Tren

3 Mei 2016

4 Cara Hindari Kebosanan Akut di Kantor

Perangi rasa jenuh dengan empat langkah cerdas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)

Merasa sedang kurang maksimal di kantor? Mungkin ini disebabkan karena Anda mengalami burntout alias kebosanan akut. Berikut cara mengatasi hal-hal yang membosankan agar Anda kembali bersemangat kerja.

Ayo bergerak!

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Institusi Kesehatan Nasional di Amerika Serikat mendalami efek dari berolahraga dengan kecenderungan seseorang mengalami kebosanan. Dari penelitian ini dapat terlihat hasil jika latihan kardio dan beban bisa mengurangi tingkat stres dan kesehatan menyeluruh daripada mereka yang hanya duduk di kursi seharian tanpa berolahraga. Mempertahankan gaya hidup aktif dikabarkan juga bisa menghindarkan seseorang dari kecanduan alkohol. Lakukan olahraga fisik dan mental, seperti meditasi untuk memulihkan level energi dan memerangi pikiran negatif. Jadwalkan lima menit untuk bernafas atau berjalan ringan selama 10 menit setiap 90 menit sekali.

Waktunya ‘mengaku’

Disadari atau tidak, jika Anda mengalami kebosanan akut, pasti ada rekan kerja yang memperhatikan, meski Anda tak memberi tahu mereka. Maka temukan rekan baik di kantor dan ceritakan kegelisahan Anda. Jika Anda berkeras untuk menyembunyikan ini, maka tak akan ada hasilnya. Berbagi dengan rekan yang Anda percaya, atau mungkin atasan adalah cara terbaik. Kadang yang Anda perlukan hanyalah ini.

Manfaatkan liburan

Ada kabar baik : Anda rata-rata memiliki hak 12 hari libur pertahunnya di luar cuti bersama. Kabar buruknya, biasanya tak semua hari cuti ini Anda ambil. Padahal jika Anda tak mengambil liburan dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko burntout alias kebosanan akut. Untuk bisa bekerja secara efektif, Anda sebaiknya menjaga kesehatan pikiran. Justru jika Anda tak mengambil break cuti, berarti Anda tak peduli pada kesehatan mental dan bisa berakibat pada kualitas pekerjaan. Bantulah diri Anda dan mungkin bawahan untuk mengambil cuti. Dan jika bisa berliburlah secara total, tak usah memikirkan pekerjaan saat cuti.

Hindari kegiatan monoton

Bisa jadi kegiatan Anda seharian sangatlah monoton. Maka, segarkan diri dengan menyesuaikan beban kerja dengan pola tubuh Anda. Kapankah waktu Anda merasa paling energik? Apakah di pagi hari? Atau justru sore hari menjelang pulang? Apapun itu, pastikan Anda mengerjakan tugas paling berat saat Anda merasa paling energik. Tulislah to-do list untuk keesokan hari sebelum pulang. Pastikan hal pertama yang Anda kerjakan adalah yang paling menarik minat, karena ini akan memberikan semangat sampai akhir hari.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait