COVID-19

7 Maret 2021

Swab Test Gratis di Puskesmas Hanya untuk Keperluan Tracing, Simak Informasinya!

Hal ini dijelaskan oleh Doni Monardo, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Beberapa waktu belakangan ini, biaya untuk melakukan swab test memang terbilang lebih terjangkau. Bahkan ada swab test gratis di puskesmas lho Moms.

Keperluan untuk swab test semakin meningkat sebagai salah satu cara skrining COVID-19 yang lebih akurat dibandingkan jenis tes lain. Tetapi bagi banyak orang, melakukan swab test cukup menghabiskan biaya yang tidak murah.

Tahukah Moms, bahwa Moms kini bisa melakukan swab test gratis di Puskesmas? Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Ada beberapa kriteria dan persyaratan yang perlu disimak untuk mendapatkan swab test gratis. Cari tahu penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Daftar Lokasi Swab Test di Jakarta, Tarif Mulai dari Rp875 Ribu!

Swab Test Gratis di Puskesmas Hanya untuk Tracing

swab test gratis-1

Foto: Orami Photo Stock

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo, menjelaskan dalam rilisan di situs resmi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Doni mengatakan pemeriksaan uji spesimen melalui Tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis bagi masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Menurut Doni, pemerintah pusat telah memberikan reagen ke berbagai daerah untuk melakukan uji sampel spesimen virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Sehingga, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas dapat memberikan pelayanan dan penanganan COVID-19 gratis berbasis data.

“Untuk yang di Puskesmas seharusnya gratis (tidak dipungut biaya), karena reagen itu diberikan dari pusat, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Satgas COVID-19. Kemudian juga Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota juga ada yang menyelenggarakan (pengadaan) reagen sendiri,” jelas Doni pada Jumat (9/10).

Selain itu, Doni meminta agar ada yang melapor apabila masih ada pihak yang memberikan beban biaya bagi masyarakat untuk melakukan tracing, dari kontak erat salah satu pasien COVID-19 dengan Swab PCR.

“Kalau toh mungkin masih ada pungutan-pungutan, mohon kami bisa diinformasikan, sehingga kami bisa mencari solusinya,” tegas Doni.

Lebih lanjut, Doni menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin masyarakat terbebani untuk melakukan pemeriksaan spesimen, sehingga solusi terbaik akan selalu diupayakan dalam rangka memutus rantai penularan COVID-19.

“Sejauh ini, mereka yang kontak erat dilakukan tracing itu seharusnya gratis (melakukan swab test). Tidak boleh ada pungutan sebesar apapun. Seharusnya gratis,” imbuhnya.

Jadi, bagi Moms yang memiliki gejala COVID-19 atau telah kontak erat dengan pasien COVID-19, bisa langsung mendaftarkan diri ke puskemas sesuai alamat tempat tinggal/KTP.

Ingat ya Moms, layanan tes COVID-19 gratis di puskesmas ini tujuannya adalah untuk tracing, bukan syarat traveling atau menghadiri event tertentu.

Baca Juga: 5 Layanan Swab Test di Rumah, Cek Di Sini!

Tes Pemeriksaan COVID-19 Apa yang Dibutuhkan?

swab test Depok.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui informasi tentang swab test gratis, Moms juga perlu tahu pemeriksaan apa yang sebenarnya Moms dan keluarga butuhkan.

Jika masih ragu untuk melakukan tes swab PCR, Moms mungkin bertanya-tanya tes pemeriksaan Covid-19 mana yang sebenarnya dibutuhkan. Apakah tes RT-PCR, swab antigen, atau rapid tes antibodi yang Moms butuhkan?

Dikutip dari Covid19.go.id, hal pertama yang perlu Moms pertimbangkan adalah apakah sedang mengalami gejala COVID-19 atau merasa hal gejala tersebut sudah pernah dilalui.

Pilih Tes RT-PCR jika ingin mengetahui apakah kita tengah terinfeksi COVID-19 pada saat ini. Bisa juga dengan tes Swab Antigen yang hasilnya lebih cepat diketahui, tapi dengan tingkat akurasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Tes RT-PCR.

Kalau sudah pernah melalui gejala-gejala serupa COVID-19, bisa memilih Tes Antibodi, walau tidak akan menunjukkan kondisi saat ini sedang terinfeksi atau tidak.

Jika merasa mengalami gejala-gejala COVID-19, upayakan untuk melakukan isolasi mandiri dan berkoordinasi dengan posko penanganan COVID-19 atau pelayanan kesehatan setempat.

Moms juga perlu melapor pada pelayanan kesehatan setempat, khususnya puskesmas untuk mendapatkan swab test gratis dan perawatan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Biaya Drive Thru Rapid Test COVID-19 di DKI Jakarta

Daftar Lokasi untuk Tes Antigen di Jakarta

swab antigen

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms perlu tes Antigen dan berdomisili di wilayah Jakarta, berikut daftar lokasi dan kisaran biaya yang dibutuhkan.

1. BSTI In Harmony Clinic

Bagi Moms yang ingin tes Antigen bisa mengunjungi BSTI In Harmony Clinic dengan jadwal operasional setiap hari mulai pukul 09.30-19.30 WIB.

Di sini, biaya yang diperlukan untuk tes Antigen adalah sekitar Rp150.000-Rp175.000,-.

Alamat: Jl. Cempaka Putih Tengah XV/I Blok B No.8C, Rt.001/ 008 Cempaka Putih Timur - Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10510.

2. Orange Dental Grogol

Lokasi berikutnya adalah Orange Dental Grogol yang menyediakan layanan tes Antigen setiap hari mulai pukul 11.00-20.00 WIB.

Adapun biaya yang dibutuhkan, yakni Rp249.000,-.

Tak hanya Orange Dental Grogol, cabang Orange Dental lainnya juga melayani tes Antigen.

Alamat: Ruko Grogol Permai, Blok C No. 21, Jl. Prof. Dr. Latumeten No.4, RT.1/RW.7, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460.

3. Universal Care Clinic

Moms juga bisa mengunjungi Universal Care Clinic untuk melakukan tes Antigen. Klinik ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Biaya untuk tes Antigen di sini adalah sekitar Rp200.000,-.

Alamat: Mediawalk, Kompleks Epiwalk, Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, RT.2/RW.RV.5, Kuningan, Jakarta 12940, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940.

4. Amalia Medical Center

Lokasi berikutnya adalah Amalia Medical Center. Dengan jadwal buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Biaya untuk tes Antigen, yakni Rp250.000,-.

Alamat: Jl. Dewi Sartika No.364A, RT.3/RW.4, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630.

5. Rumah Sakit PELNI

Tempat tes Antigen lainnya, yaitu Rumah Sakit PELNI. Rumah sakit ini melayani tes deteksi COVID-19 setiap hari selama 24 jam.

Dengan biaya sekitar Rp150.000,-

Alamat: Jl. KS. Tubun No 92 - 94, RT.13/RW.1, Slipi, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410.

Baca Juga: 8 Lokasi Swab Test Surabaya, Tarif Mulai Rp888 Ribu

6. Klinik Utama Speed Lab

Moms yang berdomisili di DKI Jakarta juga bisa melakukan tes Antigen di Klinik Utama Speed Lab.

Dengan jadwal operasional setiap hari mulai pukul 07.00-22.00 WIB dan biaya sekitar Rp175.000,-.

Alamat: Jl Kemang Raya No 81-B, Jakarta Selatan 12730.

7. RS Restu Kasih

Daftar rumah sakit di Jakarta lainnya adalah RS Restu Kasih.

Moms bisa melakukan tes Antigen setiap hari selama 24 jam dan pengambilan sample dilakukan pada pukul 08.00, 14.00, 16.00 dan 19.00 WIB. Dengan biaya sekitar Rp225.000‐Rp399.000,-.

Alamat: Jl. Raya Bogor KM.19 No.3A, Kramat Jati, RT.3/RW.1, Kramat Jati, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510.

8. RS Brawijaya Saharjo

Tempat untuk melakukan tes Antigen selanjutnya yang bisa Moms datangi adalah RS Brawijaya Saharjo.

Rumah sakit ini beroperasi selama 24 jam dengan biaya Rp394.000,-.

Alamat: Jl. Dr. Saharjo No.199, RT.1/RW.1, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870.

9. RSIA Sayyidah

Layanan tes Antigen di RSIA Sayyidah adalah 24 jam dengan pengambilan sample pagi pukul 09.00-12.00 WIB dan sore pukul 14.30-16.30 WIB.

Dengan perkiraan biaya sekitar Rp170.000,-.

Alamat: Jl. Taman Malaka Selatan Jl. Kelurahan Raya No.6, RT.8/RW.6, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

10. RSIA Santo Yusuf

Lokasi tes Antigen di wilayah Jakarta selanjutnya, yakni RSIA Santo Yusuf dengan jadwal buka setiap hari selama 24 jam.

Adapun biaya yang dibutuhkan adalah Rp125.000,-.

Alamat: Jalan Ganggeng Raya No.9, RT.11/RW.1, Sungai Bambu, Tanjung Priok, RT.11/RW.1, Sungai Bambu, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14140.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai kriteria untuk bisa swab test gratis di Puskesmas dan daftar lokasi tes Antigen. Semoga bermanfaat, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait