Balita dan Anak

NaN undefined NaN

Sempurnakan Nutrisi Otak Si Kecil dengan 4 Makanan Kaya Vitamin B6!

Lengkapi kebutuhan vitamin B6 Si Kecil agar perkembangan otaknya sempurna
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Vitamin B6 adalah satu dari 8 vitamin yang ada di kelompok vitamin B. Kelompok ini berperan dalam proses mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan untuk fungsi normal tubuh. Dalam melakukan fungsi ini vitamin B6 memiliki satu peran yang sangat penting sehingga mengonsumsi vitamin B6 yang cukup sangat dibutuhkan.

Dikutip dari laman MedAlertHelp, vitamin B6 berperan dalam lebih dari 100 reaksi enzim yang mana kebanyakan memiliki kaitan dengan metabolisme protein. Vitamin B6 juga memainkan peran penting dalam proses metabolisme yang mencakup asam amino, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, vitamin B6 juga menjadi bagian dari produksi hemoglobin, yaitu protein yang mengantar oksigen ke dalam sel.

“Fungsi terpenting dari vitamin B6 adalah untuk mendukung produksi neurotransmitter di otak dimana neurotransmitter berkontribusi terhadap produksi hormon yang memengaruhi mood dan siklus tidur. Maka dari itu vitamin ini vital untuk kesehatan perkembangan otak. Selain itu vitamin B juga mengurangi tingkat homosistein sehingga mencegah penyakit mata, terutama yang diakibatkan oleh penuaan,” tulis Mira Rakicevic pada artikelnya yang berjudul 20 Vitamin B6 Foods for a Healthy Brain.

Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang artinya tubuh tidak menyimpannya dalam jumlah yang banyak. Kelebihan vitamin ini di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin. Maka dari itu sangat penting untuk tetap mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini setiap harinya. Ada beberapa makanan yang bisa dijadikan sumber vitamin B6 harian Si Kecil, tapi terutama daging, ikan, dan kentang kaya akan vitamin ini. Termasuk juga sereal untuk sarapan dan beberapa makanan lainnya dilengkapi dengan vitamin B6. Karena kekurangan vitamin B bbisa menyebabkan masalah pada perkembangan fisik dan mental, maka sangat penting mengonsumsi makanan sumber vitamin B6. Berikut ini adalah beberapa makanan sumber vitamin B6 yang bisa Moms masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari Si Kecil.

1. Daging

Sempurnakan Nutrisi Otak Si Kecil dengan 4 Makanan Kaya Vitamin B6 1.jpg

Foto: farm2forkdelivery.ca

Hati sapi mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang besar. 300 gr hati yang dipanggang menggunakan teflon sapi bisa memenuhi 45% kebutuhan harian vitamin B6 orang dewasa. Daging cincang juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik. 300 gr beef patty yang terbuat dari daging tanpa lemak juga bisa menjadi sumber vitamin B6 sebanyak 15% kebutuhan harian Si Kecil. Daging ayam juga termasuk makanan sumber vitamin B6. 300gr dada ayam panggang bisa memenuhi 25% dari kebutuhan harian vitamin B6 yang disarankan.

2. Ikan

Sempurnakan Nutrisi Otak Si Kecil dengan 4 Makanan Kaya Vitamin B6 2.jpg

Foto: hellosehat.com

Selain daging, ada beberapa jenis ikan yang merupakan sumber vitamin B. Moms bisa selipkan beberapa jenis ikan ini di dalam olahan menu keseharian Si Kecil. Ikan tuna dan salmon adalah dua jenis ikan yang seringkali dijadikan sumber vitamin B6. 100 gr ikan tuna mengandung 1.040 mcg vitamin B6 dimana kebutuhan harian anak usia 1-5 tahun setiap harinya adalah 500-600 mcg. Selain itu, ikan ini juga kaya mineral seperti magnesium, fosfor, dan potassium.

Meskipun begitu, ikan tuna juga tinggi kolesterol sehingga Moms harus memperhatikan takarannya. Untuk ikan salmon, 300 gr ikan salmon bisa memenuhi 30% kebutuhan vitamin B6 harian untuk pria dewasa. Selain itu ikan salmon juga mengandung vitamin B12 dan merupakan sumber utama omega-3.

3. Kentang dan Labu

Sempurnakan Nutrisi Otak Si Kecil dengan 4 Makanan Kaya Vitamin B6 3.jpg

Foto: thespruceeats.com

Kentang juga merupakan sumber vitamin B6. Satu mangkuk kentang rebus bisa memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin B6. Selain itu kentang juga sumber vitamin B lain seperti B1 (thiamin) dan B3 (niacin). Sedangkan untuk labu, jenis labu kuning dan labu madu merupakan salah satu makanan sumber vitamin B6 yang sering menjadi pilihan orang tua untuk menu Si Kecil. satu mangkuk labu kuning panggang yang di potong kubus bisa memenuhi 23% kebutuhan harian vitamin B6 dan juga kaya akan vitamin A, potassium, magnesium, dan mangan. Untuk labu madu atau yang dikenal sebagai butternut squash, satu mangkuknya dapat memenuhi 15% kebutuhan harian vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan magnesium.

Vitamin B6 sangat dibutuhkan oleh sistem perkembangan tubuh. Contohnya, salah satu manfaat penting vitamin B6 adalah untuk menjaga sistem saraf. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sumber vitamin B6 sangat dibutuhkan setiap harinya. Ingat ya Moms, sangat jauh lebih baik untuk bergantung pada sumber vitamin B6 yang alami karena terlalu banyak konsumsi suplemen bisa membawa Si Kecil pada kondisi kesehatan yang buruk.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait