Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
6 Juni 2016

Tetap Bugar di Kala Ramadhan

Anda berpuasa? Jangan jadikan alasan untuk loyo.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

 

Ramadan sudah hampir tiba, umat muslim pun kembali merayakan bulan suci ini dengan beribadah puasa selama 30 hari. Menahan haus dan lapar selama 12 jam pastinya membutuhkan persiapan lebih, khususnya bagi Moms yang memiliki aktivitas cukup padat. Lemas, pusing, dan menurunnya konsentrasi  kerap kali dikeluhkan dan tentunya akan mengganggu keseharian Moms. Namun, hal-hal tersebut tidak akan terjadi bila Moms melakukan tips-tips bugar berikut ini.

 

Menu Sahur yang Berhidrasi

Langkah utama pastikan Moms memiliki asupan gizi dan karbohidrat yang cukup untuk 12 jam ke depan. Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya dengan kandungan nutrisi dan mineral seperti apel dan timun. Minum delapan gelas sehari  selama berpuasa juga masih berlaku, sehingga kolaborasi dari karbohidrat, nutrisi, dan mineral yang dikonsumsi saat sahur mampu menjaga Moms dari dehidrasi.

 

Hindari Minuman Berkafein

Kurangi minum minuman berkafein seperti kopi ketika jeda setelah buka puasa dan sahur.  Mengonsumsi kafein hanya akan membuat Moms ketergantungan dan susah tidur, sehingga menyebabkan sakit kepala di keesokan harinya.

 

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Beristirahat total selama 8 jam sehari dianjurkan. Namun, bila tidak memungkinkan, Moms dapat melakukan istirahat setidaknya selama 10-15 menit usai melaksanakan ibadah salat. Pejamkan mata dan rilekskan pikiran Moms sejenak, langkah ini ampuh untuk mengumpulkan energi yang tersisa.

 

Perbaiki Cara Bernapas

Hindari bernapas melalui mulut karena akan membuat Moms cepat merasa haus. Bernapaslah secara mendalam dan perlahan melalui hidung. Kualitas oksigen yang masuk dalam sistem tubuh Moms berperan penting untuk mengusir karbondioksida. Sel-sel dalam tubuh Moms membutuhkan oksigen untuk mengoptimalkan kinerja otak dan jantung.

 

Makan Secara Perlahan

Berbuka puasalah dengan makanan ringan, 10 menit kemudian lanjutkan dengan makan malam yang lebih berat.

 

Olahraga

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setelah sahur dan berbuka puasa.  Langkah ini akan mendorong energi Moms untuk hari-hari selanjutnya.

Moms juga bisa mengajak Si Kecil melakukan olahraga, namun pastikan kalau ia telah memakai sepatu yang tepat ya. Nah, di bulan puasa ini, Orami memiliki promo Ramadan yang menarik untuk berbagai sepatu anak. Diskonnya hingga 70%, lho! Yuk serbu!

 

Source: ibmtimes.com | livestrong.com

Foto feature: ercare24, aqua4balance

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait