Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
06 Januari 2022

Dusun Bambu Lembang: Lokasi, Tiket Masuk, dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Cocok banget untuk weekend getaway bersama keluarga
Dusun Bambu Lembang: Lokasi, Tiket Masuk, dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Foto: instagram.com/dusun_bambu

Dusun Bambu Lembang menjadi salah satu tempat wisata di daerah Lembang yang kerap dijadikan tempat berlibur untuk para wisatawan dari luar Bandung, terutama Jakarta. Sebenarnya apa wisata seperti apa di Dusun Bambu Lembang?

Dusun Bambu Lembang adalah tempat wisata alam yang berada di kaki Gunung Burangrang. Konsep eco friendly membuat Dusun Bambu Lembang banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tempat itu, para wisatawan bisa menjelajahi alam dengan trekking hingga menggunakan motor. Menikmati persawahan bertingkat, sebuah danau kecil, dan sungai kecil, yang menjadi salah satu ciri khas dari Dusun Bambu Lembang.

Melansir laman resmi Dusun Bambu, tempat wisata area Bandung yang mulai dikenal publik sejak 2014 lalu ini, ditetapkan untuk pelestarian spesies tanaman asli, termasuk pohon, bunga dan terutama bambu.

Di tempat itu, Moms dan keluarga dapat menjelajahi alam dan tradisi lokal dengan cara yang menyenangkan. Moms juga bisa menikmati kegiatan outdoor lainnya, termasuk berkemah. 

Selain menawarkan tempat wisata alam, Dusun Bambu Lembang juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Ada restoran bernama Burangrang dan Purbasari yang terinspirasi dari cerita rakyat terkenal di Jawa Barat.

Ada Kampung Layung yang merupakan resort, di mana Moms dan keluarga bisa menikmati waktu beristirahat dengan nyaman. Tentu saja Dusun Bambu Lembang juga dilengkapi dengan tempat parkir luas termasuk shuttle bus.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Anak di Bandung Paling Populer

Aktivitas di Dusun Bambu Lembang

Wisata di Dusun Bambu Lembang bisa jadi one stop shopping, Moms. Selain bisa menginap di resort, Moms dan keluarga juga bisa memilih untuk menginap di camping ground.

Selain itu, Moms dan keluarga juga bisa melakukan banyak aktivitas di sana. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Dusun Bambu Lembang?

1. Makan di Restoran Purbasari

Buat para pecinta kuliner, menikmati makanan lokal di restoran setempat bisa menjadi alternatif. Apalagi jika dibalut dengan pemandangan dan suasana menarik.

Di Dusun Bambu Lembang, Moms bisa makan bersama Dads di Restoran Purbasari dengan pemandangan unik dan suasana romantis. Namun, jangan lupa untuk melakukan reservation dulu ya Moms, karena tempat ini sering full booked.

2. Menikmati Sajian di Tepi Danau Kecil

241185105_534355040984062_4549542094815021214_n.jpeg

Foto: 241185105_534355040984062_4549542094815021214_n.jpeg

Foto: Instagram.com/dusun_bambu

Jika Restoran Purbasari penuh, Moms bisa memilih makan di Café Burangrang yang lokasinya di sisi danau kecil. Moms juga masih bisa menikmati pemandangan alam yang asri dan segar.

Selai itu, berbagai kuliner khas Dusun Bambu Lembang, khas Jawa Barat, hingga kuliner dari western bisa Moms temukan di Café Burangrang dengan harga yang cukup terjangkau. Meski begitu, jangan ragukan kualitas rasanya, ya Moms.

3. Wisata Kuliner di Pasar

Satu lagi tempat kuliner yang bisa Moms jajal di Dusun Bambu Lembang, Pasar Khatulistiwa. Di sini, Moms bisa mendapatkan berbagai jajanan lokal dari tempat yang mengadaptasi konsep pujasera. Kehidaran Pasar Khatulistiwa juga membuat Moms tak perlu kerepotan menyiapkan bekal ketika berkunjung ke Dusun Bambu Lembang.

Baca Juga: Fakta Kampung Daun Bandung, Tempat Liburan bersama Keluarga

4. Berfoto di Sarang Burung Raksasa

Lutung Kasarung menjadi salah satu ciri khas dari Dusun Bambu Lembang. Ini merupakan area yang berbentuk seperti sarang burung. 

Letaknya di ketinggian, yang juga terdapat platform mengelilingi area dari atas pohon. Area unik yang instagrammable ini menjadi daya tarik para pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang pepohonan.

5. Jalan-jalan di Taman

Moms dan keluarga juga bisa jalan-jalan di Taman Arimbi, mengitari Dusun Bambu Lembang. Taman tersebut ditata apik dengan aliran sungai yang terletak di bagian tengah taman. Tentu saja, Taman Armibi juga menjadi salah satu spot foto menarik di Dusun Bambu Lembang.

6. Menikmati Suasana Pedesaan

97335515_246251876680132_1517264960335635021_n.jpeg

Foto: 97335515_246251876680132_1517264960335635021_n.jpeg

Foto: Instagram.com/dusun_bambu

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Dusun Bambu Lembang adalah suasana pedesaan. Ketika tiba di Dusun Bambu Lembang, dari tempat parkir menuju area utama Moms bisa melihat gazebo-gazebo yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat.

Selain jalan kaki, Moms juga bisa menggunakan shuttle yang disediakan secara gratis untuk pengunjung. Biasanya, shuttle berangkat setiap 5 menit sekali menuju area utama.

Di area utama inilah, Moms bisa menginap di resort untuk menikmati keindahan alam, udara segar, serta suasa pedesaan lebih lama lagi di Dusun Bambu Lembang.

7. Main di Playground

Moms juga bisa mengajak si Buah Hati bermain di area playground di Dusun Bambu Lembang. Moms bisa mengajak si Buah harti naik perahu menyusuri danau, kemudian melukis kaos, lalu menikmati berbagai booth permainan dan bisa juga menyusuri sawah dan taman. Dengan begitu, liburan Moms bersama anak-anak menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Tempat Glamping Ciwidey dengan Suasana dan Pemandangan yang Asri

Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

31449154_390761938067457_2136584854953787392_n.jpeg

Foto: 31449154_390761938067457_2136584854953787392_n.jpeg

Foto: Instagram.com/dusun_bambu

Dusun Bambu Lembang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Jangan khawatir Moms, karena lokasinya mudah ditemukan bahkan mudah dijangkau dari arah tempat wisata lain yang ada di sekitarnya.

Seperti menuju Floating Market Lembang. Ada tiga rute menuju Dusun Bambu Lembang. Selain jalan utama, Dusun Bambu Lembang juga bisa dijangkau dari rute-rute alternatif. Catat ya Moms, ini rute termudah menuju Dusun Bambu Lembang.

1. Rute Utama, Ledeng

Sudah pasti, rute utama menuju Lembang dari Pusat Kota Bandung adalah melewati Ledeng. Moms akan melewati Jalan Setiabudi menuju jalan utama ke Kota Lembang.

Ini merupakan rute paling mudah namun juga penuh tantangan. Saat jadwal liburan, akhir pekan, atau long weekend, jalur utama ini akan macet.

2. Rute Sersan Bajuri

Rute lain yang bisa Moms gunakan untuk bisa tiba di Dusun Bambu Lembang adalah Rute Sersan Bajuri. Untuk bisa melewati jalur ini, Moms tetap perlu menggunakan rute Ledeng sebagai rute utama.

Dari terminal Ledeng, Moms bisa mengambil Jalan Sersan Bajuri di sebelah kiri jalan. Gunakan rute Sersan Bajuri hingga Moms sampai di Parongpong. Rute ini juga cukup mudah, namun sama halnya dengan rute Ledeng yang penuh tantangan. Terutama di hari libur, karena rute utama kerap dipadati kendaraan.

3. Rute Alternatif

Untuk menghindari jalan yang tidak terlalu macet, Moms bisa menggunakan rute alternatif dengan menuju Jalan Gagerkalong Girang ke Jalan Cihanjuang ke Parongpong.

Ini merupakan jalur alternatif Moms untuk bisa menghemat waktu di jalan. Moms tidak perlu menghabiskan tenaga ekstra di dalam kendaraan dan menghadapi kemacetan di jalur utama.

Baca Juga: Nikmati Pesona Curug Layung Lembang, Surga Dunia di Tengah Hutan Pinus

Untuk berwisata alam di Dusun Bambu Lembang, Moms perlu menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang di hari biasa dan Rp25 ribu di akhir pekan. Selain itu, jangan lupa siapkan uang parkir ya Moms. Rp15 ribu untuk mobil dan Rp10 ribu untuk motor.

Itulah beberapa informasi tentang Dusun Bambu Lembang. Moms yang berniat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di Bandung bisa menjadikan Dusun Bambu Lembang sebagai salah satu pilihan. Namun, yang perlu diingat tetap patuhi prokes, ya Moms. Selamat berlibur!

  • https://dusunbambu.id/information