Parenting Islami

6 Agustus 2021

Kirim Doa untuk Orang Meninggal dalam Agama Islam dan Kristen

Doakan orang tersayang yang sudah meninggal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Kirim doa untuk orang meninggal, kerap kali diucapkan ketika mendengar berita duka wafatnya seseorang. Hampir di semua agama memiliki caranya tersendiri dalam berdoa, namun tetap dengan maksud yang sama.

Terlebih apabila yang meninggal merupakan orang yang kita cintai seperti teman, saudara, atau orangtua. Tidak lagi yang bisa kita lakukan selain mengirimkan doa.

Oleh karenanya, penting bagi kita yang masih di dunia untuk kirim doa untuk orang meninggal. Doa-doa tersebut akan memberikan kebaikan dan ketenangan tersendiri.

Kemudian, doa juga akan menjadi salah satu cara bagi kita untuk tetap mengingat orang tersebut.

Berikut ini adalah cara kirim doa untuk orang meninggal yang bisa Moms ikuti. Semoga dapat membantu, ya!

Baca Juga: 3 Doa Selamat untuk Keluarga dari Segala Mara Bahaya, Yuk Panjatkan!

Kirim Doa untuk Orang Meninggal Menurut Agama Islam

prayer.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kirim doa untuk orang meninggal biasanya dilantukan ketika mendengar berita kematian atau kabar duka dari seseorang.

Namun Moms juga bisa melakukannya setiap hari, atau ketika 7 harian hingga 1000 hari seperti budaya di Indonesia.

Dalam agama Islam, ada banyak doa untuk orang meninggal. Berikut ini diantaranya.

1. Doa Saat Mendengar Kabar Orang Meninggal

Dalam surat Al-Baqarah, terdapat sebuah doa ketika kita mengalami atau mendengar musibah khususnya berita duka atas kematian seseorang. Seorang muslim hendaknya sabar dan tabah serta mengucap:

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Innalillahi wa innailaihi raajiuun.

Artinya:

"Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali."

Selanjutnya diikuti lafadz,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat, Sebagai Adab Menerima Zakat dari Muzakki

2. Doa Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Apabila Moms hendak kirim doa untuk orang meninggal laki-laki, maka bacaan doanya adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).

Sedangkan untuk jenazah perempuan, bacakan doa yang sama namun lafal “hu” digant dengan lafal “ha."

3. Doa untuk Kedua Orangtua

Doa anak kepada orangtuanya adalah salah satu amalan yang tetap bisa mengalir

Jika hendak kirim doa untuk orang meninggal yang merupakan kedua orang tua, maka Moms bisa membacakan doa berikut ini.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbigh firlii waliwaalidayya waqurrabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Baca Juga: Ini Hukum, Aturan, dan Tata Cara Sholat Jamak, Catat!

Kirim Doa untuk Orang Meninggal Menurut Agama Kristen

berdoa.jpg

Foto: pinterest.com

Setiap yang datang pasti akan kembali. Setiap yang lahir pasti akan meninggal dunia, itulah manusia. Suatu saat, akan ada masa di mana seseorang berhenti dari kehidupan.

Bagi Moms yang memeluk kepercayaan agama Kristen, bisa kirim doa untuk orang meninggal sesuai dengan apa yang ada di Al Kitab seperti:

1. Doa Penghiburan Bagi yang Berduka

"Bapa, berkat-Mu selalu menyertai manusia di mukabumi tanpa pandang apakah ia manusia suci atau berdosa. Bapa, kami berterimakasih atas segala yang Engkau berikan dalam hidup kami.
Selama hidup, kami akan terus mendapat berkat dari-Mu. Biarlah itu menjadi pendekat diantara kita, agar hati dan jiwa kami lebih mengenal keberadaan Bapa, Tuhan secara personal.

Ketika meninggal, pertolongan Tuhan tak lantas berhenti. Melainkan Dia terus membimbing kami agar mampu melewati jalan menuju Surga-Mu, Ya Bapa. Maka biarlah kami yang berkumpul pada hari ini menyadari akan itu.

Cinta Api Kristus tak akan pernah padam, bahkan semakin membesar setiap saat. Pertolongan Tuhan tak akan berhenti, bahkan hingga akhir zaman kelak. Termasuk untuk saudara kami yang telah meninggal dunia.

Ya Tuhan, bimbinglah saudara kami agar dapat menuju Surga Bapa yang Indah. Ya Bapa, ampunilah dosa yang selalu diperbuat saudara kami dan buatkanlah ia rumah di Surga dengan indah.

Sehingga pikiran kami menjadi lebih tenang, kesedihan yang ada menjadi reda, dan hati kami menjadi lebih terhibur. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa memohon pertolongan. Amin."

2. Doa Penghiburan Kristen Protestan

"Tuhan Yesus, baru saja kami kehilangan salah satu orang yang paling kami sayangi. (sebut nama) telah meninggalkan banyak kenangan dan kebaikan untuk kami. Dia pun telah mengajarkan kami untuk mengenal-Mu lebih dekat.

Dengan segala kerendahan hati, kami mohon kepada-Mu selamatkanlah dia di sana. Bimbinglah dia agar dapat menuju Surga Bapa yang mulia. Hapuskan segala dosa dan penyesalannya semasa hidup.

Kemudian, berkatilah kami agar lebih ikhlas menerima, supaya hati dan jiwa kami tak lagi bersedih. Agar kami dapat kembali menjalani rutinitas sehari-hari dengan normal"

Baca Juga: 180+ Inspirasi Nama Bayi Perempuan Kristen Inggris yang Menawan

3. Doa Untuk Orang Meninggal Katolik

"Yesus Kristus, puji Tuhan, terimakasih Engkau telah mempertemukan kami dengan (sebut nama). Seorang teman yang sangat dekat dengan kami bahkan kami telah menganggapnya sebagai seperti keluarga sendiri.

Ya Tuhan, (sebut nama) adalah orang yang sangat baik dan bijaksana. Dia selalu membantu ketika kami dirundung kesulitan, dia selalu mengulurkan tangan ketika kami membutuhkan pertolongan.

Engkau pun tahu segala kebaikannya terhadap kami. Oleh karena itu, dengan kuasa-Mu kami mohon agar seluruh dosanya diampuni, sehingga ia dapat diterima di sisi Bapa yang baik.

Berkatilah dia untuk menerima apa yang pantas sesuai dengan perbuatannya di dunia. Berkatilah pula kami agar dapat mewarisi ilmu dan kebaikannya. Kami yakin, Engkau Tuhan yang maha baik. Haleluya. Amin."

Baca Juga: Ucapan Belasungkawa dalam Islam dan Kristen Saat Berduka

Itu dia Moms beragam doa untuk kirim doa untuk orang meninggal dalam agama Islam dan Kristen. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi kekuatan dan ketabahan.

  • https://kumparan.com/berita-terkini/kirim-doa-untuk-orang-yang-sudah-meninggal-ini-doa-lengkapnya-1vEXvcezkfu/full
  • https://news.detik.com/berita/d-5098081/doa-untuk-orang-yang-sudah-meninggal-arab-latin-dan-artinya
  • https://kumparan.com/berita-terkini/kumpulan-doa-untuk-orang-meninggal-kristen-yang-mudah-dihafal-1vEd6GbiVef/full
  • https://bersamakristus.org/doa-kristen-orang-meninggal/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait