K-Wave

21 Juli 2021

9+ Film Thriller Terbaik dari Korea dan Jepang, Tidak Kalah Menegangkan dari Film Hollywood!

Ada yang dibintangi Si Captain America Chris Evans
placeholder

Foto: asianwiki.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Film thriller memang jadi pilihan paling menarik buat Moms dan keluarga yang suka adegan menegangkan, menguras emosi dan bikin deg-degan. Berbagai platform menonton film juga kerap menghadirkan  film thriller terbaik dari negara-negara berbeda.

Ada cukup banyak pilihan film thriller terbaik yang menarik untuk ditonton bersama keluarga atau pun teman di akhir pekan. Terlebih masa pandemi membuat nonton film di rumah menjadi salah satu kegiatan me time yang menyenangkan.

Dari ribuan film thriller terbaik, belakangan film thriller terbaik Korea dan Jepang melesat bak roket dengan suguhan cerita-cerita segar. Plot twist yang disajikan kadang membuat kepala panas dan mind blowing.

Ditambah, film-film thriller terbaik tersebut biasanya lebih memiliki kekuatan emosi dengan kita, yang juga berasal dari benua Asia. Apa saja sih film thiller terbaik yang bisa Moms jadikan referensi untuk ditonton nanti?

Simak artikel ini ya Moms, karena kita akan membahas beberapa film thriller terbaik Korea dan film thriller terbaik Jepang sepanjang masa.

Baca Juga: Fakta Drama Thriller Terbaru TVN, Flower of Evil, yang Akan Tayang Juli 2020

Film Thriller Terbaik Korea

Industri entertainment Korea memang sedang naik daun. Tidak hanya dunia KPop atau musik, industri perfilmannya pun tidak kalah. Dalam industri film, film thriller terbaik Korea bukanlah lagi tayangan langka. Dibintangi aktor-aktris Korea berbakat, berikut ini adalah film thriller terbaik Korea.

1. Snowpiercer

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Dikutip dari Asian Wiki, Snowpiercer merupakan film yang dirilis pada 2013 lalu. Film thriller terbaik Korea ini, juga dibintangi Chris Evans si Captain Amerika member Avangers dan disutradarai oleh Bong Joon Ho. Tidak hanya itu, film thriller terbaik Korea ini juga menceritakan ketika dunia benar-benar tertutup es dan salju akibat rusaknya alam akibat pemanasan global.

Digambarkan bahwa untuk memerangi pemanasan global, sebuah bahan kimia dilipaskan ke atmosfer pada tahun 2014. Namun, hal itu malah merusak alam di Bumi dan membuatnya menjadi benar-benar tertutup es dan salju.

Cerita berlanjut ke tahun 2031, ketika kehidupan di Bumi tandus kecuali di kereta Snowpiercer. Kereta telah mengelilingi dunia terus-menerus selama bertahun-tahun.

Kereta ini memiliki 1001 gerbong dengan penumpang yang dipisahkan antara kelas satu dan kelas ekonomi. Penumpang kelas satu adalah pelanggan kaya yang membayar tiket mahal mereka saat kereta pertama kali diluncurkan.

Sementara penumpang di luar kelas satu adalah penumpang gratis yang naik kereta karena putus asa. Mereka juga harus hidup seperti dalam neraka karena hanya diberi makan zat misterius, yang dikenal sebagai protein jelly dan dijaga ketat dengan ancaman kekerasan oleh pihak keamanan.

Seorang pria dari gerbong tersebut bernama Curtis (Chris Evans) kemudian berangkat untuk mengambil alih ruang mesin dan membebaskan anak buahnya dari tirani penumpang kelas satu.

Sementara itu, seorang pria Korea bernama Namgoong Min-Soo memiliki pengetahuan orang dalam tentang cara melewati sistem keamanan yang ditemukan di setiap bagian kereta.

2. The Wailing

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

The Wailing merupakan film thriller terbaik Korea yang menceritakan tentang sebuah desa yang terlihat damai. Namun, tiba-tiba kota ini seperti terserang wabah kematian misterius.

Selain itu kekerasan juga terjadi di seluruh desa tersebut. Akibat kejadian tersebut, polisi menyimpulkan jamur liar beracun adalah penyebab kematian. Petugas Polisi Jong-Goo (Kwak Do-Won) mendengar desas-desus dari seorang rekan kerja tentang seorang pria Jepang misterius (Jun Kunimura) yang tinggal di dekatnya.

Desas-desus menyebut pria Jepang itulah yang menyebabkan kematian misterius dan vandalisme di desa tersebut. Saat bertuga, Jong-Goo bertemu Moo-Myeong (Chun Woo-Hee). Dia memberi tahu Jong-Goo bahwa dia melihat pria Jepang itu menjadi korban tewas terakhir. Keraguan Jong-Goo tentang pria itu mulai goyah.

Sementara itu, Putri Jong-Goo, Hyo-Jin, kemudian mengalami gejala gila yang mirip dengan yang dialami penduduk desa lain sebelum kematian mereka. Jong-Goo yang putus asa pergi menuju ke pegunungan untuk menemukan rumah lelaki tua Jepang tersebut.

Sementara itu, ibu mertuanya memanggil dukun, Il-Gwang (Hwang Jung-Min), untuk melakukan eksorsisme pada Hyo-Jin. The Wailing merupakan film thriller terbaik Korea yang dirlis pada 2016 lalu, dengan Na Hong Jin sebagai sutradara.

Baca Juga: 7 Film dan Drama Korea yang Diperankan Jung Ga-ram, Yuk Tonton!

3. I Saw The Devil

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

I Saw The Devil adalah film thriller terbaik Korea yang dibintangi Lee Byung Hun pada 2010 lalu. Film ini menceritakan tentang seorang agen Badan Intelijen Nasional, So Hyun (Lee Byung Hun) yang melancarkan aksi balas dendamnya pada seorang pembunuh berantai, yang membunuh tunangannya secara brutal pada satu malam bersalju.

I Saw The Devil disutradarai Seok Min Woo, yang memperlihatkan banyak adegan kekerasan penuh darah di film tersebut.

4. Train to Busan

film thriller korea

Foto: Asian Wiki

Film thriller terbaik Korea lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam daftar tonton akhir pekan adalah Train to Busan. Film yang satu ini selalu menarik ditonton, meski dilakukan berulang kali.

Train to Busan menceritakan seorang orang tua tunggal, Seok Woo (Gong Yoo) yang melakukan perjalanan dengan kereta bersama anaknya, Soo An (Kim Soo Ahn) menuju Busan. Sebagai seorang ayah, Seok Woo berusaha mengabulkan keinginan putrinya untuk pergi mengunjungi ibunya di Busan. 

Namun perjalanan kereta mereka berubah menjadi mimpi buruk akibat wabah zombie. Di dalam kereta, Seok Woo harus berjuang melindungi putrinya dari serangan zombie yang mulai menulari para penumpang.

5. Parasite

film thriller korea

Foto: Parasit

Parasite merupakan film thriller Korea terbaik yang cukup fenomenal, terlebih setelah memborong piala Oscar pada 2020 lalu. Film yang dirilis pada 2019 ini memperlihatkan kesenjangan sosial kehidupan di Korea.

Dalam ceritanya, Ki-Taek (Song Kang-Ho) miskin dan menganggur. Dia tinggal bersama istrinya Choong-Sook (Jang Hye-Jin), putra Ki-Woo (Choi Woo-Sik) dan putrinya Ki-Jung (Park So-Dam) di apartemen semi-basement yang lembab dan dipenuhi serangga di berpenghasilan rendah, di Seoul.

Ki Woo kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai guru privat bahasa Inggris, menggantikan temannya (Park Seo Jun) yang akan belajar di luar negeri. Segera, Ki Woo pun memasuki kehidupan keluarga Park yang kaya raya. 

Baca Juga: 9 Film Horor Korea Terbaik, Berani Nonton?

Film Thriller Jepang Terbaik

Serupa dengan Korea, Jepang pun memiliki sejumlah film thriller terbaik yang bisa Moms masukkan dalam daftar tontonan di akhir pekan. Berikut adalah 5 film thriller terbaik Jepang seperti dilansir Vogue.

6. Audition

film thriller korea jepang

Foto: imdb

Audition merupakan film thriller terbaik yang dirilis pada 1999 lalu. Film ini menceritakan audisi palsu untuk mencari pasangan alih-alih pemeran film.

Seorang duda di Tokyo, Shigeharu Aoyama, menceritakan rasa kesepiannya kepada seorang teman, yang kebetulan berprofesi sebagai produser film. Dia kemudian bertekad mendapatkan pasangan baru untuk Shigeharu hingga membuka audisi untuk sebuah film palsu, di mana Shigeharu pun terlibat dalam proses audisi tersebut.

Shigeharu kemudian jatuh cinta pada seorang wanita yang muncul. Akan tetapi, ada sesuatu yang misterius dan rahasia jahat pada wanita itu. 

7. The Forest of Love

film thriller korea jepang

Foto: imdb

Film yang dirilis pada 2019 lalu ini menjadi film thriller terbaik Jepang dengan latar belakang dari kisah nyata kejahatan yang dilakukan Futoshi Matsunaga di Jepang pada akhir 90-an. Matsunaga dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan dijatuhi hukuman mati oleh pihak berwenang.

Baca Juga: 6 Film Horor Thailand dan Jepang yang Terseram, Berani Nonton Sendirian?

8. Cold Fish

film thriller korea jepang

Foto: Asian Wiki

Film thriller terbaik Jepang lainnya ada Cold Fish. Film ini menceritakan Nobuyuki Syamoto seorang pria paruh baya biasa yang tinggal bersama istri dan putrinya yang masih remaja.

Suatu hari, putrinya tertangkap mencuri dari toko ikan milik seorang pria yang tampaknya baik dan murah hati. Terlepas dari segalanya, pemilik toko dan istrinya menawari gadis itu pekerjaan di toko mereka, dan dia menerimanya.

Menurut Nobuyuki, pasangan itu sempurna. Namun, seiring berjalannya cerita, rahasia gelap yang melibatkan penjual misterius terungkap dan Nobuyuki harus melakukan semua yang dia bisa untuk melindungi orang yang dicintainya.

9. Border

film thriller korea jepang

Foto: Asian Wiki

Border menceritakan seorang detektif, Ango Ishikawa yang mendadak memiliki kemampuan untuk melihat orang mati, setelah hampir terbunuh.

Investigasi barunya pun berubah saat dia menggunakan kekuatannya untuk menyelesaikan kasusnya dengan berinteraksi dengan roh para korban. Film thriller terbaik asal Jepang itu dirilis pada 2017 lalu.

10. Battle Royale

film thriller korea jepang

Foto: imdb.com

Film thriller terbaik Jepang yang keempat ini dirilis pada 2000 lalu dengan judul Battle Royale. Film ini menceritakan persaingan hidup dan mati para siswa sekolah.

Diceritakan, pada pergantian abad ke-21, perekonomian Jepang mengalami penurunan parah hingga pemerintah menyetujui kelas yang terdiri dari 42 siswa untuk menghabiskan tiga hari di pulau terpencil untuk bersaing dalam pertempuran sampai mati. Pemenangnya akan mendapatkan hak untuk hidup, tetapi jika ada lebih dari satu yang selamat, maka semua orang mati.

Hal itu menjadi sebuah kekacauan karena beberapa siswa sudah lebih dulu terjun dalam medan permainan untuk bertahan hidup, sementara yang lain menyusun rencana untuk melarikan diri tanpa perlu pembunuhan.

Baca Juga: 6 Film Romantis Jepang untuk Menemani Waktu Luang, Dijamin Baper!

Itulah 10 film thriller terbaik dari Jepang dan Korea yang mungkin sebagian sudah Moms tonton. Walaupun cukup menyeramkan, bisa dipstikan Moms dan keluarga pasti sudah pernah menonton beberapa film thriller terbaik  ini. Jadi, mana film thriller terbaik  versi Moms dan keluarga? 

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait