Scroll untuk melanjutkan membaca

FASHION & BEAUTY
16 November 2022

7 gaya Rambut Pria Pendek Samping, Tren yang Tak Lekang oleh Zaman!

Banyak artis atau public figur kerap tampil dengan gaya rambut pria pendek samping
7 gaya Rambut Pria Pendek Samping, Tren yang Tak Lekang oleh Zaman!

Beragam gaya rambut pria mengikuti perkembangan zaman, terutama perkembangan mode para artis, baik dalam dan luar negeri. Misalnya, gaya rambut pria pendek samping yang kini banyak Dads temui di lingkungan sekitar.  

Banyak model rambut saat ini yang masih memadukan gaya masa lalu dengan kepekaan modern. Sebut saja model undercut atau dua jari yang telah mengambil alih mode pria masa kini.

Dari Brad Pitt hingga David Beckham, keduanya hanyalah segelintir orang dengan gaya rambut pria pendek samping yang berpengaruh dalam menjadikan model rambut ini lebih menonjol.

Model rambut pria pendek samping lainnya adalah yang memiliki bagian belakang panjang. Model atau potongan rambut yang satu ini biasanya banyak Dads liat pada artis-artis KPop. 

Kali ini, Orami akan mengulas gaya rambut pria pendek samping baik yang dua jari atau belakang panjang. Ini bisa menjadi inspirasi bagi para Dads atau anak laki-laki Dads yang mencari model rambut terbaru. 

Baca Juga: 20 Model Rambut Pria 2021 yang Trendi Sepanjang Masa

Gaya Rambut Pria Pendek Samping 2 Jari

Jika Dads melihat beberapa orang tampil dengan gaya rambut pria pendek samping 2 jari, maka ini disebut dengan potongan undercut.

Dikutip dari Haircut Inspiration, ini adalah gaya rambut pendek hingga sedang yang kontras pada bagian atas dan samping.

Model rambut pria yang satu ini biasanya dibiarkan panjang di bagian atas, sedangkan bagian samping dan sering kali bagian belakang dipendekkan.

Ini memberi penekanan pada rambut di atas kepala dan menciptakan perbedaan yang mencolok antara bagian atas dan samping.

Dads juga harus tahu, gaya rambut pria pendek samping atau undercut ini disebut 2 jari karena modelnya yang sederhana dan mudah dirapikan dengan dua jari.

Ada banyak variasi pada gaya rambut pria undercut seperti dikutip dari Men's Haircut, yaitu:

1. Undercut Fade

Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Undercut Fade

Foto: Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Undercut Fade (menshaircuts.com)

Undercut fade adalah potongan rambut mix yang fantastis antara model rambut fade klasik dan gaya rambut pria pendek samping 2 jari yang mencolok.

Model rambut ini menunjukan bagaimana seseorang menjadi terlihat lebih praktis tetapi tetap fashionable

Model rambut ini adalah dasar yang mengagumkan untuk menjaga rambut seseorang tetap rapi dan membuatnya sesuai dengan gaya yang diingkan. Potongan fade pria dapat ditata sesuai keinginan.

Ini bisa berupa undercut yang dirapikan ke bawah, belakang, atau samping dengan banyak pilihan tekstur.

2. Disconnected Undercut

Gaya rambut pria pendek samping 2 jari yang terputus atau disconnected undercut menggambarkan tentang keberanian dan transisi yang kasar.

Rambut pada bagian atas secara tradisional lebih panjang, tetapi transisi ke sisi pendek cukup mendadak karena mulai memendek pada titik tertentu. Ini seolah membentuk tubuh yang terputus.

Potongan seperti ini cocok bagi mereka yang tidak menyukai model atau gaya yang terlalu halus dan rapi dalam hal potongan rambut.

3. Slicked Back Undercut

Gaya Rambut Pria Pendek Samping Slicked Back Undercut

Foto: Gaya Rambut Pria Pendek Samping Slicked Back Undercut (www.undercuthairstyle.com)

Karena gaya rambut pria pendek samping 2 jari menciptakan tampilan yang berani dan kontras tinggi, beberapa orang mungkin ingin menjaga gaya rambut bagian atas mereka cukup moderat.

Dinamakan slicked back undercut, model rambut ini membuat hairstyle seorang pria terlihat seimbang, tetapi tetap menonjol. Selain itu, tampilan rambut yang elegan ini akan cocok dengan hampir semua suasana.

4. Quiff Undercut

Jika rambut Dads lebih tebal dari biasanya, maka perpaduan gaya rambut pria pendek samping 2 jari dan gaya quiff atau quiff undercut lebih cocok. Untuk menunjukkan perbedaan panjangnya, pilihlah potongan yang tajam.

Sebagai alternatif, pertimbangkan sisi fade atau lancip secara bertahap jika ingi tampilan yang lebih bersahaja. Bagaimanapun, model ini akan membuat pria tampak lebih ramah sekaligus bergaya.

5. Artistic Parted Curls

Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Artistic Parted Curls

Foto: Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Artistic Parted Curls (mygigsmakeup.blogspot.com)

Sebagian besar gaya rambut pria pendek samping 2 jari yang Dads lihat biasanya difokuskan pada rambut lurus. Jadi, undercut artistic parted curls hadir untuk membuktikan bahwa ada jenis rambut keriting undercut yang bisa dipamerkan.

Cara seseorang menata rambut keriting mereka secara langsung biasanya tergantung pada perilakunya.

Jika tebal dan cenderung melengkung saat tumbuh panjang, variasi undercut artistic parted curls pendek dan menengah dapat menjadi salah satu model rambut kekinian yang dipilih.

6. Undercut Mohawk

Jika Dads seorang pencinta potongan rambut mohawk, tetapi khawatir bagaimana model itu akan terlihat, ketahuilah bahwa perpaduan mohawk dan gaya rambut pria pendek samping 2 jari dapat terlihat lebih keren dengan sedikit aturan yang disesuaikan.

Beberapa pria bahkan memilih fauxhawk yang keren karena sisi-sisinya pendek tetapi tidak dicukur.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kondisioner Rambut Pria, Cegah Rambut Kering dan Rusak!

Gaya Rambut Pria Pendek Samping Belakang Panjang

Selain gaya rambut pria pendek samping 2 jari, terdapat pula gaya rambut pendek lainnya yang kini populer bagi kalangan Gen Z. Memiliki sebutan wolf cut hairstyle atau gaya rambut pria pendek samping belakang panjang.

7. Wolf Cut

Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Wolf Cut

Foto: Gaya Rambut Pria Pendek Samping - Wolf Cut (percentmag.com)

Wolf cut adalah salah satu model rambut yang belakangan populer di TikTok dan merupakan adaptasi dari gaya rambut ala Korea Selatan. Di media sosial tersebut, tag Wolf Cut sudah mengumpulkan lebih dari 230 juta tampilan. 

Dikutip dari Allkpop, CNN Style menyebut Jin BTS sebagai ikon "wolf cut" atau gaya rambut pria pendek samping belakang panjang. Potongan ini populer di berbagai jenis kelamin dan kerap menyerupai bulu serigala. 

Potongan rambut acak-acakan Jin BTS menyerupai peri dewasa yang sempurna. Teksturnya bergelombang di bagian atas dan highlight cokelat muda ada di seluruh bagian dasar rambutnya. 

Dinamakan wolf cut karena esensi potongan rambut ini yang liar dan kini banyak dibuat berombak dan penuh tekstur, lalu dibingkai oleh lapisan-lapisan bergradasi lembut di sekitar wajah. 

Wolf cut memang merupakan gaya rambut pria pendek samping belakang panjang yang menawan, tetapi tidak rewel atau membutuhkan perawatan khusus yang ekstra.

Selain itu, model rambut ini tidak hanya diaplikasikan oleh pria, karena kenyataanya juga banyak wanita yang menggunakan model rambut ini. 

Pada wanita, Shaggy Wolf Cut menghiasi rambut Billie Eilish dengan satu set poni tirai yang membingkai wajah dan lapisan berombak yang memberikan efek bulu pada keseluruhan tampilan.

Baca Juga: Gaya Rambut Ikat Pria untuk Tampilan yang Lebih Modis dan Fresh

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang gaya rambut pria pendek samping yang bisa Dads jadikan referensi. Tertarik untuk mencobanya?

  • https://www.gatsbyglobal.com/en/technique/undercut-hairstyles-men-classics-hottest-trends/
  • https://menshaircuts.com/undercut-styles-guide/
  • https://www.purewow.com/beauty/wolf-cut-hair-trend
  • https://www.allkpop.com/article/2021/05/cnn-style-mentions-btss-jin-as-an-icon-of-the-wolf-cut-a-gender-fluid-hairstyle-popular-among-gen-z