Scroll untuk melanjutkan membaca

2-3 TAHUN
19 Oktober 2017

5 Aktifitas Tepat Untuk Mendidik Anak Bilingual

Mulailah dengan membuatnya terbiasa
5 Aktifitas Tepat Untuk Mendidik Anak Bilingual

Di zaman modern ini, sepertinya setiap orang tua tengah berlomba mendidik anak bilingual atau bisa berbahasa asing. Segala cara dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari les privat bahasa asing hingga memasukannya ke sekolah internasional dengan biaya yang sangat mahal.

Sebenarnya, untuk mendidik anak bilingual tidak harus keluar uang banyak kok, Ma.

Dalam mendidik anak bilingual, aktivitas yang dilakukan secara konsisten dalam keseharian, akan membangun rutinitas dan kebiasaan balita, yang merupakan fondasi paling utama untuk menguasai bahasa asing. Yuk kita lihat apa saja aktivitas yang bisa Mama lakukan.

1. Banyak baca buku dan dengarkan lagu asing

5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 1

Foto: 5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 1

teachbabytotalk.files.wordpress.com

Mendidik anak bilingual tentu saja harus dilakukan secara bertahap, dan salah satu langkah awal yang bisa Mama lakukan adalah dengan mengenalkan bahasa asing melalui aktivitas yang menyenangkan.

Dengan rutin membaca buku cerita atau memutar lagu berbahasa asing di rumah, si kecil jadi terbiasa mendengarkan bahasa tersebut dan akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran bahasa yang akan diterimanya.

Tak perlu bingung, Mama sekarang sudah bisa mencari sendiri cerita dan lagu anak berbahasa asing dengan mudah melalui berbagai situs di internet.

2. Sering 'piknik'

5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 2

Foto: 5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 2

i.huffpost.com

Piknik disini maksudnya bukan pelesiran ke tempat wisata ya, tapi sering mengajak si kecil bertemu dengan orang yang berbahasa asing. Tidak selalu harus dengan native speaker kok, Mama juga bisa mengajak si kecil sesekali main di playgroup yang memang menggunakan bahasa asing.

Sama seperti membaca buku dan mendengarkan lagu tadi, sering berinteraksi dengan orang yang berbahasa asing akan menjadi stimulus yang akan mendorong kelancaran proses belajar bahasa si kecil.

Baca Juga : 5 Bahasa Asing Yang Sebaiknya Dipelajari Sejak Dini

3. Bagi jadwal penggunaan bahasa

5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 3

Foto: 5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 3

smababy.co.uk

Salah satu trik yang banyak dilakukan oleh orang tua yang sudah memiliki anak bilingual adalah dengan mengatur jadwal penggunaan bahasa di rumah.

Misalnya, pada hari Senin dan Kamis semua orang di rumah wajib berbicara dengan bahasa asing. Atau bisa juga dengan pembagian waktu dalam sehari, seperti mewajibkan bahasa asing hingga pukul 3 sore.

Ada juga orang tua yang lebih suka membagi peran dalam mengajarkan bahasa asing ke anak. Misalnya, Mama akan berinteraksi dengan balita dengan berbahasa Inggris, sementara Papa akan menggunakan bahasa Perancis saat berbicara pada si kecil.

Dengan cara yang seperti di atas, si kecil bisa belajar beberapa bahasa sekaligus dalam satu waktu.

4. Jawab pertanyaan dengan bahasa asing

5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 4

Foto: 5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 4

modernspeechie.com.au

Tahu sendiri kan Ma, kalau pertanyaan balita seperti tak pernah ada habisnya. Mereka akan bertanya mengenai segala hal, mulai dari yang kecil hingga yang besar dan tak masuk akal.

Nah, bila lain kali si kecil bertanya, Mama bisa memberikan jawaban dalam bahasa asing terlebih dahulu. Bila ia terlihat bingung, barulah Mama memberikan jawaban dengan bahasa Indonesia.

Tujuannya bukan untuk memberikan kosakata yang rumit pada si kecil, tapi agar tertanam dalam pikirannya kalau satu benda bisa memiliki sebutan yang berbeda, tergantung dengan bahasa yang digunakan.

5. Kejar rutinitas, jangan terlalu melihat hasil

5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 5

Foto: 5 aktivitas tepat untuk mendidik anak bilingual 5

day2dayparenting.com

Mendidik anak bilingual memang tidak mudah, butuh perjuangan dan konsistensi yang kuat agar bisa berhasil. Tak sedikit orang tua yang merasa kecewa saat anak balitanya tidak menunjukan hasil yang signifikan meski sudah belajar di sekolah internasional.

Jangan khawatir, Mama harus tetap konsisten untuk melakukan aktivitas berbahasa asing secara rutin di rumah, dan tidak terlalu fokus untuk segera melihat hasil dalam jangka pendek. Percaya deh, kesabaran Mama mendidik anak bilingual pasti nantinya akan berbuah manis

Aktivitas di atas kelihatannya sih mudah dilakukan ya, Ma? Tapi tetap saja perlu komitmen dan disiplin dari orang tua agar proses mendidik anak bilingual bisa berjalan lancar. Yuk berbagi cerita, kendala apa yang Mama hadapi saat mengajarkan bahasa baru pada balita?

(WA)