Home & Living

18 Januari 2022

7 Ide Memanfaatkan Ruangan Bawah Tanah dan Tips Membangunnya

Ketahui langkah mudah membangun ruangan bawah tanah berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Beberapa rumah dari para Moms pasti memiliki ruangan bawah tanah. Umumnya, ruangan ini dijadikan gudang, alur dari selang air, atau bahkan dibiarkan begitu saja karena dianggap tidak terlalu penting.

Alhasil, ruangan bawah tanah identik dengan kesan yang suram, pengap, dan tersembunyi.

Namun di zaman serba modern dan mengedepankan estetika ini, ruang bawah tanah bisa tampil dengan desain yang mengagumkan lho, Moms.

Bahkan ada yang menggunakannya sebagai ruang keluarga, bioskop mini, ruang makan, ruang setrika, hingga kamar tidur. Hasilnya tidak kalah nyaman dan mengagumkan layaknya ruangan biasa.

Penasaran dengan hasil kreatif pemanfaatan ruangan bawah tanah? Yuk simak artikel berikut ini, Moms!

Baca Juga: 5 Furnitur Ini Cocok Untuk Dekorasi Rumah Bergaya Vintage

Ide Memanfaatkan Ruangan Bawah Tanah

Desain rumah dengan ruangan bawah tanah mungkin belum banyak ditemui di Indonesia. Namun, jika Moms berencana membuatnya, pastikan ruangan tersebut memiliki kegunaan sama seperti ruang biasa.

Selain menambah keunikan rumah, ini juga bisa menambah fungsi rumah.

Berikut ini adalah ide memanfaatkan ruangan bawah tanah yang bisa Moms jadikan referensi.

1. Ruang Gym

927f6d8962b43e1094da92f6eb2056f5.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms dan keluarga memiliki hobi olahraga, maka tidak ada salahnya memanfaatkan ruangan bawah tanah sebagai tempat gym.

Banyak yang mengurungkan memiliki ruang gym karena tidak sesuai dengan konsep rumah.

Nah, dengan memanfaatkan ruanan bawah tanah, Moms tetap bisa mempertahankan tatanan rumah tanpa harus terganggu dengan adanya ruang gym.

Selain itu, memiliki sebuah ruang gym yang berada di bawah tanah memberikan sebuah kebebasan bagi Moms untuk bisa berolahraga dengan privasi tanpa harus takut untuk dilihat dan diperhatikan oleh orang lain.

2. Bioskop Mini

2f80a0e279d19bdc1f673d45ab660955.jpg

Foto: pinterest.com

Dibandingkan harus mengeluarkan biaya tiap minggu untuk menonton film ke bioskop, mengapa tidak membuat bioskop sendiri saja di rumah?

Bioskop mini bisa jadi insipirasi pemanfaatan ruangan bawah tanah berikutnya.

Moms dan keluarga bisa menonton sepuasnya dengan volume suara yang lumayan keras tanpa membuat tetangga risih. Ini karena lokasinya yang berada di bawah tanah.

Lengkapi bioskop mini di ruangan bawah tanah ini dengan kursi nyaman, layar besar, dan sound system yang mumpuni agar serasa menonton di bioskop sungguhan.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

3. Private Bar

1b391eab61598d93d06accdf1a34122c.jpg

Foto: etsy.com

Manfaatkan ruangan bawah tanah yang tidak terpakai menjadi private bar ala rumah di Amerika.

Ruangan ini akan menjadi salah satu ruang tujuan untuk menyambut tamu, sahabat, atau hanya sebagai tempat bekerja yang membutuhkan keheningan ekstra.

Moms bisa menambahkan long chair agar terkesan seperti bar pada umumnya.

Memiliki desain dengan dinding gelap dan lampu gantung terang, membuat bar bawah tanah menjadi tempat sempurna untuk mencicipi secangkir kopi atau minuman lainnya yang nikmat. 

4. Ruang Gaming

a95f3d6a0419049a1ead03dd938333c4.jpg

Foto: pinterest.com

Anak ingin menjadi gamer profesional, tapi tidak mau merubah tatanan kamar dan memenuhinya dengan serba-serbi peralatan game? Nah, yuk manfaatkan ruangan bawah tanah!

Sebuah ruangan untuk bermain game dan melakukan streaming selama melakukan permainan game merupakan sebuah impian bagi setiap remaja saat ini ya, Moms.

Ruang gaming yang berada di ruangan bawah tanah akan membuat suara bising dari luar tidak akan masuk ke dalam dan mengganggu sesi permainan sama sekali.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Seperti Apa yang Cocok sesuai Zodiak Kita?

5. Studio Musik

o.jpg

Foto: pinterest.com

Sama seperti ruang gaming, studio musik juga membutuhkan keheningan agar tidak mendapat gangguan dari luar maupun terdengar berisik.

Apabila Moms memiliki jiwa seni yang tinggi dan ingin bermain musik tanpa harus takut untuk mengganggu tetangga di sekitar rumah maka Moms bisa mencoba untuk memiliki sebuah ruang studio musik di ruang bawah tanah yang sangat terisolir dari rumah-rumah yang berada di dekat rumah tinggal.

Dengan memiliki sebuah ruang studio musik ruangan bawah tanah, ini memberikan Moms kesempatan untuk bermain lagu tanpa harus khawatir suaranya akan mengganggu lingkungan di sekitar.

6. Kamar Tidur

d90bca8bef242cf5fc163a7fb9efccfe.jpg

Foto: pinterest.com

Siapa bilang ruangan bawah tanah tidak bisa dijadikan kamar tidur?

Jauh dari kesan yang suram, ternyata ruang bawah tanah juga bisa disulap menjadi kamar tidur yang nyaman.

Kamar tidur yang dindingnya dibiarkan tanpa acian semen dan menamapkan susunan batu bata ini memiliki nuansa tradisional.

Agar terang, dindingnya dicat warna putih dan diberi lampu pada beberapa sudut. Furnitur dari kayu dan lantai ubin membuat nuansa tradisionalnya semakin terasa.

Moms juga pastikan terdapat aliran udara yang bagus, ya!

Baca Juga: Rumah Direnovasi? Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Jaga Keamanan Balita

7. Ruang Keluarga

ruang keluarga.jpg

Foto: pinterest.com

Ide berikutnya ada ruangan bawah tanah yang dimanfaatkan sebagai ruang keluarga modern.

Tampilannya tidak berbeda jauh dengan ruang keluarga biasa, hanya saja tidak ada jendela yang menjadi jalur masuknya sinar matahari.

Tenang saja Moms, di ruang bawah tanah ini ada banyak lampu yang menggantikan sinar matahari. Ukurannya cukup luas hingga bisa menampung sofa bed besar dan meja bilyar.

Moms juga bisamembuat ruang keluarga bergaya minimalis dengan pilar-pilar dan pintu kayu. Permukaan lantainya dilapisi karpet sehingga orang yang mampir ke ruang bawah tanah ini akan merasa sangat nyaman.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Pengharum Ruangan Dalam Kamar Bayi?

Tips Membangun Ruangan Bawah Tanah

ruang-tamu-minimalis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Membangun ruangan bawah tanah adalah salah satu keinginan yang cukup menarik.

Membangun ruangan tambahan tersebut memang bukanlah hal yang kompleks tapi membutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar dan perhitungan yang matang karena kekuatan struktural dari sebuah bangunan akan sangat berpengaruh sekali dari tanah yang diambil di bawahnya.

Apabila Moms tertarik untuk membangun sebuah ruangan tambahan di bawah tanah maka ada beberapa langkah yang perlu Moms ikuti seperti berikut ini:

  • Membangun ruangan di dalam tanah berbeda dengan membangun sebuah bangunan umumnya di atas tanah. Proses pembangunan perlu dilakukan secara berhati-hati supaya tidak mengacaukan kondisi struktural dari bangunan utama rumah dan membahayakan seluruh penghuni yang ada di dalamnya.
  • Buatlah terlebih dahulu pemetaan di bawah rumah Moms, pastikan di dalam tanah tersebut tidak terdapat sumur, saluran pipa gas bawah tanah dan saluran listrik lainnya yang bisa membahayakan proses pembangunan yang sedang dilakukan.
  • Proses penggalian akan membutuhkan waktu yang lama apabila tidak dengan menggunakan alat berat. Pastikan Moms sudah mendapatkan izin dari warga sekitar untuk melakukan pembangunan dan memanfaatkan alat berat.
  • Ketika proses penggalian selesai, Moms bisa menentukan penggunaan jenis tembok apa yang ingin digunakan. Ada banyak sekali jenis material tembok atau dinding yang bisa Moms gunakan untuk ruangan bawah tanah. Tembok yang terbuat dari coran beton merupakan salah satu opsi terbaik karena bisa memberikan sebuah kekuatan struktural yang baik dibandingkan dengan harus menggunakan tembok kayu pada ruangan di bawah tanah tersebut.
  • Karena ruang di bawah tanah tidak memiliki sumber pencahayaan alami, jangan lupa juga untuk menambahkan berbagai lampu tambahan untuk menerangi seisi ruangan dengan baik dan mencegah mata menjadi rusak.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin Tanpa AC

Demikian Moms informasi seputar ruangan bawah tanah yang bisa Moms manfaatkan.

  • https://www.homify.co.id/ruangan/jendela-ruang-bawah-tanah
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/ruangan-bawah-tanah-42796
  • https://www.dekoruma.com/artikel/80677/ruang-bawah-tanah-anti-pengap-dan-suram
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/23/100000676/7-ide-ruang-bawah-tanah-yang-unik-dan-inspiratif-?page=2
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait