Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sex & Relationship | Aug 5, 2018

Sebenarnya Apa Saja Peran Suami dalam Kehamilan?

Bagikan


Masa kehamilan bukan hanya saat yang penting untuk ibu, tetapi tanggung jawab juga terletak di pundak pasangan. Sosok suami pada kehamilan sangat penting karena suami dianggap orang pertama yang bertanggung jawab untuk memberikan dukungan psikologis selama kehamilan. Sebab kondisi psikologis seorang ibu memengaruhi kesehatan janin secara negatif atau positif.

Dengan demikian, dukungan suami dalam kehamilan akan menjadi faktor positif dalam menambah kenyamanan bagi istri dan memicu semangatnya terutama pada kehamilan pertama.

Peran Suami dalam Kehamilan

Selama kehamilan, suami bisa memberikan semua bantuan yang dibutuhkan ibu hamil, baik fisik maupun emosional. Selain menjaga kesehatan, suami juga bisa melakukan berikut ini:

1. Memberikan dukungan emosional dan fisik

Kehamilan sering kali membuat frustrasi. Jadi, suami dapat mendengarkan seluruh kekhawatiran dan kecemasan istri. Suami juga bisa berbicara dengan dokter untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana ia bisa berperan pada kesehatan istrinya.

2. Berbagi tugas rumah tangga

Membantu istri mengerjakan tugas rumah tangga terutama pada trimester pertama dan ketiga. Namun bukan berarti setelah istri melahirkan, suami bisa bebas dari tugas rumah tangga. Berbagi tugas rumah tangga sebaiknya terus dilakukan dalam kehidupan suami istri.

3. Menambah pengetahuan

Suami biasanya memiliki pengetahuan tentang kehamilan dan persalinan lebih sedikit daripada sang istri. Oleh sebab itu, mereka bisa membaca buku-buku yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan untuk mendapatkan berbagai informasi.

4. Mengabadikan setiap momen

Agar terdapat dokumentasi tentang kehamilan dan persalinan istri, suami dapat mengambil foto untuk menghargai setiap kenangan indah selama kehamilan.

Baca Juga: Peran Ayah Dalam Menyukseskan Program ASI

5. Berbelanja

Saat hamil, aktivitas sehari-hari dapat terasa berkali-kali lipat lebih menyulitkan dibanding biasanya. Makanya, suami menggantikan tugas sang istri untuk berbelanja. Baik berbelanja kebutuhan rumah tangga atau menemani istri ke toko perlengkapan bayi.

6. Membuat istri merasa istimewa saat sedang hamil

Akibat adanya perubahan bentuk tubuh, ibu hamil biasanya jadi merasa kurang percaya diri dengan penampilan mereka. Salah satu yang dibutuhkan adalah suami yang menunjukkan bahwa sang istri tetap istimewa.

7. Siap sedia setiap waktu

Sebagai suami siaga, mereka harus siap meluangkan waktu untuk menemani istri menjalani pemeriksaan bulanan, juga di saat istri membutuhkan bantuan.

8. Mengajak berjalan-jalan

Agar tidak jenuh, suami dapat mengajak istri berjalan-jalan. Hal ini juga membuat fisik istri jadi lebih aktif.

9. Bersabar dengan perubahan emosi istri

Perubahan hormon dapat memengaruhi mood ibu hamil, oleh karena itu, suami harus lebih mengerti akan kondisi emosi istrinya. Sebisa mungkin ia juga melakukan hal-hal yang membuat istri terhibur dan rileks.

Baca Juga: Siapkan 4 Hal Ini Agar Ayah Tak Mengalami Baby Blues

10. Memijat lembut agar rileks

Seiring perkembangan kehamilan, akan sulit bagi istri untuk tidur nyenyak karena bertambahnya berat bayi dan tekanan di punggung bagian bawah. Memijat punggung dan kaki akan membuat istri merasa rileks dan mudah tidur nyenyak.

11. Membantu persiapan kelahiran

Saat hari persalinan mendekat, suami mempersiapkan segala kebutuhan sebelum pergi ke rumah sakit. Mulai dari pakaian yang membuat istri nyaman, perlengkapan mandi, dan pakaian dalam. 

12. Bersikap tenang

Di saat istri sedang panik atau khawatir menjelang kehamilan, di sini waktunya suami bersikap lebih tenang. Sikap suami yang tenang juga turut dapat membuat istri lebih rileks dan siap saat persalinan.

Apakah pendapat Moms tentang peran suami dalam kehamilan? Ceritakan pengalaman Moms di kolom komentar ya!

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.