SHOWBIZ
30 Mei 2022

11 Rekomendasi Film Religi, Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik!

Ada film religi Indonesia dan Malaysia. Ada yang tayang di Netflix juga!
11 Rekomendasi Film Religi, Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik!

Foto: imdb.com

Di Indonesia, ada beragam genre film yang memiliki penggemarnya masing-masing. Salah satunya adalah film religi yang tidak hanya terkenal saat Ramadan saja.

Banyak yang berduyun-duyun menonton film dengan genre ini. Bisa jadi karena ceritanya yang menarik, aktor dan aktris pendukung yang aktingnya menjanjikan, atau diangkat dari buku atau novel best seller.

Melansir studi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, banyaknya film religi di Indonesia saat ini mendapatkan tanggapan dari umat Islam, selama film digunakan untuk perjuangan umat Islam dan bukan untuk menghancurkan umat.

Simbol-simbol Islam sendiri sudah ada di dalam perfilman internasional sejak lama. Film Indonesia bertema Islam diproduksi sudah sejak tahun 1960-an.

Kemudian pada tahun 1970-an dan 1980-an bermunculan film-film bertema Islam yang misinya serta inti ceritanya untuk dakwah Islam.

Baca Juga: 37+ Rekomendasi Nama Toko Islami, Insya Allah Usaha Lancar dan Penuh Berkah!

Rekomendasi Film Religi Indonesia

Film Religi -1

Foto: Film Religi -1

Foto: Imdb.com

Biasanya, film religi memiliki pesan moral yang hendak dibagikan kepada masyarakat, terutama yang menyangkut tentang keagamaan.

Selain itu, film religi biasanya memiliki pesan moral tertentu yang berkaitan dengan keluarga, cinta, hingga persahabatan. Berikut ini beberapa di antara film religi asal Indonesia yang bisa dinikmati:

1. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016)

Film ini juga dibintangi oleh berbagai artis ternama seperti Abimana, Rianti Cartwright, Acha Septriasa dan banyak lagi. Ceritanya berlanjut dari judul pertamanya tentang pasangan suami istri yang hijrah ke Amerika Serikat.

Dengan backround cerita yang masih berhubungan dengan tragedi WTC dan bersetting tempat di Amerika Serikat, selain mengangkat drama yang khas, juga menunjukkan bagaimana mereka bertahan dengan keyakinan di negeri Paman Sam.

2. Ada Surga di Rumahmu (2015)

Masih mengangkat tema keluarga, film religi ini sarat hikmah. Diadaptasi dari buku best seller karya Ustad Alhabya, film ini bercerita tentang pemuda yang berada di persimpangan perjalanan hidupnya.

Dari dua sisi hidupnya yang akan menentukan masa depannya, film ini mengajak para penontonnya untuk lebih dekat dengan keluarga karena bayak sekali hikmah kehidupan dan kebahagiaan di dalamnya.

3. Ayat-Ayat Cinta (2013)

Kembali mengadaptasi novel best seller, film religi ini sangat menyedot banyak peonton pada saat itu. Cerita yang menegangkan namun hangat berhasil dihidupkan oleh para pemainnya.

Salah satu daya tariknya adalah setting cerita di luar negeri dan mengangkat tema yang tidak biasa yakni tentang poligami. Meski disisipi romantisme, namun banyak adegan yang menggambarkan tentang kehidupan Islami di sana.

4. Sang Kiai (2013)

Film religi ini sarat dengan pelajaran berharga karena mengangkat kisah seorang tokoh Islam Indonesia, yakni K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim.

Mereka dikisahkan menghadapi pasukan Jepang dan sekutu bersama para santri. Berkat naskah yang baik serta akting yang berkelas, film ini pernah masuk dalam seleksi film Oscar ke-86 untuk kategori film Best Foreign Language.

5. Negeri 5 Menara (2012)

Film ini didaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama karya A. Fuadi. Bercertia tentang kehidupan 6 remaja pondok yang berasal dari latar belakang yang berbeda.

Meski begitu, mereka memiliki mimpi yang sama untuk menaklukan dunia. Menggambarkan proses meraih mimpi, setting tempatnya pun mulai dari Pondok Modern Darussalam Gontor hingga London.

Baca Juga: 5 Kartun Islami Pilihan untuk Bantu Anak Mendalami Nilai-Nilai Agama

Rekomendasi Film Religi di Netflix

Film Religi -2

Foto: Film Religi -2

Foto: Netflix.com

Sebagai salah satu layanan streaming yang banyak diminati saat ini, Netflix juga memiliki beragam cerita film religi yang dapat ditonton. Beberapa rekomendasi dilm religi ini bisa menjadi pilihan:

6. Ayat-Ayat Cinta 2

Melanjutkan cerita sebelumnya, Fahri (Fedi Nuril) kini menjadi seorang dosen muslim Edinburgh, Skotlandia. Namun, dia harus kehilangan istrinyayang hilang saat menjadi relawan di Palestina.

Fahri pun bertemu sosok Hulya (Tatjana Saphira), sepupu dari Aisha, yang memiliki sifat dan fisik yang mirip dengan Aisha.

7. 100% Halal

Film ini bercerita tentang Anisa (Anisa Rahma) yang harus menikah saat lulus SMA dengan laki-laki pilihan ayahnya. Karen ingin berbakti, dia menikah dengan Ilham Putra Alfatih (Anandito Dwis).

Namun, kebenaran mengejutkan tiba-tiba terungkap dan membuat pernikahan Aisha dinilai tidak sah oleh agama Islam.

8. 99 Nama Cinta

Film ini menceritakan Talia (Acha Septriasa), seorang presenter sekaligus produser acara gosip yang terkenal. Namun hidupnya berubah drastis saat bertemu Kiblat (Deva Mahenra), seorang ustadz muda.

Sejak pertemuan itu, karier Talia merosot jatuh gara-gara kesalahan kecil namun fatal. Tapi tak disangka, Kiblat-lah yang membantu Talia untuk bangkit dari keterpurukannya.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Game Islami Anak, Belajar Agama lewat Permainan!

Rekomendasi Film Religi Malaysia

Film Religi -3

Foto: Film Religi -3

Foto: Wikipedia.com

Bukan hanya Indonesia, Malaysia pun memiliki film religi menarik yang juga berkualitas. Beberapa di antaranya menngajak pemain dari Indonesia sebagai pemainnya.

Deretan rekomendasi film religi ini mengusung latar yang islami, namun ada pula unsur percintaannya. Beberapa di antaranya yakni:

9. Bukan Cinta Malaikat (2017)

Diperankan oleh Donita, Fachry Albar, dan Nora Danish, film ini ini bercerita tentang relawan muslim bernama Reyhan yang tidak sengaja bertemu dengan Dewi, gadis Malaysia yang sedang ibadah umroh.

Benih-benih cinta pun tumbuh setelah pertemuan tersebut. Hingga akhirnya Reyhan memutuskan untuk melamar Dewi ke Malaysia.

Namun, ternyata Dewi sudah memiliki kekasih dan teman wanita Reyhan juga mengungkapkan perasaan kepada Reyhan. Lalu, bagaimana dengan kelangsungan kisah mereka?

10. Zharfa (2019)

Film religi ini bercerita tentang gadis pembuat masalah bernama Zharfa. Ini karena dirinya membenci ayahnya yang telah meninggalkannya sejak usia 1 tahun.

Zharfa semakin memberontak ketika ibunya menikah lagi. Untuk mengatasi sikapnya, orang tua Zharfa memutuskan agar putrinya masuk ke pesantren di Bandung untuk memperbaiki sikapnya.

11. Kimchi untuk Awak (2017)

Diangkat dari sebuah novel ternama, kisah dimulai saat Bella, mahasiswi asal Malaysia kuliah di Korea Selatan. Ketika liburan semester, Bella memutuskan pulang ke Malaysia dan tidak sengaja bertemu Danial.

Dia kemudian bertemu dengan pria berdarah Malaysia dan Korea itu saat membuat kimchi atas permintaan kakaknya. Tak disangka, Danial adalah bos dari kakak Bella.

Bahkan, yang lebih mengejutkannya lagi, orang tua Bella rupanya berniat untuk menjodohkan putrinya dengan Danial. Bagaimana akhir kisah cinta mereka?

Itulah beberapa rekomendasi film religi yang bisa ditonton di saat senggang. Sudah memutuskan akan menonton yang mana?

  • https://blogunik.com/daftar-film-islami-indonesia-yang-penuh-hikmah-dan-pelajaran-wajib-tonton/
  • https://www.parapuan.co/read/533226768/5-rekomendasi-film-religi-indonesia-di-netflix-cocok-ditonton-saat-libur-lebaran
  • https://media.neliti.com/media/publications/77017-ID-keragaman-islam-dalam-film-indonesia-ber.pdf
  • https://bacaterus.com/film-islami-malaysia/