26 Mei 2016

Yuk, Bersihkan Perabot Rotan Anda!

Perabot rotan kembali jadi baru

This Article is In Partnership with Qlapa

Perabotan rotan memang memiliki pesona tersendiri untuk bahan furnitur rumah tangga. Selain indah dipandang, kelenturan dan kekuatan rotan pun jadi daya tarik tersendiri bagi peminat furnitur unik. Namun, berbeda dengan furnitur rumah tangga lainnya, bahan rotan tentu saja membutuhkan perawatan khusus untuk membersihkannya. Check all these simple tips!

Lap dengan Kain Setengah Basah

Pilih kain yang halus, kemudian basahi sebagian. Jangan terlalu basah ketika mengelap rotan karena rotan yang basah rentan terkena jamur. Kain halus ini akan mempertahankan tekstur anyaman rotan dan menjaga anyaman rotan agar tidak terlepas saat dilap. Anda bisa membersihkan rotan dengan bantuan detergen juga, tetapi perlu diingat bahwa sebaiknya bahan rotan tidak terlalu banyak terkena bahan kimia, termasuk detergen.

Gunakan Sikat Gigi atau Cotton Bud

Nah, untuk bagian sela-sela kecil di anyaman rotan yang tak terjangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau cotton bud yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Untuk sikat gigi, Anda bisa memilih sikat gigi yang berbulu tegak agar lebih mudah menjangkau cela di rotan.

Rapikan Anyaman yang Lepas

Saat membersihkan bahan rotan, pasti ada saja anyaman yang terlepas, apalagi untuk furnitur yang sudah agak lama. Jangan langsung menariknya, tetapi rapikan dengan cara menggunting bagian tersebut. Jika Anda menariknya, bahan anyaman yang lain pun akan mudah terlepas lagi di kemudian hari.

Keringkan Furnitur Rotan

Walaupun Anda sudah membersihkan rotan dengan kain setengah basah saja, pastikan untuk mengelap lagi hingga kering furnitur Anda. Untuk kering yang maksimal, Anda bisa menjemur furnitur rotan di bawah matahari selama 30 menit. Jangan terlalu lama, ya, karena malah akan mengubah warna furnitur.

Gunakan Kamper

Untuk menghindari rayap, Anda bisa menggunakan kamper atau minyak tanah. Tidak perlu dioleskan ke semua bagian furnitur, cukup di bagian yang menempel di lantai atau tembok saja.

Lakukan secara Rutin

Agar Anda tidak terlalu sulit membersihkan furnitur rotan karena debunya yang sudah ketebalan, lakukanlah pembersihan secara berkala. Bersihkan selama seminggu atau dua minggu sekali agar debu tidak terlalu tebal. Dengan begitu, proses pembersihan pun akan lebih mudah.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb