07 April 2019

Tips Traveling Jika Naik Bus Bersama Balita

Tips Traveling Jika Naik Bus Bersama Balita

Menjelang liburan akhir tahun, Moms mungkin sudah mempersiapkan perjalanan naik bus bersama keluarga. Meski terdengar menyenangkan, namun bukan hal yang mudah lho membawa anak bepergian menggunakan transportasi umum.

Sebelum pergi, yuk simak dulu tips travelling naik bus bersama balita ini:

Membawa Makanan Ringan

Makanan ringan adalah kunci untuk perjalanan yang menyenangkan. Biasanya, Si Kecil akan mulai rewel ketika mereka lapar, karenanya akan sangat penting untuk mempersiapkan bekal selama perjalanan.

Namun begitu, tetap harus cermat ya Moms dalam memilih makanan ringan untuk Si Kecil. Selain tentunya yang menyehatkan, upayakan juga untuk memilih camilan yang mudah dimakan, tidak mudah tumpah, serta tidak memiliki bau menyengat yang mengganggu penumpang lainnya.

Rencanakan Banyak Kegiatan

Hal lain yang juga menjadi kunci perjalanan yang sukses adalah kegiatan untuk membuat anak-anak sibuk. Sama seperti perut lapar yang pasti menyebabkan mereka rewel, kebosanan juga akan membuat mereka emosi. Untungnya, mudah untuk menjaga anak-anak sibuk selama berjam-jam dengan pengalihan bermain atau mengerjakan sesuatu.

Cobalah untuk membawa berbagai persiapan, dari mulai mainan, buku bacaan hingga buku mewarnai yang dapat membuat perhatian mereka teralihkan dari perjalanan yang panjang dan melelahkan.

Baca Juga: 6 Tips Packing Koper Saat Liburan Bersama Anak

kara bus

Foto: kara bus
Foto: kcur.org

Dengarkan Musik Bersama

Jadikanlah perjalanan ini jadi lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik bersama menggunakan earphone. Siapkanlah lagu yang gembira untuk membuatnya tetap bersemangat, serta persiapkan pula lagu yang menenangkan untuk membuat mereka bisa tidur dengan nyenyak.

Meskipun kebiasaan ini tak boleh sering dilakukan untuk anak-anak, namun sesekali mendengarkan musik dengan earphone akan membuat mereka merasakan hal baru yang menyenangkan.

Persiapkan Hal-Hal Tak Terduga

Sebagai orang tua, Moms mungkin terbiasa menangani minuman yang tumpah, pakaian yang kotor karena makanan, serta Si Kecil yang ngompol. Selama perjalanan, ingatlah bahwa tingkat kerepotan tersebut akan meningkat sehingga Moms perlu mempersiapkan berbagai hal agar dapat menanganinya.

Jangan lupa untuk membawa tissue, pakaian ganti yang mudah diambil, popok hingga minyak angin. Persiapkan apapun yang Moms butuhkan untuk mengantisipasi hal tak terduga yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Baca Juga: 5 Jenis Pakaian Nyaman untuk Anak Saat Berlibur

kids from disadvantaged families enjoy double decker bus trip

Foto: kids from disadvantaged families enjoy double decker bus trip
Foto: travel.taipei

Berikan Pakaian yang Nyaman

Wajar saja bila orang tua mungkin ingin anaknya terlihat lucu saat berada di perjalanan, terlebih ketika bertemu dengan banyak orang. Namun ingatlah bahwa belum tentu pakaian tersebut membuatnya nyaman. Lakukan banyak pertimbangan saat memakaikannya pakaian.

Pilihlah yang nyaman bagi mereka, dalam artian tidak membuat mereka kepanasan, kedinginan atau merasa gatal karena badannya. Ingatlah bahwa mereka tidak nyaman akan sesuatu maka akan lebih mudah membuat mereka rewel.

Beberapa hal tadi tampak sederhana untuk dilakukan, namun begitu perlu benar-benar mendapat perhatian agar perjalanan Moms dan Si Kecil menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

(MDP/IRN)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb