Tren

10 Juni 2016

Kuliah Sambil Kerja? Anda Pasti Bisa!

Just take it easy!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Di zaman yang penuh persaingan seperti ini, pendidikan merupakan hal terpenting. Kadang hal tersebut sering terbentur dengan kendala yang cukup berat seperti biaya yang tidak memadai. Tingginya biaya pendidikan di universitas sering membuat seseorang patah semangat dan memutuskan bekerja di tempat yang sebetulnya bukan posisi yang mereka idamkan. Gaji yang tidak seberapa, pengalaman yang sedikit, serta jenjang karir yang tidak jelas merupakan hal terburuk yang dapat terjadi di usia produktif Anda. Kuliah sambil bekerja menjadi pilihan terbaik untuk kalian yang memang punya daya juang tinggi untuk meningkakan kualitas hidup Anda sendiri. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mengatasinya:

Bulatkan Tekad!

Banyak yang bilang “semua tergantung niat” maka dengan niat yang kuat dan memutuskan untuk bersungguh-sungguh kuliah Anda bisa terus melaksanakan kewajiban Anda tanpa beban. Dengan niat pula Anda akan selalu termotivasi dengan goal hidup Anda. Jadi, untuk Anda yang akan mencoba memulai atau bahkan sudah memulai kuliah sambil bekerja, jangan kendorkan niat, ya!

Buat Jadwal Harian

Deadline kantor, lembur, tugas serta harus menghafal materi kuliah seharusnya sudah Anda jadwalkan dengan rapih dalam buku catatan. Tidak perlu Anda membawa banyak buku setiap ke kantor. Jika memang ada materi kuliah yang harus dipelajari, Anda bisa merangkum materi tersebut di malam hari dan bawa hasil rangkuman materi Anda ke kantor. Baca kembali ketika jam makan siang. Jadwalkan kapan Anda harus baca buku, mengerjakan tugas, tanpa mengganggu hasil pekerjaan di kantor.

Contohnya:

07:00 Berangkat ke kantor

12:00 Makan siang sambil baca materi kuliah

17:00 Pulang ke rumah

19:00 Makan malam

20:00 Belajar dan mengerjakan tugas kuliah

22:00 Tidur

Dengan jadwal yang teratur, Anda bisa menata hidup Anda lebih rapih dan teratur.

Fokus!

Rata-rata usia 20-26 tahun adalah usia yang penuh dengan semangat tapi juga penuh dengan emosi. Kadang masalah pribadi yang tidak dikendalikan dengan baik dapat berdampak buruk pada kinerja seseorang. Jangan biarkan emosi mengontrol diri Anda! Bagi fokus ke hal-hal yang lebih penting. Saat di kantor, usahakan jangan memikirkan hal-hal lain kecuali pekerjaan yang harus segera diselesaikan dengan baik. Jangan sekali-sekali membawa pekerjaan kantor ke rumah! Dengan begitu, jadwal belajar Anda akan berantakan.

Konsisten dan Penuh Tanggung Jawab

Anda sudah memilih kuliah untuk bisa cepat wisuda dan dapat pekerjaan sesuai dengan impian Anda, tapi di tengah jalan Anda merasa lelah dan hampir putus asa sampai rasanya ingin menikah saja dengan saudagar kaya raya (ini mungkin sering terjadi pada kaum wanita). Pada dasarnya, lelah dan bosan adalah hal yang manusiawi yang terjadi karena rutinitas yang sama setiap harinya. Tapi ingat! Konsistensi Anda sangat perlu dipegang. Sebagai mahasiswa merangkap sebagai karyawan bukankah ini hal yang keren?

Luangkan Waktu untuk Bersenang-Senang

Hidup ini terlalu singkat untuk terus-terusan dibawa serius. Seminggu sekali paling tidak Anda harus meluangkan waktu untuk kumpul dengan teman-teman dan berbagi keluh kesah dengan mereka. Tidak ada salahnya memilih kafe dengan menu menggugah selera sebagai hadiah kepada diri Anda yang sudah susah payah menjalani rutinitas sehari-hari atau bisa saja luangkan waktu sedikit lebih panjang untuk sekedar berlibur ke tempat yang jauh dari hingar bingar seperti mendaki gunung atau bersantai dipantai bersama kawan-kawan.

Bagaimanapun, kuliah sambil bekerja memang bukan hal yang mudah, tapi dengan tips ini mudah-mudahan Anda jadi lebih termotivasi dan mengubah pola pikir Anda, bahwa masa muda bukan hanya dihabiskan dengan bersenang-senang tanpa ada tujuan, tapi kesuksesan harus dicicil dari sekarang. And yes, just take it easy!

(LMF)

Sumber gambar : www.freestockphotos.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait