Kesehatan

17 Februari 2021

Ini Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan Tubuh, Moms Wajib Tahu!

Sayur hijau ini dijuluki raja sayuran karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Kale bukanlah sayuran baru, tetapi Moms mungkin belakangan ini jadi sering mendengar namanya karena manfaat kale yang cukup banyak.

Selama Abad Pertengahan, sayur kale ditanam dan digunakan untuk makanan manusia, atau juga untuk hewan ternak.

Mengutip Mayo Clinic, pada awal tahun 1800an, Thomas Jefferson sudah bereksperimen dengan beberapa varietas kale di perkebunan Monticello miliknya.

Dari semua sayuran super sehat, bisa dikatakan bahwa kale adalah rajanya.

Sehingga cukup jelas bahwa kale adalah salah satu makanan nabati paling sehat dan bergizi yang ada di bumi.

Sayur kale sarat dengan segala macam senyawa bermanfaat, dan beberapa di antaranya memiliki khasiat seperti obat yang sangat baik. kuat.

Kale adalah sayuran anggota keluarga kubis. Ia adalah sayuran silangan seperti kubis, brokoli, kembang kol, collard greens, dan kubis Brussel.

Ada banyak jenis sayur kale di pasaran, dan daunnya bisa berwarna hijau atau ungu, dan memiliki bentuk yang halus atau keriting.

Mengutip SELF Nutrition Data, dalam secangkir sayur kale mentah (sekitar 67 gram) terdapat beberapa nutrisi di dalamnya, seperti:

  • Vitamin A: 206 persen dari kebutuhan harian (dari beta-karoten)
  • Vitamin K: 684 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 134 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Mangan: 26 persen dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 10 persen dari kebutuhan harian
  • Kalium: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 6 persen dari kebutuhan harian

Ini juga mengandung 3 persen lebih kebutuhan harian untuk vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), zat besi dan fosfor. Ia juga datang dengan total 33 kalori, 6 gram karbohidrat (2 di antaranya adalah serat) dan 3 gram protein.

Kale mengandung sangat sedikit lemak, tetapi sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak omega-3 yang disebut alpha linolenic-acid.

Mengingat kandungan kalorinya yang sangat rendah, kale adalah salah satu makanan padat nutrisi yang ada. Makan lebih banyak kale adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kandungan nutrisi total dari makanan harian.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

Manfaat Kale untuk Kesehatan

Manfaat Kale untuk Kesehatan

Foto: foodnetwork.com

Berikut ini adalah manfaat sayur kale yang perlu Moms ketahui:

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memiliki banyak fungsi penting di dalam tubuh. Misalnya, digunakan untuk membuat asam empedu, yaitu zat yang membantu tubuh mencerna lemak.

Hati akan mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian dilepaskan ke sistem pencernaan setiap kali Moms makan makanan berlemak.

Ketika semua lemak telah diserap dan asam empedu telah mencapai tujuannya, mereka diserap kembali ke dalam aliran darah dan digunakan kembali.

Zat yang disebut sekuestran asam empedu dapat mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan dan mencegahnya diserap kembali. Ini mengurangi jumlah total kolesterol dalam tubuh.

Sayur Kale sebenarnya mengandung sekuestran asam empedu, yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Alhasil, ia bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Satu studi yang dipublikasikan di Journal of Food Chemistry juga menemukan bahwa minum jus kale setiap hari selama 12 minggu akan meningkatkan kolesterol HDL ("baik") sebesar 27 persen dan menurunkan kadar LDL sebesar 10 persen, sekaligus meningkatkan status antioksidan.

Mengukus kale juga akan meningkatkan efek pengikatan asam empedu.

Bahkan sayuran kale kukus sebenarnya 43 persen sama kuatnya dengan cholestyramine, yakni obat penurun kolesterol yang berfungsi dengan cara yang sama.

2. Melawan Sel Kanker

Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali.

Di dalam sayur kale sebenarnya sarat dengan senyawa yang dipercaya memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler.

Kale juga mengandung indole-3-carbinol, zat lain yang dipercaya dapat membantu mencegah kanker.

Penelitian dari Journal of Nutrition and Cancer juga telah menunjukkan bahwa sayuran silangan (termasuk kale) dapat secara signifikan menurunkan risiko beberapa kanker, meskipun bukti pada manusia beragam.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Penambah Imun Tubuh, Perbanyak Konsumsinya!

3. Tinggi Lutein dan Zeaxanthin, Yang Akan Melindungi Mata

Salah satu konsekuensi penuaan yang paling umum adalah penglihatan yang semakin buruk. Untungnya, ada beberapa nutrisi dalam makanan yang dapat membantu mencegah hal ini terjadi.

Dua di antaranya adalah lutein dan zeaxanthin, antioksidan karotenoid yang ditemukan dalam jumlah besar pada sayur kale dan beberapa makanan lainnya.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan cukup lutein dan zeaxanthin memiliki risiko degenerasi makula dan katarak yang jauh lebih rendah, yakni dua gangguan mata yang sangat umum.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan Tubuh

Foto: britannica.com

Sayur kale memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya makanan yang cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Sayuran ini sangat rendah kalori tetapi masih memberikan jumlah yang signifikan yang akan membantu Moms merasa kenyang.

Karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, kale memiliki kepadatan energi yang rendah.

Makan banyak makanan dengan kepadatan energi rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan dalam banyak penelitian.

Sayuran Kale juga mengandung sedikit protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi terpenting dalam hal menurunkan berat badan.

Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek kale pada penurunan berat badan, namun cukup masuk akal bahwa kale bisa menjadi menu tambahan yang berguna untuk diet penurunan berat badan.

5. Tinggi Antioksidan Seperti Quercetin dan Kaempferol

Sayur kale, seperti sayuran berdaun hijau lainnya, memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ini termasuk beta-karoten dan vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol.

Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh.

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu penyebab utama penuaan dan banyak penyakit, termasuk kanker.

Namun, banyak zat yang merupakan antioksidan juga memiliki fungsi penting lainnya. Ini termasuk flavonoid quercetin dan kaempferol, yang ditemukan dalam jumlah yang relatif besar dalam kale.

Mengutip The Scientific World Journal, saat ini telah dipelajari secara menyeluruh pada tabung reaksi dan hewan.

Mereka memiliki efek pelindung jantung yang kuat, penurun tekanan darah, anti-inflamasi, anti-virus, anti-depresan dan anti-kanker.

Baca Juga: 9+ Sayuran Terbaik untuk Program Hamil, Bisa Tingkatkan Kesuburan!

6. Sumber Vitamin C

Vitamin C juga merupakan antioksidan penting yang larut dalam air yang memiliki banyak fungsi vital dalam sel tubuh.

Misalnya, ia diperlukan sintesis kolagen, protein struktural paling melimpah di tubuh.

Sayur kale jauh lebih tinggi vitamin C daripada kebanyakan sayuran lainnya, dan ia mengandung sekitar 4,5 kali lebih banyak daripada bayam.

Faktanya, kale sebenarnya adalah salah satu sumber vitamin C terbaik di dunia. Secangkir kale mentah mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk utuh.

7. Sumber Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah, dan melakukannya dengan "mengaktifkan" protein tertentu dan memberinya kemampuan untuk mengikat kalsium.

Sayur kale adalah salah satu sumber vitamin K terbaik dunia, dengan satu cangkir mentah mengandung hampir 7 kali lipat jumlah harian yang disarankan.

Bentuk vitamin K pada kale adalah K1 yang berbeda dengan vitamin K2. K2 ditemukan dalam makanan kedelai yang difermentasi dan produk hewani tertentu. Ia akan membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat sayur kale untuk kesehatan.

Jadi mulai sekarang mungkin Moms perlu memasukan kale ke dalam olahan makanan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya ya!

Apakah Moms pernah makan sayuran kale sebelumnya? Yuk, sharing apa saja manfaat yang telah didapatkan pada kolom komentar di bawah!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait