Home & Living

6 September 2021

12 Rekomendasi Desain Balkon Rumah untuk Lahan Terbatas

Cari inspirasi membuat balkon rumah yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin ingin memiliki ruang terbuka, tetapi lahan terbatas, balkon rumah solusinya.

Menurut Ensiklopedia Britanica, balkon adalah ruangan tambahan yang ada di lantai atas sebuah bangunan dengan penghalang besi atau beton. Umumnya balkon rumah ditutup dengan tembok atau pagar.

Baca juga: Inspirasi Desain Pintu Geser Kayu untuk Rumah, Berikan Kesan Minimalis Nan Mewah

Fungsi Balkon Rumah

fungsi balkon rumah

Foto: instagram.com/la_bella_mien

Balkon rumah berfungsi untuk memperbesar ruangan di sebuah hunian dengan lahan terbatas. Dalam arsitektur klasik, atap balkon tertutup dan hanya menyisakan beberapa lubang untuk udara.

Sementara, saat ini balkon rumah dibuat terbuka sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan lebih baik.

Walaupun saat ini balkon identik dengan ruang luar, tetapi di beberapa negara balkon juga dibangun di dalam ruangan lho Moms. Di gereja-gereka gotik misalnya, balkon dibangun untuk para penyanyi yang tampil dalam sebuah perayaan. Selain itu, balkon juga bisa digunakan sebagai tempat para tamu duduk dalam sebuah auditorium.

Baca juga: 9 Desain Tangga Rumah yang Cocok untuk Hunian Keluarga

Rekomendasi Desain Balkon Rumah Minimalis

Gaya hidup minimalis saat ini sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat. Hal ini juga mempengaruhi desain bangunan di era modern.

Moms yang ingin mendekorasi balkon dengan tema minimalis, liat kumpulan balkon rumah minimalis berikut ini yuk.

1. Tema Kebun

balkon rumah tema alam

Foto: apartementtherapy.com

Pengaturan menakjubkan yang terlihat di sini terlihat cukup gaya untuk menjadi tata letak interior, tetapi dibuat dengan sempurna untuk penggunaan luar.

Tanaman memberikan rasa ketenangan sementara cemin bulat menggantung dan lantai marmer oranye menjadi sentuhan pribadi yang keren.

2. Balkon Minimalis Ala Kafe

balkon rumah ala Kafe

Foto: apartementtherapy.com

Jika Moms memiliki ruangan kecil, pilihlah tampilan minimalis dengan set meja dan kursi outdoor mungil untuk diletakan di balkon rumah. Hal ini bisa membuat Moms seolah sedang berada di sebuah kafe lho.

Agar lebih menarik, Moms juga bisa menambahkan beberapa cushion dan tanaman untuk suasana lebih tenang.

3. Cozy Charm

balkon rumah cozy

Foto: apartementtherapy.com

Ingin punya balkon nyaman? Tema Cozy Charm merupakan salahs atu pilihan yang sangat disarankan. Moms dapat menempatkan beberapa daun jendela bekas sebagai hiasan dinding.

Selain itu, pemilihan furnitur sederhana dilengkapi pot bunga kecil dijamin membuat Moms tidak rela meninggalkan tempat ini.

4. Balkon Minimalis dengan Lantai Kayu

balkon rumah

Foto: apartementtherapy.com

Tema lantai kayu untuk balkon rumah juga merupakan ide yang sangat bagus lho Moms. Jika ingin terlihat lebih estetik, Moms dapat memilih bangku dari rotan dengan meja dengan desain keranjang seperti pada gambar.

Untuk sentuhan terakhir, Moms dapat menambahkan pot tanaman dan juga cushion monokrom pada bangku. Dijadim Moms akan merasa nyaman selama berada di ruangan ini.

5. Brooklyn Balcony

brooklyn balcony

Foto: apartementtherapy.com

Brooklyn balcony merupakan tema yang sangat kental dengan gaya minimalis. Mom sdapat memilih bangku taman monokrom dengan tambahan tempat lilin atau vas bunga di atas meja.

Jika memiliki ruang yang lebih luas, Moms juga dapat menambahkan sofa kayu dengan bantalan putih untuk bersantai.

6. Back to Basic

back to basic

Foto: apartementtherapy.com

Tema basic memang sangat cocon untuk balkon rumah minimalis. Moms hanya perlu menempatkan satu set meja kecil di teras atas rumah untuk bersantai.

Sesuai dengan temanya, Moms bisa plih set meja monokrom agar kesan minimalisnya semakin kental ya.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Pagar Tembok dari Gaya Minimalis hingga Batu Alam

Rekomendasi Desain Balkon Rumah Berbagai Tema

Ada lusinan ide desain balkon rumah yang jadi insprirasi Moms saat akan membuatnya. Simak selengkapnya yuk.

7. Tema Alam

balkon rumah tema alam

Foto: apartementtherapy.com

Tanaman membuat dekorasi terbaik di balkon dengan tema alam semakin indah dipandang. Moms bisa menambahkan beberapa pot bunga secara bertahap jika ingin memiliki balkon rumah dengan tanaman.

Selain menambah keindahan, tanaman juga bisa memberikan kesan private pada balkon rumah Moms. Apalagi jika Moms memilih tanaman yang dipilih memiliki ukuran yang tinggi.

8. Vertical Garden

balkon rumah dengan tema vertikal garden

Foto: apartementtherapy.com

Balkon dengan hiasan tanaman vertikal juga bisa menjadi pilihan lho Moms. Moms dapat menggunakna berbagai jenis pot sebagai hiasan untuk teras atap di rumah Moms.

Pemilihan pot dengan ukiran dengan bahan marmer bisa membuat balkon rumah menjadi sangat menarik lho Moms. Jangan lupa untuk menambahkan set meja juga ya Moms.

9. Ruang Makan

meja makan di balkon rumah

Foto: apartementtherapy.com

Meja makan tidak selalu diletakkan di dalam rumah. Karena meletakan di balkon juga tidak menjadi masalah. Jangan lupa untuk memilih meja makan yang tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan desain ruangannya ya Moms.

Menambahkan beberapa hiasa etnik di tembok juga bisa menambah keindahan dari balkon rumah Moms lho.

10. Back to Nature

back to nature

Foto: amazinginteriordesign.com

Hal paling menyenangkan yang dilakukan di balkon adalah menikmati kopi di pagi hari. Agar kegiatan ini semakin nyaman, Moms dapat memilih tema back to nature saat membuatnya.

Pilihlah meja dengan warna natural atau dari potongan batang pohon yang sangat estetik. Selain itu, Moms juga bisa menambahkan bantal dengan warna natural di sofa untuk bersantai.

11. Balkon Hutan Kota

balkon rumah ala hutan kota

Foto: itsprettynice.com

Mengubah balkon menjadi hutan kota kecil bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Moms dapat meletakan berbagai jenis tanaman di balkon dalam jumlah yang besar hingga menutupi setengah bagiannya.

Moms juga dapat meletakan bangku sederhana di sisinya dan sedikit ruang penyimpanan. Meja aksen mungil juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

12. Balkon Multifungsi

balkon rumah multifungsi

Foto: thespruce.com

Balkon multifungsi merupakan salah satu pilihan terbaik untuk Moms yang memiliki lahan sempit di rumah.

Desain ini menggabungkan banyak ruang duduk dengan bangku dan penyimpanan vertikal. Struktur kisi vertikal menyediakan ruang rak yang cocok untuk benda kecil dan tanaman.

Peti buatan tangan di bawah bangku built-in dapat digunakan untuk menyimpan barang atau sebagai kursi atau meja tambahan. Moms juga dapat menambahkan rumput palsu yang lembut untuk menutupi lantai beton.

Baca juga: 7+ Desain Green House yang Cocok di Indonesia

Manfaat Membuat Balkon Rumah

manfaat balkon rumah

Foto: instagram.com/aruct_

Ada banyak manfaat memiliki balkon yang secara langsung mempengaruhi persepsi dan kesehatan lho Moms. Simak selengkapnya Moms.

1. Mempercantik Rumah

Bangunan dengan balkon terlihat jauh lebih estetik dibandingkan dengan bangunan tanpa balkon. Sebuah bangunan dengan balkon hanya terlihat jauh lebih luas dan lebih besar.

2. Menyalurkan Hobi Berkebun

Memiliki balkon dapat membantu Moms menyalurkan hobi berkebun. Karena balkon dapat dijadikan tempat untuk menumbuhkan tanaman dengan sehat lho Moms. Apalagi jika ada matahari langsung.

3. Tempat Kumpul

Moms juga bisa menjadikan balkon rumah sebagai tempat kumpul bersama keluarga atau teman. Di sini, moms bisa melakukan pesta barbeque atau sekedar duduk sambil ngobril bersama keluarga atau sahabat lho.

4. Tempat Istirahat Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan mungkin membutuhkan dua kali lebih banyak udara segar. Apalagi jika mereka berlarian sepanjang hari di sekitar rumah. Balkon bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mereka istirahat.

Selain menyenangkan, tempat ini juga dapat mengurangi stres dan kecemasan hewan. Hewan peliharaan cenderung menjadi yang paling bahagia ketika mereka memiliki banyak waktu di luar ruangan.

5. Baik untuk Kesehatan

Menghabiskan banyak waktu di luar ruangan telah diketahui bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan, meminimalkan stres, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pikiran kreatif.

Moms dapat menghabiskan pagi dan sore hari dengan bersantai di balkon sambil dengarkan musik atau sekedar duduk untuk melepaskan rasa penat.

Demikian ide dekorasi balkon rumah yang bisa jadi inspirasi untuk Moms. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://mspace.in/benefits-of-having-a-balcony/
  • https://www.britannica.com/technology/balcony
  • https://www.thespruce.com/make-the-most-of-your-small-apartment-balcony-3017329
  • https://www.balconydecoration.com/minimalist-balcony-ideas-a-new-trend/
  • https://www.apartmenttherapy.com/balcony-ideas-35580289
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait