Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Karir & Keuangan | Dec 7, 2018

10 Tips Menyusun Daftar Belanja untuk Menghemat Uang dan Waktu

Bagikan



Daftar belanja sangat membantu Moms untuk menghemat uang dan waktu. Jika terbiasa sering berbelanja untuk beberapa barang saja, Moms pasti akan tahu bagaimana besarnya godaan untuk membeli barang lain padahal barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Saat sedang berkeliling swalayan, Moms bisa saja tiba-tiba ingat minyak sudah tinggal sedikit atau persediaan cemilan mulai menipis. Hasilnya, belanjaan Moms jadi banyak dan jauh dari rencana awal.

Sekarang, mulailah untuk berubah. Dikutip dari Leisurelydoesit.com, ada 10 tips menyusun daftar belanja yang bisa Moms lakukan untuk menghemat uang dan waktu. Apa saja? Berikut daftarnya!

Lakukan Sambil Berjalan

Moms bisa menaruh kertas daftar belanjaan di pintu kulkas atau tempat lan di dapur yang cukup terlihat. Setiap ada barang yang habis, langsung masukkan ke daftar belanjaan.

Hal ini jauh lebih efektif ketimbang Moms harus membuat daftar dalam satu waktu. Mengingat barang apa saja yang habis tidak mudah lho Moms. Selalu ada saja barang yang terlewat.

Buat Perencanaan Makan

Perencanaan makan ini sangat efektif untuk menghemat uang lho Moms. Moms bisa membuat daftar menu mingguan.

Setelah itu, Moms bisa mengecek apakah ada bahan-bahan yang perlu dibeli. Ini akan memudahkan Moms untuk belanja hemat.

Buat Daftar Jumlah Kebutuhan

Jangan hanya menulis beberapa, banyak, atau sedikit. Tulis detail jumlah kebutuhan yang perlu Moms beli, seperti 2 buah jagung manis, 500 gram gula pasir, dan seterusnya.

Baca Juga : 5 Cara Ibu Mengisi Waktu Me Time, Salah Satunya Belanja!

Kelompokan Daftar Belanja

Moms bisa mengelompokan daftar belanja yang tempatnya di lorong yang sama.

Misalnya Moms membutuhkan garam, penyedap rasa, saus tiram, minyak wijen, kecap ikan, dan kecap manis, moms bisa menulisnya berdekatan. Dengan begitu, Moms tidak perlu bolak-balik untuk menemukan barang-barang tersebut.

Perhatikan Lokasi Belanjaan

Buat daftar belanja berdasarkan lokasi. Barang-barang yang lokasinya paling jauh dari kasir bisa Moms taruh di urutan paling atas dan yang paling dekat kasir di urutan terbawah. Hal ini akan sangat menghemat waktu Moms.

Buat Daftar Berdasarkan Setiap Toko

Jika Moms berbelanja di beberapa toko berbeda, buatlah daftar belanja untuk setiap toko. Hal ini akan memudahkan Moms dalam berbelanja. Moms juga tidak akan dibingungkan dengan daftar yang Moms buat.

Gunakan Bantuan Aplikasi Mobile

Berterima kasihlah pada teknologi! Kini sudah banyak aplikasi yang akan membantu Moms menyusun daftar belanjaan. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di App Store dan PlayStore.

Baca Juga : 5 Zodiak Paling Boros dan Hobi Belanja, Apa Moms Salah Satunya?

Manfaatkan Kupon Diskon

Hampir semua swalayan punya promo tertentu setiap minggu atau bulan. Moms bisa menandai di daftar belanja. Dengan diskon ini, Moms tentu bisa menghemat uang.

Tandai Daftar Belanja

Setelah menemukan barang yang ada dalam daftar belanja, Moms harus langsung menandainya. Jika tidak, bukan tidak mungkin Moms akan mencari lagi barang tersebut. Ini akan membuang-buang waktu dan uang jika ternyata Moms membeli dobel.

Belanja Online

Beberapa swalayan punya layanan belanja online. Harga barang di online juga kadang ada yang lebih murah ketimbang belanja offline. Nah, sesekali, coba luangkan waktu untuk melihat harga-harga di toko online.

Meluangkan sedikit waktu untuk membuat daftar belanjaan sesungguhnya akan sangat membantu. Ini akan jauh menghemat waktu, uang, dan energi. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.