Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
7 April 2021

8 Pondok Pesantren di Semarang, Seimbangkan Ilmu Agama dan Dunia

Terdapat banyak sekali pilihan pondok pesantren di Semarang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Memilih pondok pesantren di Semarang bukanlah sebuah hal yang mudah. Pasalnya, kota ini memiliki banyak sekali pilihan pesantren yang baik untuk Si Kecil.

Mendaftarkan Si Kecil ke pesantren adalah salah satu alternatif jika Moms dan Dads ingin mengajarkan anak mengenai agama lebih dalam.

Terlebih, memasukkan anak ke pesantren pun tidak berarti Moms perlu mengorbankan pendidikan formal dan akademiknya, lho!

Hal tersebut dikarenakan banyak pesantren yang sudah menggabungkan sekolah formal dan juga pendidikan agama.

Banyak orang tua yang menganggap bahwa pondok pesantren adalah salah satu tempat untuk mengubah sifat dan sikap anak yang nakal. Namun, hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Dengan memasukan anak ke pondok pesantren hal itu akan membuat Si Kecil jadi lebih mandiri karena ilmu disiplin yang diajarkan di pesantren sangatlah tinggi.

Baca Juga: Masjid-Masjid Unik Karya Ridwan Kamil di Indonesia

Daftar Pondok Pesantren di Semarang

pesantren di semarang

Foto: Orami Photo Stock

Nah, apa saja pondok pesantren di Semarang yang bisa jadi pilihan Moms dan Dads? Ini dia!

1. Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang

Salah satu pondok pesantren di Semarang yang bisa Moms jadikan pilihan adalah pesantren Asshodoqiyah. Pesantren ini terletak di atas tanah hak milik dengan luas 2,9 Ha.

Di pesantren ini terdapat beberapa gedung atau bangunan yang biasa digunakan untuk kejadian belajar mengajar formal dan keagamaan.

Pondok pesantren di Semarang ini memiliki sebuah Masjid (Al Mabrur), Pondok Pesantren Putra dan Putri, Gedung SMK, Gedung SMP IT, SD IT dan gedung baru yang diperuntukkan sebagai aula.

Pesantren ini pun menyediakan berbagai macam ekstrakulikuler yang bisa menguatkan dan juga menambah wawasan Si Kecil mengenai agama. Apa saja ekstrakulikulernya, ini dia!

  • Latihan Khitobah
  • Jam’iyaAl barjanzi,
  • Seni Kaligrafi
  • Seni Hadroh dan Rebana
  • Kursus Komputer
  • Kajian Kitab
  • Bela diri
  • Olah raga
  • Seni baca Alquran
  • Administrasi
  • Pengajian Al quran ( Bin Nadzor )
  • Tahfidzul Quran ( Hafalan Al quran )
  • Pengajian dan Sorogan kitab Takror ( belajar bersama )
  • Bahtsul Masail
  • Pengajian mingguan
  • Ziarah Wali-wali
  • lstighosah

2. Pondok Pesantren Modern Darul Husna

Pondok pesantren di Semarang yang bisa Moms jadikan pilihan adalah Pondok Pesantren Modern Darul Husna. Pesantren ini terletak di Jalan Mangunharjo, RT 002/04, Mangunharjo Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Moms tak perlu khawatir mengenai jenjang pendidikan formal Si Kecil ketika masuk ke dalam pondok pesantren di semarang ini. Hal tersebut dikarenakan Darul Husna memiliki jenjang pendidikan dari SD, SMP, dan juga SMA.

3. Pondok Pesantren Bugen Al-Itiqon

Pondok pesantren di Semarang ini memiliki alamat di Jl, Kyai H. Abdurrosyid, Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan.

Pesantren ini mengajarkan kitab kuning dan tasawuf naqsabandiyyah. Tak hanya itu, pondok pesantren di Semarang ini pun memiliki unit lembaga yang bisa dibilang cukup komplit.

Jadi, Moms juga bisa sembari menyekolahkan Si Kecil di sini.

Pesantren Bugen Al Itiqon memiliki Madrasah Diniyyah Salafiyyah, Madrasah Diniyyah Al-Wasathoniyyah, Ma'had Tafsir, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Moms yang ingin Si Kecil mengambil ekstrakurikuler, pesantren ini pun menyediakan istighosah, manaqib, dibaiyyah, khitobiyyah, seni hadrah/rebana, MTQ, kaligrafi, bahtsul masail, tadarus Al-Qur'an, Musyawarah, Sorogan, dan lain sebagainya.

4. Pondok Pesantren Asshodiqiyah

Pondok Pesantren Asshodiqiyah ini beralamatkan di Jalan Sawah Besar Timur no. 99, Kaligawe, Kecamatan Gayamsari.

Pondok Pesantren di Semarang ini sedari dulu sudah populer dan ditempati oleh mahasiswa dari UIN (Universitas Islam Negeri).

Pondok pesantren ini pun sudah memiliki beberapa lembaga pendidikan lho! Jadi, Moms tak perlu cemas memikirkan pendidikan formal Si Kecil.

Terdapat SD, SMP IT, SMK, BMT dan KOPONTREN yang bisa menjadi jenjang pendidikan Si Kecil. Pondok Pesantren di Semarang ini pun tengah merencanakan untuk membangun perguruan tinggi Kebidanan dan Keperawatan.

Pondok pesantren Asshodiqiyah sendiri berdiri di bawah naungan yayasan Ashodiqiyyah yang berada di bawah kepemimpinan KH. Shodiq Hamzah.

Terdapat berbagai jenis ekstrakurikuler yang bisa diambil Si Kecil untuk menambah wawasan agama serta menambah kemampuannya untuk bekal bekerja nanti.

Si Kecil bisa mengambil ekstrakurikuler latihan khitobah, barjanzi, kaligrafi, hadrah/rebana, komputer, kajian kitab, bela diri, olah raga, Qori', binadzor, sorogan, bahtsul masail, pengajian rutinan, zarkasi, istighosah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

5. Pondok Pesantren Al-Hikmah

Pondol Pesantren di Semarang.jpg

Foto: Freepik.com

Pondok pesantren ini adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 2002 oleh para sesepuh agama, masyarakat serta pemerintah.

Pondok pesantren di Semarang ini memiliki alamat di Jl. Pesantren No. 3, Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pondok pesantren ini memiliki berbagai jenis jenjang pendidikan, di antaranya adalah Asrama Pondok, Madrasah Diniyyah (MADIN), Madrasah Tsanawiyyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA).

Hal yang unik dari pondok pesantren Al Hikmah adalah pesantren ini memiliki dua macam sistem yakni formal dan informal.

Pesantren ini menggunakan kurikulum nasional yang dirancang oleh Kementrian Agama atau Kemenag serta memiliki kurikulum mandiri yang disusun langsung oleh pesantren sebagai kurikulum informal.

6. Pondok Pesantren Dorrutu Aswaja

Salah satu pondok pesantren di Semarang ini memiliki lokasi di Jl. Kalimasada No. 28 Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya dekat sekali dengan kampus UNNES.

Lokasinya yang strategis dan dekat kampus membuat pondok pesantren ini mudah diakses. Ya, transportasi di pondok pesantren ini pun terbilang lengkap sehingga memudahkan untuk melakukan perjalanan.

Ada berbagai macam program yang disediakan oleh pondok pesantren ini, di antaranya adalah binadzor, bilghoib, pengajian kitab, hadrah/rebana, khitobah, pidato, pesantren salafi (non mahasiswa), markazul lughoh, jurnalistik, seni kaligrafi, dan masih banyak lagi.

Para santri di pondok pesantren ini pun selalu dituntut untuk selalu aktif serta kreatif dalam mencapai tujuan yang sudah mereka mulai. Para santri pun akan diajarkan manfaat agama serta pengetahuan umum untuk menjadi bekal di lingkungan masyarakat kelak.

Baca Juga: Tata Cara Salat Ied di Rumah

7. Pondok Pesantren Addainuriyah 2

Asal muasal Pondok Pesantren Addainuriyah 2 sangat unik. Pondok pesantren di Semarang ini bermula dari sebuah kegiatan agama yang dilaksanakan setiap hari jumat yang berlokasikan di rumah pengasuh.

Materi yang diajarkan majelis tersebut dahulu hanyalah sebatas tafsir Al Quran serta melakukan sesi tanya jawab.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu, perkumpulan tersebut pun semakin besar serta pengikutnya menjadi semakin banyak. Hal tersebut membuat majelis taklim itu pindah hari dan menambahkan pelajaran dan jadwal seperti fiqih.

Dikarenakan jamaah yang semakin banyak, maka gagasan untuk mendirikan pondok pesantren pun muncul. Akhirnya, di tahun 1989, pembangunan dilakukan tahap demi tahap, hingga akhirnya, Pondok Pesantren Addainuriyah 2 memiliki 3 lokal gedung berlantai 4.

Pondok pesantren di semarang ini diasuh oleh Drs. KH. Dzikron Abdullah yang pula menjadi dosen senior di UIN Walisongo Semarang.

8. Pondok Pesantren As Salafy Al Asror

pondok pesantren di semarang

Foto: Freepik.com

Pondok pesantren As Salafy Al Asror sendiri merupakan salah satu pondok besar di Semarang. Pesantren ini beralamatkan di Jl. Kauman No. 1 003/002, Patemon, Gunung Pati, Kota Semarang Jawa Tengah.

Pondok pesantren di Semarang ini adalah sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan Islam berdasarkan Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA). Pondok pesantren ini pun menganut 4 imam madzab yakni, Maliki, Hanafi, Syafi'i dan juga Hambali.

Misi dari pondok pesantren ini adalah menghasilkan anak-anak Muslim yang beriman, bertaqwa serta memiliki akhlak terpuji yang juga menguasai ilmu pengetahuan di teknologi.

Seperti pesantren lainnya, As Salafy Al Asror memiliki berbagai macam ekstrakurikuler yang bisa diikuti. Ekstrakurikulernya adalah mengkaji kitab-kitab kuning (kitab salaf), Tilawatil Qur'an, Pelatihan pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab), diskusi dan penelitian ilmiah (DPI), Pramuka, Penjaskes, Drumband, Rebana & Qosidah, Tahfidzul Qur'an (Program menghafal Al-Qur'an), Jurnalistik, keterampilan, serta wirausaha.

Seperti pesantren lainnya, As Salafy Al Asror memiliki berbagai macam ekstrakurikuler yang bisa diikuti.

Ekstrakurikulernya adalah mengkaji kitab-kitab kuning (kitab salaf), Tilawatil Qur'an, Pelatihan pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab), diskusi dan penelitian ilmiah (DPI), Pramuka, Penjaskes, Drumband, Rebana & Qosidah, Tahfidzul Qur'an (Program menghafal Al-Qur'an), Jurnalistik, keterampilan, serta wirausaha.

Nah, itu dia Moms daftar pondok pesantren di Semarang yang bisa Moms dan Dads jadikan referensi.

Jadi, jangan takut Si Kecil tidak mendapatkan pelajaran akademik dengan baik, karena pesantren ini juga memiliki pendidikan formal di samping dengan keagamaan ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait