Fashion & Beauty

21 Juli 2021

9+ Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit, Salah Satunya Memudarkan Bekas Jerawat!

Alpha arbutin juga relatif dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit sensitif
placeholder

Foto: freepik.com/master1305

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Jika Moms tengah berurusan dengan perubahan warna pada kulit, mungkin akrab dengan nama besar bahan pencerah di luar sana seperti hydroquinone, ekstrak licorice, vitamin C. Tapi, ada juga pahlawan spot fading yang jadi superstar kulit terbaru yaitu alpha arbutin.

International Journal of Molecular Sciences mengungkap alpha arbutin adalah alternatif yang lebih dapat ditoleransi untuk hydroquinone dan kadang-kadang disebut sebagai "hydroquinone alami." Alpha arbutin berfungsi mirip dengan hidrokuinon, karena struktur molekulnya, tetapi dengan iritasi dan melanositotoksisitas yang berkurang.

Alpha arbutin tidak menimbulkan risiko sehubungan dengan okronosis eksogen dan menimbulkan risiko iritasi dan sensitisasi yang minimal, menjadikannya alternatif yang lebih dapat ditoleransi daripada hidrokuinon.

Di depan, dokter kulit mempertimbangkan semua yang perlu Moms ketahui tentang alpha arbutin, termasuk cara menggunakannya untuk mencapai kulit impian yang bercahaya dan merata.

Manfaat Alpha Arbutin

Disarankan menggunakan alpha-arbutin bersama produk yang diperkaya dengan vitamin C, AHA (agen pengelupasan yang membantu mengelupas sel kulit mati; ini dianggap sebagai salah satu pengelupasan kimia terbaik untuk kulit).

Alpha arbutin juga harus dijadwalkan untuk diterapkan pada kulit sebelum pelembab untuk penyerapan yang lebih baik dan hasil yang lebih baik. Berikut ini manfaat alpha arbutin yang perlu Moms ketahui dalam basic skincare:

1. Mengurangi Pigmentasi

Mengatasi pigmentasi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat alpha arbutin menghentikan tirosinase menjadi aktif di bawah pengaruh sinar UV yang membantu kulit membatasi produksi melanin. Ini berarti pigmentasi yang lebih rendah dan pencapaian warna kulit yang lebih baik dan merata.

Selain itu, manfaat alpha arbutin juga membantu menghilangkan pigmentasi dari penuaan, jerawat, kemerahan dan mencegah hal yang sama. Ini juga bermanfaat jika Moms tengah memerangi melasma.

2. Cerahkan Wajah

Ilustrasi wajah cerah

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat alpha arbutin yang paling terkenal adalah membuat kulit wajah cerah. Manfaat ini berasal dari suatu agen yang dapat memperlambat produksi tirosinase.

Tirosinase adalah enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit merupakan sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen yang berperan dalam menentukan warna kulit Anda. Semakin banyak jumlah melanin, semakin gelap warna kulit.

Produksi tirosinase bisa meningkat bila kulit terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Apabila produksi tirosinase meningkat, jumlah melanin pun akan bertambah banyak. Sehingga menjadikan kulit gelap.

Oleh karena zat ini memperlambat produksi tirosinase, melanin yang dihasilkan pun menjadi lebih sedikit. Kulit yang kusam pun terlihat lebih cerah.

Tidak seperti hydroquinone yang membunuh langsung melanosit, alpha arbutin hanya akan memperlambat produksi melanin.

Baca Juga: Bye Wajah Kusam! Ini 5 Cara Mudah Mencerahkan Wajah

3. Meratakan Warna Kulit

Meratakan warna kulit

Foto: Orami Photo Stock

Moms tengah kesusahan karena warna kulit yang tidak rata? Maka gunakan alpha arbutin. Manfaat alpha arbutin adalah meratakan warna kulit dengan mengurangi produksi melanin. Alpha arbutin meratakan tampilan warna kulit. Bahkan, membantu mengurangai bintik-bintik matahari dan perubahan warna yang tidak merata.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology, penggunaan alpha arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang drastis pada kulit. Flek hitam memudar serta tampilan kulit pun terlihat lebih cerah dan merata.

Dengan rutin menggunakannya pada kulit wajah setiap hari, Anda akan melihat sendiri manfaat dari alpha arbutin pada warna kulit Moms.

4. Pengganti Hidrokuinon

Pengganti hidrokuinon

Foto: Orami Photo Stock

Alpha arbutin adalah pengganti hidrokuinon yang lebih aman dan tidak terlalu beracun. Manfaat alpha arbutin hanya menghentikan produksi melanin, sedangkan hydroquinone membunuh sel-sel yang bertanggung jawab untuk produksi melanin.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Merk Skincare dan Makeup Halal

5. Lembut di Kulit

Ilustrasi wajah lembut

Foto: Orami Photo Stock

Tidak seperti pencerah kulit lainnya, alpha arbutin paling sedikit mengiritasi kulit. Itu juga tidak mengeringkan kulit. Sekarang, mengapa ini terjadi? Karena komponen aktif alpha arbutin dilepaskan perlahan dan mantap ke dalam kulit, tidak seperti agen lainnya.

Minimnya resiko iritasi menggunakan arbutin membuat senyawa ini mencerahkan tanpa membuat kulit kering, sehingga kulit tetap lembut.

6. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Menangkal radikal bebas

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat Alpha Arbutin memiliki sifat antioksidan, memungkinkan untuk menjaga keseimbangan radikal bebas dalam tubuh. Ini cenderung menetralkan radikal bebas dan membantu melawan tanda-tanda awal penuaan, seperti kerutan dan garis penuh.

Baca Juga:Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

7. Mudah Ditoleransi Kulit Sensitif

Cocok untuk kulit sensitif

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki kulit sensitif, ada lebih banyak kabar baik karena alpha arbutin juga relatif dapat ditoleransi dengan baik, dibandingkan dengan bahan kuat lainnya seperti asam dan kulit, yang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan. Itu juga tidak membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari, yang berarti Moms dapat menggunakannya dengan aman sepanjang tahun.

Meskipun demikian, mencoba bahan perawatan kulit baru selalu memiliki risiko iritasi atau reaksi alergi. Untuk bermain aman, terutama jika Moms memiliki kulit sensitif, ujilah pada titik kecil di lengan Anda sebelum menerapkannya ke seluruh wajah.

8. Memudarkan Bekas Jerawat

Alpha Arbutin mampu hilangkan bekas jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Seringkali, Moms merasa kesal dengan jerawat yang sudah mengempis meninggalkan bekas hitam atau coklat pada kulit. Hal ini tentu cukup mengganggu dan dapat mempengaruhi rasa percaya diri Anda.

Manfaat alpha arbutin lainnya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat berupa flek hitam. Cara kerjanya mirip dengan memudarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari, dengan cara menghambat produksi melanin berlebih di kulit.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Alpha arbutin mengangkat sel kulit mati

Foto: Orami Photo Stock

Moms, saat melakukan pengelupasan kulit dengan produk kecantikan, perlu diingat untuk berhati-hati dalam memilih kandungan. Moms dapat mengoleskan produk skincare berbahan alpha arbutin dan membuat gerakan melingkar kecil selama 30 detik.

Alpha arbutin sendiri sangat aman jika dipadukan dengan kandungan AHA dan BHA, sehingga bisa membantu mengeksfoliasi kulit wajah.

Setelah mengangkat sel kulit mati di wajah, manfaat alpha arbutin juga akan menghilangkan komedo akibat pori-pori tersumbat. Bahkan juga mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah.

10. Hidrasi Kulit

Alpha Arubutin menghidrasi kulit wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat alpha arbutin adalah salah satu bahan yang dapat melembutkan kulit wajah. Lebih dari itu, produk skincare dengan kandungan alpha arbutin membantu menghidrasi kulit dan menjaga kadar air di dalam kulit.

Namun agar hasil maksimal diperlukan 1-2 bulan dengan penggunaan alpha arbutin secara topikal yang konsisten.

Setelah mengetahui berbagai manfaat alpha arbutin, hal yang terbukti positif dalam pemakaiannya adalah terbukti secara negative dengan bahan lain.

“Sehingga para wanita bisa menerapkan manfaat alpha arbutin ke dalam rutinitas yang ada,” ujar Ife Rodney, M.D., dokter kulit dan direktur pendiri Eternal Dermatology di Fulton, Maryland.

Bahkan alpha arbutin juga bekerja dengan sangat baik ketika dikombinasikan dengan bahan penghilang noda lainnya seperti vitamin C, asam azelaic, asam kojic, niacinamide .Jadi pertimbangkan untuk mencari produk yang mengandung lebih dari sekadar alfa arbutin untuk mendapatkan hasil yang paling cerah untuk urusan dompet Moms.

Baca Juga:5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Berurusan dengan hiperpigmentasi itu rumit, dan bisa membutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan. Banyak dari bahan aktif ini bekerja dengan cara yang berbeda dengan menggabungkan mereka, Jadi tunggu apalagi yuk dicoba manfaat alpha arbutin dalam produk kecantikan harian.

  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022202X15526663
  • Journal of Investigative Dermatology Symposium Proceedings
  • https://fashionista.com/2017/10/what-is-alpha-arbutin-cream-serum
  • https://satorichemist.com/the-ordinary-alpha-arbutin-ha/
  • https://readbeach.com/skin-care/alpha-arbutin-for-skin-brightening
  • https://gethealthyskin.com/ingredients/arbutin#:~:text=Yes%2C%20arbutin%20is%20safe%20for,%2C%20acne%20scars%2C%20or%20melasma.
  • https://theklog.co/ingredient-spotlight-arbutin-in-skin-care/
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/what-is-alpha-arbutin
  • https://drhealthbenefits.com/beauty/benefits-of-alpha-arbutin-for-skin-you-shouldnt-miss
  • https://www.beautybay.com/edited/what-is-alpha-arbutin/
  • https://www.dsm.com/personal-care/en_US/products/skin-bioactives/alpha-arbutin.html
  • https://www.glowluxe.ca/blogs/news/alpha-arbutin-the-best-brightening-ingredient-youve-never-heard-of
  • https://www.buro247.sg/beauty/skincare/alpha-arbutin-breakdown-what-it-is-benefits-differences-between-vitamin-c-and-our-top-picks.html
  • https://www.dermastore.co.za/learn/what-is-arbutin
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2769151/ - International journal of molecular science
  • https://www.researchgate.net/publication/330261090_Formulation_and_evaluation_of_alpha_arbutin_skin_lightening_cream_using_polyacrylate_base_by_cold_process
  • https://ec.europa.eu/health/scientific_committees/consumer_safety/docs/sccs_o_176.pdf
  • https://gethealthyskin.com/ingredients/arbutin#Arbutin-Skin-Care-Benefits
  • https://www.skinlight.co.uk/blog/benefits-of-alpha-arbutin/
  • https://beminimalist.co/blogs/skin-care/alpha-arbutin-for-skin-uses-benefits-risks
  • https://www.byrdie.com/arbutin-serum
  • https://naturium.com/blogs/the-lab-journal/everything-you-need-to-know-about-alpha-arbutin
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait