman memiliki tekniknya sendiri, proses pengawetan biasanya melibatkan pemerasaan ASI dengan takaran dua sendok makan ke dalam kantong penyimpanan ASI plastik seperti tas ziplock lalu dikirim ke tempat pembuatannya.

Susu kemudian diawetkan dengan mencampurnya dengan bahan kimia, membiarkannya "meplastis" (atau mengeras). Kemudian dicampur dengan resin, sehingga lebih mudah untuk membentuk batu menjadi perhiasan ASI kustom khusus untuk Moms.

Baca Juga: Fakta Tak Terduga Seputar Kalung Amber, Wajib Tahu!

Rekomendasi Pembuat Cincin ASI

Jika Moms mempertimbangkan untuk membeli perhiasan ASI untuk diri sendiri, ingatlah bahwa sebagian besar harga cincin ASI tidaklah murah terutama bila memesan dengan tambahan aksen emas atau berlian dilansir dari thebump:

1. Beyond the Willow Tree

Beyond the Willow Tree

Foto: Beyond the Willow Tree

Merk perhiasan ASI ini berasal dari Australia, yang terinspirasi dari boho dan diluncurkan pada tahun 2013. Tak hanya itu, mereka juga memasukkan ASI, plasenta, dan potongan tali pusar ke dalam perhiasan ASI yang unik seperti cincin ASI maupun liontin. Harga cincin ASI mereka dibanderol mulai dari Rp 1.300.000. Atau bila penasaran bisa langsung mengunjungi laman Beyondthewillowtree.com atau Instagramnya di @beyondthewillowtree.

2. Mama’s Liquid Love

Mama’s Liquid Love

Foto: Mama’s Liquid Love

Didirikan oleh seorang apoteker yang membuat perhiasan ucapan terima kasih untuk donor ASI putrinya, Mama's Liquid Love menampilkan cincin halo halus dengan aksen kerawang rumit yang dapat disesuaikan dengan berlian, batu kelahiran, atau zirkonia kubik.

Salah satu jenis cincin ASI dibanderol dengan harga sekitar Rp.4.000.000 yaitu Halo Glowing Mama’s Liquid Love atau bisa langsung cek website Mammasliquidlove.com atau Instagramnya di @mammasliquidlovemilkjewelry.

Baca Juga: 6 Ide Kado Kelahiran untuk Bayi Kembar

3. Indigo Willow

Indigo Willow

Foto: Indigo Willow

Perusahaan perhiasan ASI ini berbasis di Arizona, didirikan oleh seorang ibu yang tinggal di rumah dan sangat suka membuat perhiasan sendiri. Ia pun memulai usaha sendiri dan memiliki berbagai pilihan kalugn dan cincin ASI, yang dibuat dengan tampilan yang rumit yaitu Edwardian atau Art Deco. Salah satu yang menarik yaitu jenis Indigo Willow Duchess Breast Milk Ring yang memiliki harga cincin ASI kisaran Rp.7.000.000, sementara itu jika penasaran dengan bentuk lain bisa mengunjungi Breastmilkjewelry.com atau Instagramnya di @breastmilkjewelry.

4. Lait de la Vie

Lait de la Vie

Foto: Lait de la Vie

Lait de la Vie yang berbasis di Louisiana mengkhususkan diri pada cincin ASI bergaya vintage, cocok untuk Moms yang menyukai era art deco. Lait de la Vie 14K Cincin ASI dengan Emas Padat dibanderol dengan harga kurang lebih Rp.8.000.000 atau bila ingin model lain bisa langsung ke Laitdelavie.com atau Instagramnya di @laitdelavie

Baca Juga: Ingin Tetap Romantis di Tengan Pandemi? Ini 8 Ide Kado untuk Suami

5. Sejiwa DNA Jewelry

Sejiwa DNA Jewelry

Foto: Sejiwa DNA Jewelry

Nah, ada juga pembuatan perhiasan ASI di Indonesia yaitu Sejiwa DNA Jewelry. Sejiwa DNA Jewelry adalah perhiasan berbasis DNA pertama di Indonesia. Sejak awal, merek ini telah mendapatkan popularitas di antara mereka yang menghargai kenangan dan perayaan hidup. Setiap bagian adalah cerminan dari desain abadi yang merangkum kepribadian unik melalui artikel DNA yang unik.

Setiap bagian dibuat khusus. Tidak ada dua perhiasan yang sama. Masing-masing menceritakan kisahnya sendiri dan inilah saatnya untuk menceritakan kisah Moms sebagai ibu. Atau langsung ke Instagram @sejiwaofficial.

ASI setiap ibu berbeda, dan perbedaan inilah yang membuat batu dan perhiasan ASI Moms begitu unik dan pribadi. Mulai dari warna, kepadatan dan rona setiap ASI berberbeda.

Beberapa ASI mengandung lebih banyak protein, yang membuat ASI lebih putih dan memberikan warna yang lebih cerah dan lebih putih pada bagian tengah ASI. Beberapa susu memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, memberikan kualitas yang lebih kaya dan memberikan tampilan yang lebih creamy. Jika susu Moms lebih encer, mungkin akan menghasilkan batu atau bagian tengah dengan tampilan yang lebih terang dan lebih transparan. Dan jika susu mengandung gula tinggi, batu atau bagian tengah ASI mungkin terlihat lebih padat dan lebih buram. Penasaran bukan mencoba membuat cincin ASI?

  • https://www.keepsakemom.com/blog/story-behind-breast-milk-jewelry/
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/breast-milk-jewelry-rings/
  • https://www.thebump.com/a/breast-milk-jewelry
  • https://www.beyondthewillowtree.com/collections/breast-milk-jewellery-1/products/copy-of-black-tourmaline-tipped-keepsake-crystal-with-your-choice-of-personal-inclusions-1
  • https://www.popsugar.com/family/What-Breast-Milk-Ring-45780735
  • https://www.dailymail.co.uk/femail/article-9540453/Would-wear-ring-breast-milk-Unorthodox-jewellery-sales-soar.html
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/breast-milk-jewelry-rings/#:~:text=A%20breast%20milk%20ring%20is,flakes%20for%20a%20unique%20look.
  • https://www.keepsakemom.com/blog/story-behind-breast-milk-jewelry/
  • https://www.instagram.com/sejiwaofficial/?hl=id
  • https://www.sejiwa-dna.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait