Rupa-rupa

RUPA-RUPA
9 Maret 2020

Ada 4 Kasus Baru Pasien Corona di Indonesia, Berikut Penjelasannya

Empat pasien yang terinfeksi berasal dari kluster Jakarta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Usai Presiden Joko Widodo umumkan dua kasus konfirmasi virus corona di Indonesia yang pertama, pasien COVID-19 kembali bertambah, kali ini dikonfirmasi ada 4 kasus baru orang Indonesia yang terinfeksi virus COVID-19.

Hal ini diumumkan oleh juru bicara pemerintah, Achmad Yurianto, pada Minggu (8/3) kematin yang mengatakan, ada 6 pasien kasus COVID-19.

"Menambah dua kasus postitif. Pertama, disebut kasus 05. Laki-laki 55 tahun, ini adalah hasil laboratorium yang kita dapat," ujar Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sementara, pasien terbaru kedua seorang laki-laki 36 tahun, yang merupakan kasus 06. Pasien ini masuk sebagai imported case, karena diduga tertular saat dirinya bekerja sebagai awak kapal Diamond Princess.

Cari tahu lebih lanjut tentang kronologis 4 pasien terbaru virus COVID-19 di Indonesia berikut ini.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Kasus 3 dan Kasus 4 Pasien Corona di Indonesia

pasien corona di Indonesia-1.png

Foto: mothership.sg

Pada situs Kementerian Kesehatan RI, Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk COVID-19, dr. Achmad Yurianto, mengonfirmasi ada 2 pasien positif COVID-19 sebagai Kasus 3 dan Kasus 4. Hal ini disampaikan pada konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jumat (6/3).

Ditemukannya 2 pasien tersebut merupakan hasil tracing yang sebelumnya pernah kontak dengan pasien positif virus COVID-19.

Dinkes DKI Jakarta bersama Kepolisian RI dan BIN telah mengidentifikasi 80 orang yang berada di pesta dansa, terdiri dari tamu, pegawai, dan orang-orang di sekitar yang memungkinkan terjadinya kontak.

Dari 80 orang tersebut, jumlahnya mengerucut menjadi 20 orang karena beberapa orang tidak berada dalam ruangan tersebut sama sekali, seperti juru masak atau tukang parkir.

Lalu, jumlah terduga pasien didapati sebanyak 7 orang, dan mereka dibawa ke RSPI Sulianti Saroso. Mereka diobervasi, diisolasi, dan dilakukan serangkaian pemeriksaan, karena ketujuh orang ini mengalami gejala fisik influenza ringan hingga sedang.

"Dari 7 orang ini kita dapatkan dua orang confirm positif yang kami sebut sebagai Kasus No. 3 dan Kasus No. 4. Saya dapat laporan terakhir siang ini Kasus 3 dan Kasus 4 suhu badannya 37,6 dan 37,7 (derajat Celcius). Pasien hanya keluhkan batuk, flu, tapi tidak ada sesak napas," jelas dr. Yurianto.

Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Antisipasi Virus Corona, Mana yang Terbaik?

Kasus 5 dan Kasus 6 Pasien Corona di Indonesia

pasien corona di Indonesia-2.jpg

Foto: nypost.com

Dua pasien virus COVID-19 di Indonesia kembali ditemukan dan dikonfirmasi sebagai Kasus 5 dan Kasus 6.

Melansir dari Tirto.id, pasien untuk Kasus 5 adalah pria berumur 55 tahun. Ia dikonfirmasi terinfeksi kasus COVID-19 dan ditemukan karena hasil tracing terhadap Kasus 1 sampai 4, yang merupakan klaster Jakarta.

Kini, bersama dengan 4 pasien lainnya, pasien Kasus 5 dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Sementara itu, Kasus 6 merupakan laki-laki berusia 36 tahun. Mengutip Kompas.com, dr. Yurianto menjelaskan bahwa Kasus 6 ini merupakan imported case, karena pasien diduga tertular saat berada di lokasi tempatnya bekerja.

"Imported case yang dia dapat dari Jepang pada saat dia kerja sebagai awak kapal Diamond Princess," tutupnya dalam konferensi pers pada Minggu (8/3).

Baca Juga: Lebih Baik Cuci Tangan daripada Menyetok Masker untuk Mencegah Corona, Ini Penjelasannya

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait