Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
12 Maret 2020

Selain Menggunting, Perhatikan 5 Hal untuk Merawat Kuku Si Kecil

Membersihkan dengan teratur akan membuat kuku bayi tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jari tangan dan kaki bayi yang baru lahir memang kecil dan terlihat rapuh. Tentunya keduanya perlu membutuhkan perhatian khusus, terutama kukunya. Moms harus memperhatikan kuku bayi agar terpotong dengan baik.

Meski kuku bayi terlihat rapuh dan lunak, namun tetap saja dapat melukai Moms atau dirinya sendiri. “Tangan dan kaki sering kali diabaikan ketika merawat tubuh anak-anak. Penting untuk memperhatikan kaki anak-anak sejak mereka dilahirkan untuk mengatasi masalah di kemudian hari,” kata Elizabeth Kurtz, DPM, ahli penyakit kaki di Chicago dan juru bicara American Medical Association (APMA).

Baca Juga: Ini Alasan Harus Menggunakan Gunting Kuku Bayi Untuk Merawat Si Kecil

Tips dalam Merawat Kuku Bayi

Jadi, jangan lupa perhatikan hal-hal di bawah ini untuk merawat kuku bayi ya Moms.

1. Kuku Bayi Tumbuh dengan Cepat

merawat kuku bayi

Foto: drdina.ca

Bayi baru lahir belum mengembangkan kontrol motorik dengan sempurna, jadi Si Kecil akan sering memegang lengannya dan menggaruk-garuk tubuhnya dalam proses itu.

Selain itu, kuku bayi juga tumbuh dengan cepat, jadi Moms perlu memotongnya dua kali seminggu. Kuku kaki akan lebih lambat, jadi Moms hanya perlu memotongnya sekali atau dua kali sebulan.

Sebaiknya periksa kondisi kuku tangan dan kaki bayi lebih sering. Jika Moms melihat ada luka di ujung jari, itu akan sembuh dengan sendirinya. Waspadai juga tanda infeksi, seperti kemerahan atau bengkak.

"Memperhatikan kondisi kaki dan tangan dalam beberapa hari setelah kelahiran seringkali dapat mencegah perlunya operasi nantinya," kata Paul W. Esposito, MD, profesor bedah ortopedi dan pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Nebraska di Omaha.

2. Pakai Gunting Khusus

merawat kuku bayi

Foto: momjunction.com

Saat merawat kuku bayi, pilih gunting khusus untuk bayi dan pisahkan penggunaannya dari orang dewasa. Selalu gunakan gunting kuku yang bersih, papan ampelas lembut, atau gunting kuku berhidung tumpul untuk menjaga kuku bayi memiliki panjang yang tepat.

Berhati-hatilah saat memotong kuku bayi, hindari memotong kuku terlalu dekat dengan kulit karena Si Kecil akan merasakan sakit. Tapi jangan panik jika Moms melihat setetes darah, karena itu akan sembuh dengan cepat. Selain itu, jangan menggigit kuku anak untuk memotongnya karena itu dapat membuat bayi terinfeksi.

Baca Juga: Hati-Hati, Kuku Bayi Juga Bisa Cantengan, Lho!

3. Lindungi dengan Sarung Tangan Bayi

merawat kuku bayi

Foto: etsy.com

Cara merawat kuku bayi selanjutnya adalah dengan memakaikannya sarung tangan bayi. Ini adalah cara terbaik untuk melindungi bayi untuk melukai dirinya sendiri. Beberapa orang tua juga menggunakan kaus kaki kecil untuk melindungi bayi dari garukan di kaki.

Meski begitu, tetap buka sarung tangan bayi dalam waktu tertentu. Hal ini agar Si Kecil tetap bisa mengahas kemampuan tangannya untuk bergerak. Namun, Moms harus tetap memperhatikan dari dekat untuk menghindari bayi mencakar dirinya sendiri.

4. Gunakan Lotion yang Lembut

merawat kuku bayi

Foto: productnation.co

Untuk cara merawat kuku bayi yang satu ini memang tergantung pada Moms. Jika bayi tampaknya tidak memiliki bercak kering, lotion mungkin tidak diperlukan.

Namun, banyak orang tua melembapkan kulit bayi mereka dengan losion yang lembut.

Tidak jarang kulit bayi mengelupas pada minggu-minggu pertama setelah kelahiran. Moms dapat menggunakan lotion khusus bayi jika ingin menjaga kulit bayi terlihat halus dan lembut. Oleskan lotion beberapa menit setelah mandi untuk membantu mengunci kelembapan.

Baca Juga: Intip 4 Tips Sukses Memotong Kuku Bayi Tanpa Khawatir

5. Hati-Hati pada Kuku Kaki yang Tumbuh ke Dalam

merawat kuku bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Ada kalanya kuku bayi tumbuh ke dalam kulit kaki atau tangannya. Moms pasti tahu bagaimana rasanya. Oleh karena itu, pastikan untuk memotong kuku kaki bayi dengan benar secara teratur. Potong kuku dengan lurus. Ini akan membantu mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam yang akan menyakiti Si Kecil.

Tanda-tanda kuku jari kaki tumbuh ke dalam seperti sakit, kemerahan, dan pembengkakan. “Jika kuku jari kaki tumbuh ke dalam, ringankan rasa sakit dengan meletakkan sedikit kapas di antara kulit dan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam,” jelas Elizabeth.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Moms perhatikan saat merawat kuku bayi. Meski terdengnar mudah, namun perlu kehati-hatian saat melakukannya.

FAR

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait