Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
22 November 2022

Kenjeran Park: Area Wisata Super Lengkap Cocok untuk Keluarga

Menikmati Kenjeran Park bisa jadi solusi bagi Moms dan keluarga yang akan mengunjungi Kota Surabaya dalam waktu dekat
Kenjeran Park: Area Wisata Super Lengkap Cocok untuk Keluarga

Surabaya adalah salah satu kota yang cukup sibuk karena bukan hanya untuk wisata, kota ini juga kerap menjadi kota bisnis dengan jasa dan perdagangannya. Nah, jika Moms pergi ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kenjeran dan berlibur ke Kenjeran Park.

Dikutip dari Website Pemerintahan Kota Surabaya, Kecamatan Kenjeran berada di perbatasan Kota Surabaya dengan Pulau Madura.

Jadi, daerah tersebut memang terkenal karena adanya Jembatan Suramadu yang merupakan akses penghubung antara dua pulau tersebut. 

Jika Moms ingat bahwa Surabaya memiliki sebuah sirkuit balap untuk berbagai event lokal nasional, maka tempat tersebut berada di area wisata Kenjeran Park.

Hebatnya lagi, bukan hanya itu saja tempat menarik di area wisata yang satu ini.

Seperti area Taman Impian Jaya Ancol, wilayah ini rupanya menyajikan berbagai pilihan objek wisata. Mulai dari pantai, wahana permainan, bahkan patung Budha, yang suka dijadikan spot berfoto para turis.

Kali ini, Orami akan membahas bagaimana akses menuju lokasi dan apa saja tempat wisata yang ada di area tersebut beserta tiket masuknya.

Baca Juga: 13+ Tempat Wisata Surabaya Terpopuler dan Mudah Diakses

Lokasi, Akses, dan Tiket Masuk Kenjeran Park

Kenjeran Park

Foto: Kenjeran Park (Instagram.com/onezliano)

Jika Moms dan keluarga bosan dengan wisata di Surabaya yang itu-itu saja dan ingin berlibur di Kenjeran Park, maka Moms bisa langsung menuju tempat tersebut. Lokasinya terletak di Jl. Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. 

Jika posisi Moms ada di pusat Kota Surabaya, seperti misalnya dekat dengan Tunjungan Plaza, maka dari lokasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk sampai di Kenjeran Park. Jaraknya adalah sekitar 10 km dari pusat kota. 

Sementara jika Moms dari Bandara Juanda dan ingin pergi langsung ke Kenjeran, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Untuk sampai di tempat tersebut, Moms bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil dan juga menggunakan transportasi umum.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil, Moms bisa menuju ke arah jembatan Suramadu. Dari situ, mobil Moms bisa mengikuti petunjuk arah atau plang jalan menuju Kenjeran Park. 

Jika Moms ada di sekitar Stasiun Pasar Turi atau Stasiun Gubeng, Moms bisa menggunakan angkot untuk ke daerah Demak-Karang Menjangan, disambung dengan jurusan Joyoboyo-Bratang-Kenjeran.

Pilihan lainnya adalah menggunakan bus. Moms bisa menggunakan transportasi umum ini dengan jurusan Joyoboyo-Kenjeran dari Terminal Joyoboyo.

Tiket Masuk Kenjeran Park

Harga tiket masuk Kenjeran Park Surabaya terbilang sangat murah dan terjangkau bagi siapa saja. Tak heran, tempat ini selalu ramai dengan para pengunjung baik masyarakat lokal atau wisatawan dari luar kota. 

Berikut ini merupakan biaya retribusi yang diminta yaitu:

Tiket masuk: Rp5.000/orang.

Parkir motor: Rp8.000.

Parkir mobil: Rp10.000. 

Namun, untuk harga tiket masuk di atas bisa saja naik hingga maksimal 10% pada saat libur nasional atau akhir pekan. Selain itu, harga tiket masuk tersebut hanyalah untuk menikmati pantai dan beberapa kawasan lainnya. 

Harga tiket masuk ini tidak termasuk dengan biaya masuk ke waterboom atau wahana permainan yang melengkapi area wisata tersebut atau dikenal dengan nama Atlantis Land waterpark

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Pujon Kidul Malang, Ada Bukit Nirwana, Desa Wisata, dan Strawberry Highland

Pilihan Wisata di Kenjeran Park

Tempat populer ini lebih sering disebut Grand Kenpark. Aneka bangunan unik dan pantai, serta wahana permainan air bisa Moms nikmati di tempat tersebut. 

Meskipun udara panas dan padatnya Kota Surabaya cukup menyengat, Moms tidak akan rugi karena area wisata ini akan memanjakan mata Moms dengan pemandangan indahnya. 

1. Pantai Ria Kenjeran Baru

Pantai Ria Kenjeran Baru

Foto: Pantai Ria Kenjeran Baru (direktoripariwisata.id)

Di daerah Kenjeran, terdapat dua pantai yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Pantai Kenjeran Baru ini juga dikenal sebagai Pantai Ria dan terletak di dalam Kenjeran Park. 

Terletak di dekat Jembatan Suramadu, Moms dan keluarga bisa menikmati keindahan sunset karena pantai ini dibuka 24 jam.

Jika Moms mau, Moms bisa menyewa perahu dengan harga terjangkau yaitu Rp5.000 untuk menikmati keindahan Pantai Ria Kenjeran Baru dan Jembatan Suramadu dari area pesisir laut.

Untuk Pantai Kenjeran Lama, Moms bisa menikmati aktivitas menarik seperti berenang, memancing, berlayar, hingga sekedar berjalan di sepanjang pantai untuk menikmati keindahan pantai ini.

Tidak kalah menarik dengan Pantai Ria Kenjeran Baru, Pantai Kenjeran Lama ini juga menyuguhkan daya tarik wisata pesisir pantai di utara Kota Surabaya. Menarik bukan Moms?

2. Atlantis Land

Atlantis Island KenJeran Park

Foto: Atlantis Island KenJeran Park (www.instagram.com/Atlantisislandofficial)

Kerap disebut Disneyland Surabaya, Moms dan keluarga tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Tempat dengan konsep bawah laut ini menawarkan sekitar 20 wahana permainan yang bisa dicoba.

Saat masuk, Moms akan disambut oleh patung kodok besar atau raksasa yang membawa trisula.

Di tempat ini, Si Kecil bisa menikmati wahana anak-anak seperti ice kingdom, mysteryland, dan kids playground. Untuk orang dewasa, terdapat wahana yang menguji adrenalin seperti viking, dark coaster, swing drop, dan juga blizzard.

Terdapat pula Dino Land, waterboom, dan pusat patung lilin. Untuk menikmati itu semua, Moms hanya harus merogoh kocek sebesar Rp125 ribu per orang dan ini sudah termasuk biaya untuk bebas berkeliling sepuasnya.

3. Patung Dewi Kwan Im dan Patung Naga

Patung Dewi Kwan Im dan Patung Naga

Foto: Patung Dewi Kwan Im dan Patung Naga (Instagram.com/edi_pocet)

Kenjeran Park juga menawarkan tempat atau spot foto menarik yang bisa Moms kunjungi, salah satunya adalah Patung Dewi Kwan Im yang menghadap laut.

Memiliki tinggi sekitar 20 meter, kanan dan kirinya terdapat dua penjaga Shan Nan dan Tong Nu serta keempat Maharaja Langit.

Terdapat pula dua patung naga yang meliuk dan berhadapan satu sama lain, dengan corak warna berbeda.

Inspirasi dibangunya patung ini adalah dari salah satu pekerja klenteng, yang di malam hari melihat penampakan wanita menggunakan jubah putih yang dipercayai sebagai Dewi Kwan Im.

4. Patung Budha

Patung Budha Kenjeran Park

Foto: Patung Budha Kenjeran Park (Instagram.com/wswito)

Spot foto lainnya di Kenjeran Park yaitu situs patung Budha dengan 4 wajah.

Patung ini dibangun menggunakan 4 pilar yang menyangga stupa di bagian atas patung tersebut. Ukurannya sekitar 9x9 meter dimana angka tersebut adalah simbol dari kesempurnaan. 

5. Kincir Angin Kenjeran Park

Kincir Angin Kenjeran Park

Foto: Kincir Angin Kenjeran Park (Instagram.com/lovesuroboyo)

Terlihat cantik dan Instagrammable, Kincir Angin Kenjeran Park sering digunakan sebagai tempat foto prewedding. Kawasan ini menarik karena padang rumputnya sangat khas seperti yang ada di Belanda. 

Dihiasi pohon tinggi berjejer, yang paling utama dan sangat menarik dari tempat ini adalah kincir angin raksasanya.

Kincir angin tersebut sengaja dibangun dan diletakan di padang ilalang, sehingga siapapun yang ke sana pasti ingin berfoto di spot foto tengah savana buatan tersebut.

6. Bangunan Pagoda Tian Ti

Kincir Angin Kenjeran Park

Foto: Kincir Angin Kenjeran Park (Instagram.com/charleslisan.168)

Jika Moms ingin berfoto di Temple Of Heaven, China, maka Bangunan Pagoda Tian Ti adalah tempat di Kenjeran Park yang wajib Moms datangi. Tian Ti memiliki arti langit-bumi atau sky world

Duplikat ini menjadi salah satu ikon utama yang mana memiliki ukuran cukup besar. Diameternya 60m x 58m dan faktanya ukuran tersebut tersebut lebih besar dibanding kembaranya dan dibentuk sama seperti aslinya.

Konon, Pagoda Tian Ti ini dibuat oleh Soetiadji Yudho dan diletakkan dekat dengan Kya-Kya Seaside yang dihiasi dengan lampion pada setiap sudutnya.

7. Area Outbond

Outbond Kenjeran Park

Foto: Outbond Kenjeran Park (www.infowisataoutbound.com)

Selain wahana dan spot foto, Moms juga bisa memanjakan Si Kecil yang senang kegiatan atau aktivitas menantang. Kenjeran Park juga menyediakan area outbond dengan harga tiket Rp25.000 per anak.

Di area outbond ini, anak-anak Moms bisa menikmati permainan seperti langkah buaya, flying fox, jaring laba-laba, susur tali, jembatan Burma, tarzan ayun, bamboo titian, dan permainan lainnya. 

Jadi, itulah beberapa hal terkait dengan Kenjeran Park. Jika Moms sudah tahu lokasi dan aksesnya, Moms bisa memilih berbagai wahana atau spot foto menarik.

Baca Juga: Sedang Liburan ke Malang? Cek 12 Wisata Malang yang Patut Dikunjungi!

Jangan lupa juga untuk menikmati aneka pilihan wisata kulinernya ya, Moms! Alih-alih memanjakan mata, Moms juga bisa memanjakan lidah di tempat wisata super lengkap ini. 

  • https://salsawisata.com/kenjeran-park/
  • https://kelloggsnyc.com/kenjeran-park/
  • https://sewabussurabaya.com/disneyland-surabaya/
  • https://pemerintahan.surabaya.go.id/home/kecamatan_kenjeran