Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Pasca Melahirkan | Jan 3, 2018

4 Hal yang Akan Moms Alami Saat Si Kecil Hadir

Bagikan


4 Hal yang Akan Moms Alami Saat Si Kecil Hadir

Kelahiran si kecil tentu merupakan hal yang amat Moms nantikan. Kendati menyenangkan, menjadi seorang ibu baru adalah hal yang mendebarkan, terutama pada tiga bulan pertama.

Nah, kira-kira hal apa saja, ya, yang akan Moms alami pada tiga bulan pertama menjadi ibu?

1. Kurang Tidur

ngantuk

Saat baru lahir sampai kira-kira bayi berusia dua bulan, bayi akan menyusu 1-2 jam sekali. Belum lagi kalau anak rewel karena kedinginan, gerah, atau buang air kecil dan besar. Jam tidurnyapun belum teratur, sehingga Moms seringkali harus terjaga di malam hari.

Ketika buah hati tidur, Moms biasanya bergegas melakukan apa yang tidak dapat dilakukan saat ia bangun. Seringkali Moms lupa bahwa sebenarnya Moms juga harus menjaga kesehatan tubuh demi si kecil.

Cara paling tepat untuk tetap menjaga stamina adalah dengan mencuri waktu tidur saat anak tidur. Meski tidak benar-benar terlelap, sekadar merebahkan badan dan meluruskan kaki saja sudah dapat membantu memulihkan stamina Moms, lho.

2. Menyusui

menyusui

Selain kurang tidur, menyusui juga merupakan hal baru bagi Moms. Selama masa menyusui, Moms harus memiliki waktu istirahat serta asupan gizi yang cukup. Sebaiknya Moms mengkonsumsi nasi merah, telur, ikan, buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi Moms.

Ingat, hindari kafein, makanan pedas, makanan siap saji, serta minuman beralkohol, ya, untuk menjaga kesehatan Moms.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

3. Memandikan Bayi

memandikan bayi

Memandikan si kecil bisa jadi saat yang menyenangkan. Akan tetapi, Moms harus berhati-hati melakukannya. Selain memastikan semua perlengkapan mandi sudah disiapkan, jangan lupa pula memastikan bahwa anak tidak mandi dengan suhu air yang terlalu panas maupun terlalu dingin.

Moms juga sebaiknya tidak memandikan si kecil setelah ia menyusu, karena hal tersebut kerap membuat anak muntah.

4. Baby Blues

baby blues

Hal satu ini memang tak terjadi pada setiap wanita, namun mungkin saja Moms mengalaminya. Baby blues merupakan gangguan jiwa ringan yang biasa terjadi selama 2 minggu hingga 1 bulan pasca melahirkan.

Baby blues terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang ditambah kelelahan fisik setelah melahirkan

Pentingnya Dukungan Sekitar

Saat pertama kali menjadi seorang Ibu, Moms mungkin berpikir dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Namun, jangan salah Moms, dukungan dari sekitar terutama dari suami sangatlah penting. Hal tersebut berguna untuk membuat Moms tak terlalu letih serta merasa tenang.

Perhatikan Perubahan Si Kecil

Hal terakhir yang akan Moms lakukan adalah memberi perhatian lebih terhadap setiap perubahan yang dialami si kecil. Untuk hal satu ini, Moms sebaiknya banyak melakukan konsultasi dengan dokter atau orang yang sudah berpengalaman. Jangan sampai Moms tak dapat mengenali mana perubahan yang normal atau tidak pada si kecil

Itulah beberapa hal yang kiranya akan Moms alami, terutama di tiga bulan pertama menjadi ibu baru. Meski disibukkan dengan urusan si kecil, jangan lupa untuk tetap memiliki me time atau waktu untuk diri Moms sendiri, ya.

(MDP/EMA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.