Fashion & Beauty

20 Mei 2021

3+ Rekomendasi Cushion Terbaik untuk Tampil Glowing, Bye Kulit Kusam!

Cocok untuk yang suka tampil natural
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu tren makeup yang langsung banyak disukai oleh berbagai kalangan adalah hadirnya cushion. Setiap brand makeup, baik lokal maupun internasional, kini berlomba-lomba mengeluarkan cushion terbaik, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Cushion menjadi tren tidak lepas dari pengaruh budaya Korea yang masuk ke Indonesia. Tidak hanya musik dan drama, tetapi juga makanan, gaya berpakaian, hingga makeup.

Tren cushion dimulai pada tahun 2008 di Seoul ketika kegemaran akan produk ini dimulai. K-Beauty selalu dipuji karena menghadirkan produk makeup terbaik yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Makeup revolusioner ini diciptakan oleh Amorepacific, sebuah perusahaan kosmetik di Korea. Perusahaan tersebut menciptakan "Cushion Lab" yang secara khusus didedikasikan untuk menciptakan cushion terbaik.

Namun, warna kulit antara orang Korea dan Indonesia tentu berbeda, ya Moms. Oleh karenanya, kini banyak brand lokal Indonesia yang membuat produk cushion terbaik sendiri, dengan pilihan warna yang lebih cocok dengan kulit masyarakat Indonesia.

Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan foundation, namun cushion juga menjadi tren karena menawarkan hasil makeup flawless dan tetap natural ala perempuan Korea.

Sama seperti namanya, cushion menggunakan bantalan atau cushion saat pengaplikasiannya. Umumnya, kita akan mendapatkan satu set cushion dan aplikatornya, lengkap dengan kaca rias saat membeli produk cushion.

Nah, Moms, tertarik untuk mencoba cushion? Simak dulu yuk informasi seputar cushion terbaik dan beberapa rekomendasi yang bisa Moms pilih dan coba!

Baca Juga: 5 Langkah Mengaplikasikan Matte Makeup

Rekomendasi Cushion Terbaik

Moms masih bingung ingin mencoba cushion yang mana? Berikut ini adalah rekomendasi cushion terbaik yang bisa Moms coba!

1. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

401-refill.png

Foto: pixy.co.id

Rekomendasi cushion terbaik pertama adalah Pixy Make It Glow Dewy Cushion. Porduk cushion andalan Pixy ini memiliki daya tutup yang tinggi, sehingga dapat menutupi noda hitam bekas jerawat atau flek pada wajah.

Cushion terbaik satu ini memiliki kandungan Botanical Extract, seperti olive oil, jojoba oil, serta yuzu extract, yang dapat membantu menutrisi kulit dari dalam. Alhasil, wajah dapat tampak lebih sehat dan bercahaya.

Perlindungan ekstra dari cushion terbaik ini juga hadir dengan kandungan SPF 23 & PA++ yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV penyebab wajah terlihat kusam serta muncul kerutan.

Hanya dengan Rp125 ribuan saja, Moms sudah bisa mendapatkan salah satu cushion terbaik versi lokal ini.

2. Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Instaperfect-Mineralight-Matte-BB-Cushion-Refill-12-Ivory-80449.jpg

Foto: wardahbeauty.com

Sebagai brand kosmetik diperuntukkan bagi kaum muslim dan terkenal dengan produk-produknya yang halal, Wardah juga mengeluarkan produk cushion terbaik dengan beragam kandungan nutrisi dan vitamin untuk kulit wajah.

Memiliki formulasi smart high coverage technology dan mineral fix, cushion Wardah dapat menutupi noda pada wajah tanpa membuatnya terasa kering. Sebaliknya, cushion ini akan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan terasa lembab.

Kelebihan tersebut membuat cushion ini dapat digunakan oleh Moms yang memiliki kulit kering sekalipun, tanpa takut dengan hasil matte yang semakin lama akan membuat makeup cakey.

Ada empat shade yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan warna kulit, yaitu Fair, Ivory, Beige, dan Creme. Moms bisa memperoleh produk ini seharga Rp177 ribu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makeup Artist Indonesia yang Sedang Hits

3. Luxcrime Second Skin Luminous Cushion

cushion.jpg

Foto: instagram.com/luxcrime

Pada awal tahun 2021, Luxcrime sebagai satu produk lokal yang sedang digemari masyarakat Indonesia, ikut mengeluarkan produk cushionnya sendiri. Walaupun belum lama beredar di pasaran, cushion milik Luxcrime sudah dinobatkan sebagai salah satu cushion terbaik.

Luxcrime Second Skin Luminous Cushion hadir dengan warna yang cocok untuk kulit masyarakat Indonesia, yaitu Vanilla, Honey, Cashew, Chestnut, dan Toffee.

Untuk coverage-nya, cushion ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit sehingga sangat buildable. Dilengkapi juga dengn SPF 25-UVA UVB yang memberi perlindungan dari sinar matahari.

Harga cushion terbaik ini juga masih relatif terjangkau, Moms bisa membelinya seharga Rp179 ribu.

4. Laneige BB Cushion Pore Control

laneige_laneige-bb-cushion-pore-control-spf-50--pa---_full07.jpg

Foto: Laneige.com

Jika Moms ingin mencoba cushion terbaik dari brand Korea, Moms bisa mencoba Laneige BB Cushion Pore Control.

Cushion terbaik ini memiliki hasil matte dengan kalim bisa membuat wajah tampak cerah dan terasa lembut seharian. Dilengkapi dengan formulasi pore control, cushion ini cocok digunakan oleh Moms yang memiliki tipe wajah berminyak.

Teskturnya juga ringan dan dilengkapi SPF 50+ PA+++. Walaupun produk Korea, Moms bisa memperolehnya dari official store Lanaige yang banyak tersebar di mall-mall Indonesia, atau melalui situs e-commerce dengan harga Rp240 ribu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Concealer dan Foundation, Jangan Sampai Tertukar!

Cara Pengaplikasian Cushion yang Tepat

Aug-22-makeup-school.jpg

Foto: International Beauty Institute

Nah, kini Moms sudah memiliki cushion baru yang siap digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Jangan sampai salah cara pengaplikasiannya, agar cushion menempel pada kulit dengan sempurna serta mendukung makeup supaya terlihat lebih flawless.

  • Step 1 - Tekan secara perlahan permukaan cushion dengan aplikator yang sudah tersedia untuk mengeluarkan produk. Jangan menekan berlebihan karena produk bisa keluar terlalu banyak, dan tidak bisa dimasukkan kembali.
  • Step 2 - Aplikasikan ke wajah dengan cara ditap-tap hingga merata.
  • Step 3 - Blend dengan aplikator, pastikan mengusapnya perlahan.
  • Step 4 - Moms bisa menambah cushion hingga menghasilkan coverage yang diinginkan.
  • Step 5 - Tambahkan bedak agar makeup tampak lebih set dan menyatu dengan kulit.

Manfaat Menggunakan Cushion

Saat memilih cushion terbaik, tentu kita juga ingin tahu berbagai manfaat dari penggunaan produk makeup ini, ya, Moms.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jika Moms memilih untuk menggunakan cushion menjadi salah satu pelengkap penampilan.

1. Praktis dan Mudah Dibawa

1 working mom

Foto: Orami Photo Stock

Kalau Moms adalah wanita yang memiliki berbagai kesibukan, baik di rumah atau di kantor, namun memerlukan sesuatu yang cepat agar wajah selalu tampil fresh, cushion bisa menjadi pilihannya.

Banyak orang memilih menggunakan cushion karena praktis dibandingkan foundation cair atau padat. Seperti yang kita tahu, cushion bberbentuk compact powder dan selalu hadir dengan satu set lengkap dalam satu kemasannya. Ukurannya juga kurang dari telapak tangan, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Tidak hanya itu saja, Moms. Cushion juga merupakan produk all in one. Bukan hanya makeup, ada pula kandungan skincare di dalamnya. Keunggulan ini hadir karena salah satu keunggulan dari produk Korea adalah perawatan kulitnya, sehingga wajib hadir menjadi komposisi dari produk makeup.

Skincare dalam cushion juga tidak tanggung-tanggung. Dalam satu kemasannya, akan terkandung vitamin yang mencerahkan dan melembabkan. Dan untuk menambah perlindungan kulit, cushion juga sering kali dilengkapi dengan sunscreen yang mencegah paparan sinar UV.

Jadi, hanya perlu membawa satu wadah kecil untuk berbagai kebutuhan kulit wajah. Sangat praktis ya Moms.

2. Memberikan Efek Mencerahkan pada Wajah

cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Fungsi cushion yang utama tentu menyamarkan noda di wajah, serta menjadi step pertama sebelum mengaplikasikan berbagai makeup.

Namun, tidak berhenti disitu saja, Moms. kandungan di dalam cushion jika digunakan secara rutin ternyata bisa menyamarkan noda di wajah secara permanen. Cushion biasanya mengandung vitamin yang bisa mencegah noda hitam akibat bekas jerawat. Nutrisi di dalamnya, juga membuat wajah terlihat lebih cerah.

Saat wajah dilapisi makeup, salah satu masalah yang pasti menghampiri adalah kulit kering. Kini Moms tidak perlu khawatir, karena cushion memiliki kandungan pelembab yang mengunci kadar air di permukaan kulit wajah dan membuatnya lebih kenyal.

Baca Juga: Terbuat dari Bahan Alami, Ini 4 Rekomendasi Cushion Halal

3. Nyaman Dipakai Seharian

beauty-face-woman-natural-makeup-healthy-skin-portrait-beautiful-asian-girl-model-fresh-glowing-hydrated-facial-skin-190414263.jpg

Foto: dreamstime.com

Formula serta tekstur pada cushion, umumnya lebih ringan dibanding alas bedak lain, seperti foundation. Oleh karenanya, cushion sangat nyaman untuk Moms gunakan sehari-hari.

Keunggulan lain dari formula ringannya adalah, Moms bisa touch up berulang kali jika diperlukan. Tidak perlu khawatir, karena cushion tidak akan menggeser atau merubah makeup yang sebelumnya sudah ada. Beberapa brand juga menawarkan produk cushion yang tahan air dan keringat, sehingga lebih awet seharian.

Formula cushion juga mencegah produk ini menyumbat pori-pori yang menjadi penyebab jerawat. Moms bisa membersihkannya dengan mudah dengan makeup remover, dan jangan lupa untuk mencuci wajah setelahnya.

Nah, itu tadi seputar cushion dengan berbagai manfaatnya yang bisa Moms coba.

  • https://www.byrdie.com/best-cushion-compacts-4159716
  • https://umma.io/blog/k-beauty-and-the-global-beauty-trend-of-cushion-makeup
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait