Selebriti

8 April 2019

Tips dari Tasya Kamila Menghadapi Mom Shaming

Jangan oversharing di sosial media ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, tentunya tahu apa itu mom shaming? Menurut Psikolog Klinis Monica Sulistiawati bahwa mom shaming adalah kegiatan yang mengkritik perilaku dari Moms lain yang tanpa disadari bisa saja menjatuhkan Moms yang bersangkutan.

Mom shaming dapat menimbulkan dampak yang luar biasa, apalagi bagi Ibu baru yang masih dalam proses belajar, trial error, dan penyesuaian.

“Ketika ada orang lain yang memperlakukan dia kurang baik atau melakukan mom shaming kepadanya, justru dapat memperburuk keadaannya, misalnya depresi,” jelas Monica.

Tips Menghadapi Mom Shaming dari Tasya Kamila

Ditemui di sela-sela syutingnya di Pondok Aren (29/3), Tasya Kamila yang kini usia kandungannya menginjak bulan 8 hasil pernikahannya dengan Randi Bachtiar memberikan tips bagi Moms yang sedang menghadapi mom shaming.

“Jadi, tips menghadapi mom shaming buat moms yang sudah mempunyai anak atau calon moms yang akan menghadapi persalinan adalah jangan terlalu over sharing di sosial media,” ujar Tasya.

Hal ini dikarenakan apapun yang kita share di sosial media mau nggak mau akan selalu dikomentari. Tasya mengatakan “jadi kalau misalkan kurang penting banget di share di sosial media, sebaiknya nggak usah.”

Baca Juga: Mom Shaming, Bagaimana Menyikapinya?

Mengerti Apa yang Sedang Kita Lakukan

Calon Ibu lulusan Magister Public Administration Columbia University ini menambahkan, “tips yang kedua adalah kita harus tau kalau mengerjakan sesuatu itu ada berbagai cara, kadang orang mungkin kekeuh dengan caranya dia.”

Di mana biasanya orang lain akan berkomentar atas apa yang kita lakukan, padahal yang mengerti mana yang terbaik buat diri kita dan anak adalah diri sendiri.

“Jadi yang terpenting kita harus mengerti dulu kalau di luar sana ada banyak cara dalam melakukan sesuatu dan orang bakal komentar tanpa tau cerita kita yang sebenarnya seperti apa,” ujarnya.

Tasya menambahkan “mungkin kalau kayak komentar nitizen terlalu overwhelming, puasa dulu aja dari sosial media, kalau emang nggak kuat banget.”

Baca Juga: Jangan Diam Saja, Ini 7 Cara Untuk Mengatasi Mom Shaming

Membutuhkan Support Orang Terdekat

Lalu, bagaimana jika Moms sudah telanjur melihat atau mengalami mom shaming? Tasya mengatakan “menurut aku support dari orang terdekat dari suami, orang tua, temen, atau keluarga dekat yang tau kita itu juga penting.”

“Kadang-kadang kita share sesuatu yang tidak sependapat dengan orang lain dan jatuhnya orang lain itu nyinyir, padahal cerita di balik itu semua nggak tau,” tambahnya

(IRN)

Foto: instagram.com/tasyakamila

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait