Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Balita | Mar 12, 2018

Nastusha Alinskie Mengucapkan Kalimat Pertama, Ini 5 Cara Membuat Anak Cepat Berbicara

Bagikan


foto: instagram.com/chelseaoliviaa

Sebagai pasangan seleb, Chelse Olivia dan Glenn Alinskie memang termasuk sebagai salah satu pasangan yang memiliki banyak penggemar. Selain hubungan mereka yang tak pernah diterpa gosip miring, kini putri kecil mereka juga pandai mencuri hati banyak orang.

Di usia 1,5 tahun, Nastusha Alinskie kini sudah semakin pintar. Kalau biasanya ia hanya mampu mengucapkan sepatah kata saja, kini untuk pertama kalinya Nastusha mengucapkan sebuah kalimat di depan orang tuanya.

Dalam momen yang diabadikan Glenn Alinskie lewat sebuah video tersebut, Nastusha tampak memohon pada Chelsea kalau dirinya ingin ASI. Chelsea yang juga mendengar permohonan Nastusha pun tertawa dan meminta Nastusha untuk mendekat padanya.

Mendengar Nastusha yang mulai lancar berbicara ini, Glenn dan Chelseapun tentu merasa bangga. Nah, bagaimana ya caranya untuk melatih Si Kecil agar cepat lancar berbicara? Mari simak tipsnya!

Baca juga: Melatih Anak Agar Bebas Cadel

1. Ciptakan suasana menyenangkan

Melatih berbicara merupakan cara yang paling mudah untuk membuat Si Kecil lebih tanggap dalam mendengarkan apa yang Moms ucapkan. Cara melatihnya pun tidak sulit, melainkan dengan hal-hal sederhana dan tetap menyenangkan.

Hal yang menyenangkan disini tidak hanya sekedar mengajaknya bermain namun memberi pelajaran yang membuatnya Si Kecil nyaman dan lebih terhibur sehingga lebih cepat lagi merangsang kemampuan berbicara.

2. Mendongeng

Dongeng merupakan hal yang menyenangkan bagi Si Kecil, terutama bila Moms menggunakan alat bantu seperti mainan anak, boneka tangan atau benda apapun yang bisa menjadi media edukatif yang mudah diserap Si Kecil. Fungsi benda-benda tersebut tentulah untuk menarik perhatian sekaligus menambah kosa kata lewat kata-kata yang Moms ucapkan.

Baca juga: Kenali Tahapan Perkembangan Kemampuan Berbicara Bayi

3. Bernyanyi

Bernyanyi lah untuk Si Kecil seraya merawatnya, menggendongnya, mengajak tidur, dan mandi. Bila hal ini dilakukan secara rutin dan terus menerus akan membuat Si Kecil menjadi terbiasa mendengarkan. Sebagai seorang peniru yang ulung, Si Kecil pasti akan mencoba menirukan apa yang Moms nyanyikan untuknya.

4. Bermain

Bermain memang alat bantu paling mudah saat mengajak anak berinteraksi, karena bermain dapat merangsang otak Si Kecil menjadi lebih aktif lagi. Mengajaknya bermain menggunakan gambar-gambar misalnya, benda-benda yang bergambar inilah yang dapat menambah kosa kata dan pengucapannya.

Jangan hanya sesekali, kegiatan seperti ini harus menjadi rutinitas, mintalah mereka menirukan ucapan Moms saat menunjukkan gambar. Bila mereka sudah mulai terlihat jenuh dengan metode ini, maka cobalah ganti medianya seperti dengan puzzle atau sesuatu yang baru yang dapat meningkatkan lagi ketertarikannya.

Baca juga: Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mencegahnya

5. Tanggapi celotehnya

Ketika Si Kecil sudah mulai mampu merespon dan mengeluarkan suara, jangan ragu untuk menanggapi perkataan yang keluar dari mulutnya. Cobalah terus bertanya seraya memintanya untuk mengulang apa yang ia katakan hingga jelas terdengar. Jangan sesekali mencoba menghentikannya ketika mereka salah, perbaikilah dengan memberi contoh yang benar.

Apa yang Moms katakan akan mudah tersimpan dalam memorinya, dan lama-lama mereka akan mampu menirukannya. Selalu ajarkan pula Si Kecil kata-katayang positif, jangan sesekali mengeluarkan kata-kata yang tak pantas, karena hal itu juga dapat ditirukan olehnya.

Nah, selain melatihnya dengan berbagai macam metode, Moms juga harus memperhatikan segala nutrisi yang wajib diberikan untuk buah hati. Omega 3 dan DHA tinggi merupakan nutrisi wajib dan harus ada di setiap asupan makanan Si Kecil dalam usia pertumbuhan. Tak hanya itu, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan C, juga jangan sampai terlewatkan ya, Moms.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.