08 Juni 2016

How to Spending Time With Your Child

Let's go!

Anak-anak pasti senang jika dapat bermain ditemani orangtuanya. Namun, bagaimana jika Anda terlalu sibuk untuk bekerja dan jarang menyempatkan waktu untuk menemani anak bermain? Sulitnya membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus anak membuat sebagian orangtua memilih untuk menggunakan jasa baby sitter. Padahal, masa itu adalah tahap dimana anak-anak sangat membutuhkan seseorang untuk dapat dekat dengannya secara emosional. Berikut adalah cara mengisi waktu berkualitas dengan anak.

Piknik

Semua anak pasti akan bersemangat ketika orangtuanya mengajak berpergian. Luangkahlah waktu walau hanya dua bulan sekali untuk membawa anak Anda piknik dan menghabiskan waktu bersama dengan aktivitas yang menyenagkan pada akhir pekan. Hal ini tentu akan mempererat ikatan anak secara emosional dengan Anda.

Ajak Berbicara

Mencukupi semua keperluan sang buah hati merupakan tujuan dari kesibukan Anda bekerja. Namun, seorang anak belum cukup mengerti dengan hal itu. Mereka lebih menyukai ketika orangtuanya selalu ada saat mereka inginkan. Anda bisa meluangkan waktu di saat makan malam, nonton televisi, dan sebelum tidur untuk mengajaknya berbicara dengan menanyakan apa saja yang mereka lakukan di sekolah hari ini atau apa yang sedang dinginkan oleh anak. Jangan sampai Anda tidak mengajaknya berbicara karena pekerjaan kantor.

Makan Malam

Sebisa mungkin jangan melewatkan waktu makan malam tanpa sang buah hati. Jika memamg Anda harus makan malam dengan rekan kerja karena urusan dari kantor, Anda bisa menghubunginya untuk menanyakan apakah dia sudah makan atau belum. Hal ini tentu akan menjaga komunikasi Anda tetap dekat dengan si Kecil. Membiarkan anak makan sambil menonton televisi sendirian akan membuatnya terbiasa menjauh dari Anda.

Bermain Sambil Belajar

Cobalah untuk bijak dalam memilihkan permainan untuk anak Anda. Selain menyenangkan, sebaiknya bermainlah dengan permainan yang juga dapat membantunya belajar. Misalnya, Anda dapat bermain puzzle. Permainan edukasi ini juga berguna bagi anak untuk melatih menemukan solusi dalam memecahkan misi untuk menyelesaikan. Selain itu, mengajaknya keluar ke kebun binatang atau taman juga dapat membantunya bermain sambil belajar mengenal nama-nama hewan dan tumbuhan.

Baca di sini mengenai pentingnya mainan edukasi untuk anak.

Bukan hanya sekedar membelikannya mainan, menghabiskan waktu untuk menemani anak bermain juga sangat berharga untuk sang buah hati. Meluangkan waktu sejenak disela-sela kesibukan Anda dapat mengobati kerinduan anak. Ambilah telepon, hubungi dan tanyakan kemana dia ingin berakhir pekan?

(DA)

Foto: evesmama

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb