Tren

TREN
28 November 2017

Tips Mencuci dan Merawat Gelas Kaca

Agar tidak bau apek
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Peralatan makan seperti gelas, cangkir, mangkuk atau stoples biasanya terbuat dari kaca yang tipis hingga tebal. Warnanya ada yang putih jernih ada pula yang berwarna. Demikian juga permukaannya ada yang bermotif ada pula yang polos.

Karena mudah pecah, peralatan ini harus ditangani dengan benar. Bila Moms menyimpan peralatan makan dari kaca untuk acara-acara tertentu di rumah, maka Moms akan sering menemukan gelas atau piring ini berbau dan menjadi kotor.

shutterstock 739269280

Ada baiknya mulailah memeriksa gelas dan mangkuk kaca yang ada di lemari. Mungkin sudah saatnya dibersihkan agar tampak mengkilap dan harum. Mari simak tips berikut ini :

  • Gelas dan peralatan kaca yang lama disimpan dalam lemari (apalagi dengan posisi menghadap ke bawah) biasanya akan beraroma lemari dan kayu yang sangat melekat kuat. Karena itu sebelum dipakai sebaiknya cuci kembali peralatan gelas meskipun belum dipakai agar aroma kurang sedapnya hilang.
  • Sebelum mulai mencuci, pisah-pisahkan dahulu peralatan yang polos dan bermotif, besar dan kecil untuk mempermudah pekerjaan. Bilas gelas dengan air bersih lalu cuci dalam air sabun yang ringan atau encer hingga seluruh bagiannya terendam. Gosok-gosok lalu bilas air bersih dan tiriskan. Khusus untuk perlatan kaca dengan motif gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang lekat di lekuk-lekuk hiasannya. Khusus untuk peralatan yang bernoda, gosok dahulu dengan larutan air jeruk nipis atau cuka. Larutan ini juga memberi aroma segar pada gelas.
  • Keringkan gelas dengan cara digantung terbalik. Jika tak ada gantungan, gunakan baki plastik, taruh gelas dalam posisi menghadap ke bawah. Taruh sebuah baki di atas kaki-kaki gelas dan tumpuk kembali dengan gelas lain hingga lebih menghemat tempat.
Baca juga: Tips Memilih Wadah Makanan Berbahan Plastik
shutterstock 728448715
  • Gelas bisa langsung dilap dengan serbet halus yang bersih hingga kering benar. Jangan memakai baki kayu karena juga akan meninggalkan aroma kayu pada gelas yang cukup kuat.
  • Simpan peralatan gelas di tempat yang kering dan bertutup agar tidak mudah berdebu. Jangan sekali-sekali menaruh kamper dalam lemari perlalatan makankarena aromanya akan melekat pada gelas. Sebagai pengganti bisa dipakai daun teh kering atau kopi sehingga aromanya jadi lebih segar.

HEI

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait