Newborn

4 Agustus 2021

9+ Rekomendasi Kulkas ASI untuk Menyimpan Stok ASI Perah dan Harganya, Catat!

Moms bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika menyusui atau memompa ASI untuk Si Kecil, Moms mungkin bertanya-tanya rekomendasi kulkas ASI yang akan diperlukan sebagai sarana penimbunan susu. Utamanya, bila Moms berencana untuk kembali bekerja.

Dilansir dari Healthy Children, jika membekukan susu di dalam kulkas ASI maka susu dapat dibekukan hingga 9 bulan. Sementara itu, Mayo Clinic menjelaskan ASI yang baru diperah dapat disimpan di bagian belakang freezer hingga 12 bulan, tetapi penggunaan ASI beku dalam waktu enam bulan adalah optimal.

Jadi, rekomendasi kulkas asi benar-benar Moms butuhkan. Karena, Kulkas ASI dapat memastikan lingkungan yang higienis untuk emas cair Moms yang berharga.

Rekomendasi Kulkas ASI

Laleche.org.uk mengungkap sifat antibakteri ASI membantunya tetap segar. Sel-sel hidup dan antibodi yang menghambat pertumbuhan bakteri di usus bayi Anda juga mencegah pertumbuhan bakteri saat ASI disimpan dalam wadah. Nah, berikut ini rekomendasi kulkasi ASI:

1. Sanyo Aqua AQF-S4

Sanyo Aqua AQF-S4

Foto: Tokopedia

Rekomendasi kulkas ASI yang pertama ini dari Sanyo Aqua AQF-S3. Bisa dibilang, freezer ini populer di kalangan ibu menyusui yang rutin memompa ASI. Hal yang membuat populer adalah Sanyo Aqua AQF-S3 ini memiliki daya tampung hingga 200 kantong ASIP atau 130 botol kaca ASI.

Selain itu, kulkas ASI ini juga memiliki empat susun rak dengan temperatur suhu di dalamnya dari -21 sampai -33,5 derajat celcius. Untuk harga kulkas ASI ini berada di Rp2.399.000.

2. Sanken SK-S160

Sanken SK-S160

Foto: Tokopedia

Kulkas ASI kedua yaitu Sanken SK-160 Upright Freezer. Bisa dibilang rekomendasi kulkas asi ini merupakan yang memiliki teknologi dinding HD yang tebal, dan padat. Tak hanya itu, kulkas ini dilengkapi dengan karet pintu yang membuatnya tidak mudah terbuka.

Sehingga, Moms tak perlu heran karena kulkas ini akan lebih cepat dinginnya, suhu dan kesegeran makanan lebih stabil serta terjaga, compressor bekerja lebih singkat dan paling penting adalah hemat energi. Untuk harga, Sanken SK-S160 ini dikisaran Rp3.150.000.

3. Toshiba GF-K16

Toshiba GF-K169

Jika Moms tengah mencari rekomendasi kulkas asi dengan kapasitas besar untuk menampung ASI perah yang disimpan dalam botol, freezer Toshiba ini bisa menjadi solusi terbaik. Pasalnya, freezer ASI Toshiba GF-K169 ini mampu menampung 200 botol kaca ASI berukuran 100 ml.

Freezer ASI Toshiba memiliki dimensi ruang yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak ruang, yaitu panjang 52 cm, lebar 62 cm, dan tinggi 118 cm.

Baca Juga: Waduh! Kok Kulkas Tidak Dingin? Ini 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

4. Samsung Cool Pack

Samsung Cool Pack

Mati lampu menjadi hal yang tidak diinginkan oleh para Moms bahkan bisa dibilang momen menegangkan sekaligus mencemaskan. Bisa saja ASIP langsung diberikan kepada Si Kecil. Namun, masalahnya stok ASI yang disimpan masih banyak jumlahnya.

Nah, rekomendasi kulkas asi yang mampu menghilangkan kecemasan itu adalah Samsung Cool Pack. Moms akan terbantu karena teknologi kulkas ini mampu mempertahankan suhu dingin selama 9-12 jam walau mengalami padam listrik. Sehingga, kantong ASIP yang disimpan di dalam freezer pun akan tetap beku.

Selain memiliki teknologi Cool Pack, kulkas Samsung ini mampu mendinginkan makanan dan minuman dalam waktu cepat. Kemudian, ada pula Anti-bacterial Protector yang akan membuat udara tetap bersih dan higienis.

Tidak perlu pusing makanan dan minuman di dalam kulkas akan terkena bakteri atau baunya bercampur-campur karena filter aktifnya akan mengatasi hal tersebut. Jadi jika Moms ingin berhemat yaitu sekaligus membeli kulkas daripada hanya freezer, membeli kulkas ini bisa jadi pilihan.

5. Modena MW 10 W Chest Freezer

Modena MW 10 W Chest Freezer

Foto: Tokopedia

Freezer satu pintu ini memang lebih sering digunakan untuk menyimpan daging, es krim, atau makanan beku lainnya. Kapasitasnya cukup luas, dan karena tidak menempel dengan kulkas kamu bisa menggunakan freezer ini hanya khusus untuk ASI perah. Moms bisa memasang suhunya hingga -25 derajat Celcius untuk memastikan ASI tetap beku.

Selain itu, karena kapasitasnya yang besar, Moms bisa berbagi kapasitas ini dengan teman atau tetanggamu yang juga membutuhkan tempat penyimpanan ASI. Agar ASI lebih awet, pintu freezer sebaiknya tidak terlalu sering dibuka-tutup.

6. Sharp FRV-200 Freezer

Sharp FRV-200 Freezer

Sharp FRV-200 Freezer hadir dengan desain pintu dan pegangan yang artistik dan menarik. Freezer ini memiliki kapasitas hingga 195 liter. Freezer ini dilengkapi dengan fitur pendingin yang cepat dalam mendinginkan makanan atau minuman, dan bahkan ASI perah dalam jumlah yang banyak agar tetap segar dan awet.

Selain itu freezer ini juga dilengkapi dengan fitur key lock pada bagian depan untuk keamanan tambahan.

7. LG GN-IN304

LG GN-IN304

Foto: LG

Freezer 1 pintu berkapasitas 171 liter ini cocok untuk menyimpan ASI milik ibu, karena memiliki fitur smart storage yang memiliki 6 rak, 1 laci, dan rak pada bagian pintu. Selain itu freezer LG Ini juga memiliki teknologi bio shield yang mampu menjaga ASIP dari jamur dan bakteri.

Freezer ini juga memiliki teknologi direct shelf cooling yang dapat memberikan pendinginan lebih baik pada seluruh bagian freezer, dan rak tempered glass.

Baca Juga: 4 Trik Menyiapkan ASI Perah Bagi Ibu Bekerja

8. GEA Chest Freezer AB 106

GEA Chest Freezer AB 106

Foto: iprice

Produk ini merupakan freezer box yg didesain dengan interior lamp dan keylock sehingga ASI perah maupun makanan lainnya tetap terjamin kesegarannya. Dilengkapi fast cooling system, freezer ini akan membantu membekukan makanan dengan cepat.

9. Aqua AQR-D50F

Aqua AQR-D50F

Foto: shopee

Rekomendasi kulkas ASI beserta harganya yang bisa dibeli, yakni Aqua AQR-D50F. Keunggulan utama dari kulkas ini adalah hemat listrik. Dengan begitu, bisa jadi pilihan hemat agar tagihan di rumah tidak membengkak.

Konsumsi daya sebesar 50 watt saja, tetapi bisa bekerja dengan baik berkat bantuan desain dan fitur yang mendukung full insulation. Fitur tersebut mampu menjaga kulkas tertutup dengan rapat agar proses pendinginan dapat bekerja secara maksimal.

Kulkas ini mampu menjaga kondisi ASI yang disimpan tetap segar. Dengan harga hanya Rp1,4 jutaan saja, Mama sudah bisa mendapatkan kulkas mini untuk menyimpan ASI di rumah.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

10. Sharp SJ50MBXW

Sharp SJ50MBXW

Foto: Tokopedia

Kulkas mini untuk menyimpan ASI diperlukan agar ASI tidak tercampur dengan bahan makanan lain yang bisa mengontaminasi. Oleh karenanya, lemari es untuk ASI tidak perlu besar jika produksi ASI Mama juga terbatas.

Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 50 liter, kulkas dari Sharp ini dibekali dengan sistem pendinginan fast freezing non-CF. Kulkas ini mampu mendinginkan bahan makanan dan minuman lebih cepat dan ramah lingkungan, termasuk menjaga ASI dalam kondisi segar dan sehat untuk bayi.

Bagian rak di dalam kulkas ini juga dibuat dari material tempered glass yang mampu menahan bobot makanan, seperti buah, sayur dan lainnya lebih kuat. Mama bisa membeli kulkas ini dengan harga Rp1,3 juta.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), rekomendasi kulkas ASI untuk Moms harus bersuhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah, dan freezer Anda harus -17 derajat Celsius atau lebih rendah. Jika termostat lemari es/freezer tidak menunjukkan suhu, gunakan ikon eksternal termometer alat berdiri bebas yang murah. Bahkan jika kulkas asi menunjukkan suhu, termometer alat mungkin penting jika kehilangan daya atau mengalami masalah mekanis.

  • https://review.bukalapak.com/mom/rekomendasi-freezer-asi-100294
  • https://artikel.rumah123.com/property-market?utm_source=99blog-redirect-article
  • https://www.medicalexpo.com/medical-manufacturer/breast-milk-refrigerator-32434.html
  • https://www.cdc.gov/breastfeeding/recommendations/faq.html
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/breastfeeding/Pages/Storing-and-Preparing-Expressed-Breast-Milk.aspx
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-milk-storage/art-20046350
  • https://www.laleche.org.uk/storing-your-milk/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait