Scroll untuk melanjutkan membaca

2-3 TAHUN
18 Februari 2022

Cukupi Kebutuhan Kalsium untuk Anak dengan 5 Sumber Makanan Ini

Jangan sampai anak kekurangan kalsium saat masa pertumbuhan
Cukupi Kebutuhan Kalsium untuk Anak dengan 5 Sumber Makanan Ini

Sudah tahu belum Moms, kalau manfaat kalsium untuk anak ternyata tidak hanya terbatas pada kesehatan tulang dan gigi saja.

Selain kedua hal umum tersebut, kalsium ternyata juga berperan besar dalam kesehatan dan tumbuh kembang si kecil secara menyeluruh.

Sehingga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan wajib mendapatkan asupan kalsium yang cukup.

Untuk itu, simak seputar informasi terkait peran kalsium untuk anak berikut ini.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Vitamin Penumbuh Gigi Anak dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Kebutuhan Kalsium untuk Anak

kebutuhan kalsium untuk anak

Foto: kebutuhan kalsium untuk anak

Foto: Freepik.com

Moms harus tahu, kalau tubuh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan banyak mengambil cadangan kalsium yang disimpan di dalam tulang.

Maka dari itu, memenuhi kebutuhan kalsium si kecil sangatlah penting guna membantu proses pertumbuhan secara optimal, serta terhindar dari masalah penyakit akibat kekurangan kalsium.

Sebab, bila asupan kalsium anak tidak terpenuhi, maka otomatis tulangnya menjadi lemah dan rapuh.

Berdasarkan Peraturan Kemenkes Nomor 28 tahun 2019, angka kecukupan kalsium yang dibutuhkan anak-anak setiap harinya, meliputi:

  • Usia 0 - 5 bulan: 200 mg
  • Usia 6 - 11 bulan: 270 mg
  • Usia 1 - 3 tahun: 650 mg
  • Usia 4 - 6 tahun: 1000 mg
  • Usia 7 - 9 tahun: 1000 mg

Moms juga bisa melengkapinya dengan tambahan vitamin D, magnesium, dan fosfor agar tubuh anak dapat menyerap kalsium secara optimal.

Manfaat Kalsium untuk Anak

manfaat kalsium untuk anak

Foto: manfaat kalsium untuk anak

Foto: Freepik.com

Manfaat kalsium yang paling utama adalah menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat dan kuat, serta meningkatkan proses pertumbuhannya.

Hampir semua senyawa kalsium dalam tubuh dapat ditemukan pada tulang dan gigi.

Setiap hari, tubuh akan kehilangan sejumlah kalsium melalui keringat, urine, dan feses.

Pada dasarnya, tubuh tidak dapat memproduksi kalsium yang baru dengan sendirinya.

Nah, jika si kecil tidak mendapatkan kalsium yang cukup baik itu dari makanan atau suplemen, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang.

Jika hal tersebut terus terjadi, maka akan mengganggu proses pertumbuhan anak, bahkan dapat memicu sejumlah penyakit.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Journal of Therapeutics, dijelaskan bahwa asupan kalsium yang rendah saat masa kanak-kanak, dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Sebaliknya, jika mendapatkan cukup kalsium maka akan membuat tulang menjadi kuat dan mengalami pertumbuhan yang baik.

Selain itu, beberapa manfaat lain dari kalsium untuk tubuh anak secara keseluruhan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan organ dalam tubuh, seperti otak dan paru-paru.
  • Mencegah terjadinya gangguan tulang, seperti rakitis.
  • Berperan sebagai energi untuk tubuh agar dapat beraktivitas.
  • Membantu proses pelepasan hormon dan enzim tubuh.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Mendukung fungsi metabolisme tubuh.

Baca Juga: 3 Cara Alternatif Memenuhi Kebutuhan Kalsium Balita

5 Makanan Sumber Kalsium untuk Anak

makanan sumber kalsium untuk anak

Foto: makanan sumber kalsium untuk anak

Foto: Unsplash.com

Memenuhi kebutuhan kalsium anak itu tidak sulit kok, Moms.

Selain bisa didapatkan dari susu, beberapa makanan lainnya juga menyediakan kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Berikut beberapa makanan yang mengandung sumber kalsium, antara lain:

1. Kale

Kale merupakan sumber kalsium nabati yang baik dan juga tinggi vitamin K, yang merupakan nutrisi lain untuk kesehatan tulang.

Satu gelas sayur kale mengandung 179 mg kalsium.

Sayuran hijau ini dapat diolah dalam berbagai hidangan, seperti sup, dan smoothie yang dapat dicampurkan dengan buah-buahan agar disukai oleh anak.

2. Yoghurt

Yoghurt juga menjadi salah satu sumber kalsium yang baik untuk tulang.

Selain itu, kandungan probiotik yang ada pada yoghurt bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, serta proses penyerapan nutrisi.

Dalam 200 gram yoghurt mengandung sekitar 300 mg kalsium.

Yoghurt dapat dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan dan dicampurkan dengan buah-buahan untuk rasa yang lebih lezat dan segar.

Si Kecil pasti suka menyantapnya.

3. Susu

Susu menjadi salah satu sumber kalsium yang mudah diserap oleh tubuh.

Satu gelas susu mengandung 300 mg kalsium.

Khusus bagi Si Kecil yang memiliki alergi susu sapi, Moms dapat memberi susu kedelai.

Sebab kandungan nutrisinya setara dengan susu sapi pada umumnya.

4. Biji-bijian

Beberapa jenis biji-bijian mengandung sejumlah mineral kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, serta meningkatkan energi Si Kecil.

Beberapa jenis biji-bijian tersebut, yaitu biji chia, biji wijen, dan biji poppy.

Dua sendok teh biji wijen mengandung 280 mg kalsium.

Sementara itu, satu sendok makan biji poppy, mengandung 127 gram kalsium dan dalam 100 biji chia mengandung 631 mg kalsium.

Selain mengandung sejumlah mineral kalsium, biji-bijian tersebut juga mengandung protein dan lemak yang sehat, sehingga baik dikonsumsi si kecil.

Biji-bijian tersebut dapat ditambahkan dalam berbagai olahan makanan dan mudah untuk dikonsumsi.

5. Kacang Almond

Kacang almond dapat menjadi camilan sehat yang cocok untuk si kecil.

Dilansir dari BetterHealth.vic.gov.au, mengonsumsi 15 kacang almond dapat memberi 40 mg kalsium.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kacang almond dapat ditambahkan dalam bahan kue, atau dicampurkan ke dalam yoghurt untuk sarapan si kecil.
Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

Wah, ternyata peran dan manfaat kalsium untuk anak sangat banyak ya, Moms. Sumber makanannya juga mudah didapat.

Bagaimana, sudahkah Moms memberikan makanan yang kaya akan kalsium untuk Si Kecil?

  • http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
  • https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods#TOC_TITLE_HDR_2
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/calcium
  • https://www.ucsfhealth.org/education/calcium-content-of-foods
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10423619/