Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
7 Maret 2019

Ini Dia 5 Rahasia Tak Terduga Agar Pernikahan Bahagia

Ada rahasianya agar pernikahan langgeng
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang pasti mendambakan sebuah pernikahan yang bahagia. Moms mungkin merasa selama ini sering bertengkar sehingga masalah dalam pernikahan semakin membuat pusing.

Ternyata, memiliki pernikahan yang harmonis itu tidak selalu membutuhkan hal-hal yang sulit, lho. Ini dia deretan rahasia pernikahan bahagia yang wajib Moms tahu!

1. Sering Memperingati Hari Bahagia

5 rahasia tak terduga agar pernikahan bahagia 01

Banyak yang mengatakan bahwa perceraian disebabkan karena meningkatnya hal-hal negatif. Perlu kita sadari sebenarnya perceraian artinya juga menurunnya hal positif dalam keluarga.

Howard Markman seorang ahli dari pusat studi pernikahan dan keluarga di Universitas Denver mengatakan, “Kami menemukan bahwa hal positif lebih penting.”

Rahasia pernikahan bahagia ternyata mudah, cukup rayakan momen-momen indah bersama pasangan.

Kadang kita malu dan kurang percaya diri ketika mau mengungkapkan sesuatu yang positif kepada pasangan. Selain karena malu, kita juga takut mendapat cibiran dari orang lain.

Padahal merayakan hal-hal positif antar pasangan bisa meningkatkan komitmen, keintiman, dan kepuasan hubungan yang lebih tinggi.

2. Perbanyak Momen Bahagia

5 rahasia tak terduga agar pernikahan bahagia 02

Seberapa sering seharusnya menciptakan momen bahagia untuk menutup momen sedih dalam hubungan?

Jawabannya adalah lima banding satu. Artinya Moms harus lebih banyak membagikan hal bahagia dibanding hal buruk.

Dengan begitu bukan berarti Moms jadi hitung-hitungan berapa banyak hal positif dan negatif yang sudah Moms lakukan untuk pasangan. Jika itu dilakukan, maka hal buruk justru terjadi.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington mengatakan bahwa keluarga yang bertahan lima kali lebih sering membagikan hal positif kepada pasangan.

Jika kadar hitungannya menurun maka yang terjadi adalah perceraian. Perilaku baik yang bisa dilakukan seperti “Saya minta maaf” adalah cara untuk mempertahankan hubungan.

Baca Juga: Pernikahan Tidak Bahagia? Ini 7 Cara Menghadapinya!

3. Motivasi Pasangan

5 rahasia tak terduga agar pernikahan bahagia 03

Kadang kita hanya melihat kondisi pasangan dari senyum manis yang diberikan di rumah.

Kali ini Moms harus lebih peka terhadap apa yang dilakukan pasangan, ajak pasangan bicara dan dengarkan dia bercerita serta akhiri dengan dukungan terhadap segala hal positif yang sedang dilakukan pasangan.

Lisa L. Payne, penulis What If They Knew? Secrets of an Impressive Woman mengatakan, “Rahasia dari seorang wanita baik adalah dengan memberikan perhatian setiap hari kepada pasangannya.”

4. Berhubungan Baik dengan Keluarga dan Teman-teman

tour img 504790 75

Banyak yang berpikir bahwa pernikahan hanya milik dua orang saja. Perlu kita pahami bahwa hubungan baik dari keluarga dan teman juga bisa menjadi faktor baik untuk hubungan.

Pernikahan bukan menjadi satu-satunya hal dalam hidup Moms. Punya keluarga dan sahabat yang baik juga salah satu hal positif yang jadi rahasia pernikahan bahagia.

Baca Juga: Ini 7 Tanda Pasangan Suami-Istri Butuh Konseling Pernikahan

5. Olahraga Bersama

5 rahasia tak terduga agar pernikahan bahagia 05

Bukan karena jenis olahraga yang disukai berbeda maka tidak mungkin melakukan ini. Pergi ke gym bersama adalah cara mudah Moms untuk jaga hubungan baik.

Moms dan pasangan bisa memilih olahraga yang berbeda, namun tetap bersama. Aktivitas olahraga bersama pasangan juga akan terasa lebih menyenangkan. 

“Berolahraga di waktu bersamaan tidak mengambil waktu intim antar pasangan, hal ini justru meningkatkan tanggung jawab pasangan diwaktunya,” kata Dr. Jane Greer, PhD, terapis sekaligus konsultan pernikahan di New York. Kalau Moms punya cara apa untuk menjaga pernikahan bahagia?

(GSA) 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait