2-3 tahun

2-3 TAHUN
28 Desember 2017

4 Kebiasaan Aneh Balita Ini Ternyata Merupakan Hal Yang Wajar Lho

Kebiasaan yang didorong rasa penasaran dan imajinasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sering melihat balita menirukan ucapan, gerakan, atau kebiasaan yang dilakukan oleh orang sekitarnya? Tunggu sampai si kecil memasuki usia 3 tahun, Moms pasti akan dibuat heran sekaligus gemas dengan kebiasaan aneh balita yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Sejumlah kebiasaan aneh balita berikut sebenarnya termasuk normal untuk anak seumurnya, dan biasanya secara alamiah dialami oleh hampir semua balita. Jadi kalau melihat kebiasaan aneh balita seperti ini, tak perlu takut atau khawatir lagi ya, Moms.

1. Mengayunkan Kepala

shutterstock 631510955

Curiga ada sesuatu yang salah dengan otak balita karena ia sering mengayunkan kepalanya? Tunggu dulu, mengayunkan kepala atau dikenal juga dengan istilah headbanging ternyata adalah gerakan tubuh alami yang umum dilakukan oleh balita untuk membantu menetralkan sistem syaraf yang bekerja terlalu keras, sekaligus membuat otaknya lebih tenang.

Kalau kebiasaan balita yang satu ini membuat Moms merasa khawatir atau tidak nyaman, coba alihkan perhatian si kecil setiap kali ia menunjukkan tanda akan mengayunkan kepalanya. Moms bisa membuatnya sibuk dengan aktivitas lain agar tidak sering melakukan kebiasaan aneh ini.

2. Memasukkan Semuanya Ke Dalam Mulut

shutterstock 276701510

Bagi orang tua yang memiliki balita, melihat buah hati mencoba memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya pasti sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Kebiasaan aneh balita ini sebenarnya normal, karena secara naluriah balita masih menggunakan mulutnya sebagai alat untuk menjelajah. Dengan kata lain, mereka melakukan eksperimen dengan cara memasukan benda ke mulutnya.

Kebiasaan aneh seperti ini tentu berbahaya, karena ada resiko balita tersedak atau jadi sakit karena terkena kotoran dan kuman dari barang yang tidak higienis. Nah, untuk mengatasi kebiasaan ini, Moms berikan mainan berbahan silikon yang aman untuk digigit dan dimasukkan ke mulut.

Baca Juga : Anak Bermain dengan Teman Imajinasi, Bolehkah?

3. Mempunyai Teman Imajinasi

shutterstock 365414138

Banyak orang tua merasa khawatir saat mengetahui buah hatinya mempunyai teman imajinasi, bahkan tak jarang juga yang mengira kalau ada yang salah dengan otak atau kejiwaan balita. Padahal mempunyai teman imajinasi itu adalah salah satu kebiasaan balita yang termasuk normal lho, Moms.

Otak balita yang masih dalam proses tumbuh kembang akan memaksanya untuk terus berkreasi, dan salah satu penyalurannya adalah dengan menciptakan dunia dan teman berdasarkan imajinasi. Tak perlu khawatir, kebiasaan aneh balita ini biasanya tidak berlangsung lama dan akan menghilang seiring bertambahnya usia.

4. Bermain Dengan Kotorannya

shutterstock 92837770

Ups, Moms pernah memergoki balita mencoba ‘bermain’ dengan kotorannya? Meski terlihat aneh dan menjijikkan, kebiasaan balita ini ternyata termasuk dalam salah satu perilaku naluriah alami anak kecil yang didorong oleh rasa penasaran. Balita yang sedang berkembang dan terus belajar, secara alami ingin tahu asal, rasa, serta tekstur berbagai hal, termasuk kotorannya sendiri.

Supaya kebiasaan aneh balita ini tak berlangsung lama, Moms bisa mengalihkan rasa penasarannya dengan mengajak si kecil bermain tanah liat atau bermain pasir. Saat melihat sesuatu dengan warna dan tekstur yang hampir serupa, semoga saja rasa penasarannya akan terpenuhi sehingga si kecil tidak akan mencoba ‘bermain’ dengan kotorannya lagi.

Kebiasaan aneh balita yang sudah disebutkan di atas memang termasuk wajar, tapi perhatikan juga frekuensinya. Kalau si kecil mulai terlalu sering melakukannya atau terlihat obsesif, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter anak ya, Moms. Bagaimana dengan Moms, apa ada cerita menarik tentang kebiasaan aneh balita kesayangan di rumah?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait