Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
19 November 2017

Intip Perayaan Seru Hari Anak di Berbagai Belahan Dunia

Apa saja yang dilakukan saat perayaan hari anak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Beberapa negara di dunia menyelenggarakan Hari Anak setiap tahunnya. Meskipun tanggal perayaannya berbeda-beda, namun Hari Anak memiliki tujuan yang sama. Yaitu, untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Yuk, intip perayaan seru Hari Anak yang dilakukan di berbagai belahan dunia berikut:

Brazil

brazil

Foto: dailyillini.com

Brazil merupakan negara pertama yang menetapkan Hari Anak. Negara tersebut sudah merayakannya sejak 1920. Hari Anak di Brazil ddiperingati setiap tanggal 12 Oktober. Biasanya, anak-anak akan menerima hadiah dari keluarganya pada tanggal tersebut.

Jepang

jepang

Foto: thebbb.net

Hari Anak di Jepang jatuh pada tanggal 5 Mei. Pada hari ini, bendera dengan bentuk ikan mas diterbangkan sebagai simbol ketabahan hati anak-anak dalam menghadapi tantangan hidup. Selain itu, anak-anak juga diberikan hadiah dan diajak jalan-jalan oleh keluarga mereka.

Thailand

thailand

Foto: pbs.twimg.com

Hari Anak di Thailand yang biasa disebut “Wan Dek” dirayakan setiap hari Sabtu minggu kedua pada bulan Januari. Hari Anak ini diselenggarakan agar anak bisa bersenang-senang. Juga sebagai cara untuk menciptakan kesadaran pada anak -- bahwa mereka memiliki peran penting dalam kemajuan negara. Setiap tahunnya, Perdana Menteri Thailand menyiapkan tema dan slogan khusus untuk Hari Anak.

Beberapa kantor pemerintahan dibuka untuk anak-anak dan keluarganya di hari ini. Mereka menyediakan pemandu untuk berkeliling kantor, serta mengadakan pameran.

Oh iya, biaya masuk kebun binatang dan ongkos bus pun gratis untuk anak-anak di tanggal tersebut.

Bangladesh

bangladesh

Foto: newsimg.bbc.co.uk

Pada 1996 hingga 2000, Hari Anak di Bangladesh dirayakan setiap 20 Maret. Bersamaan dengan hari lahir Shekh Mujibur Rahman, bapak bangsa negara tersebut.

Namun, mulai 2001, Bangladesh merayakan Hari Anak setiap 20 November (mengikuti Hari Anak Universal yang diselenggarakan UNICEF). Fokus utama dari Hari Anak di Bangladesh ini adalah agar warga mengetahui hak-hak anak. Untu merayakannya, diselenggarakan berbagai macam lomba serta fashion show untuk anak-anak.

Jerman

jerman

Foto: thelocal.de

Di Jerman, Hari Anak dikenal dengan nama “Kindertag”. Itu diselenggarakan setiap 1 Juni. Pada Hari Anak, anak-anak di Jerman biasanya mendapat ucapan selamat dan hadiah dari orangtuanya. Selain itu, mereka juga melakukan aktivitas khusus di sekolah seperti karyawisata.

India

india

foto: data1.ibtimes.co.in

Hari Anak di India bertepatan dengan hari lahir Pandit Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri pertama negara tersebut. Nehru sangat menyayangi anak-anak. Jadi, untuk menghormati jasa beliau serta melanjutkan kecintaannya kepada anak-anak, Hari Anak diselenggarakan setiap 14 November. Sama seperti negara lainnya, di hari ini, anak-anak mendapat ucapan selamat dan hadiah dari orangtuanya.

Sekolah pun mengadakan program khusus Hari Anak. Yakni, dengan memberikan bunga mawar kepada anak-anak serta memperbolehkan mereka untuk mengenakan gaun berwarna-warni di kelas. Ada juga yang mengajak murid-muridnya berkemah dan menonton film bersama. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak bisa merasa senang.

Itulah perayaan Hari Anak yang diselenggarakan di beberapa negara. Seru sekali, kan, Moms!

(GLW)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait