Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Oct 11, 2017

5 Cara Ampuh Agar Balita Mau Tidur Siang

Bagikan


Ada orangtua yang sengaja membiarkan balita kesayangannya main dengan puas dan tidak tidur siang, dengan harapan agar bisa cepat tidur nyenyak di malam hari. Sebaiknya jangan ditiru, ya Ma, karena hal itu malah akan membuat Mama kerepotan menghadapi balita yang jadi cranky atau rewel saat memasuki jam tidur.

Lagipula, sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur siang ternyata akan membuat balita lebih nyaman dan tenang pada malam hari. Selain itu, tidur siang juga bisa membantu si kecil belajar membuat tubuhnya diam dan beristirahat dengan sendirinya.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Balita

Agar balita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari tidur siang, Mama bisa ikuti cara mudah dan tanpa ribet yang sudah terangkum berikut ini,

1. Buat rutinitas dengan buku & musik

Agar si kecil mau tidur siang dengan sendirinya, ciptakan ritual menjelang tidur siang yang melibatkan buku dan musik. Mama bisa membacakan buku atau bercerita sembari memutar musik yang lembut di telinga. Jika sudah terbiasa, tubuh si kecil akan otomatis rileks dan mau beristirahat saat mendengar alunan musik lembut ini.

Pada awalnya memang akan memerlukan waktu agak lama untuk membuat si kecil tertidur pulas, tapi tenang saja, akan menjadi semakin cepat bila ritual terus konsisten dijalankan.

2. Batasi asupan kafein dan gula

Selain ritual tidur siang, sebaiknya awasi juga asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh si kecil, terutama bila mengandung kafein atau gula. Mama pasti tahu, kan, kalau kafein akan membuat balita terus terjaga sementara gula adalah bahan bakar yang menyediakan energi untuk aktivitas balita. Terbayang kan bagaimana sulitnya mengajak si kecil tidur siang bila kedua elemen tadi digabungkan?

Untuk itu, sebaiknya hentikan asupan kafein atau gula sejak 3-4 jam sebelum tidur siang. Ingat ya, Ma, kafein bukan hanya terkandung dalam kopi, tapi teh dan coklat juga memiliki kandungan kafein yang cukup untuk membuat si kecil terjaga.

3. Mengusap Punggung

Siapa sih yang tak suka dibelai dan diusap oleh tangan ibu? Rasa hangat yang diberikan dengan penuh kasih sayang ini pasti akan membuat balita nyaman dan rileks, sampai akhirnya mengantuk. Nah, Mama juga bisa menggunakan mother's touch atau sentuhan ibu ini agar si kecil gampang tidur siang.

Lain kali, coba pasang musik lembut penanda waktu tidur, lalu temani si kecil berbaring sambil mengusap lembut punggungnya. Kehadiran Mama saat ia akan tidur juga akan membuatnya merasa aman dan nyaman, sehingga lebih mudah terlelap.

4. Hanya gunakan selimut bila perlu

Banyak orangtua yang mengira kalau balita gampang kedinginan, sehingga saat tidur siang pun tubuhnya ditutupi oleh selimut. Padahal bila cuaca sedang tak dingin, selimut malah akan membuat balita gampang berkeringat dan jadi tak bisa tidur siang dengan nyaman. Untuk itu, selalu rasakan dan perhatikan suhu dalam ruangan sebelum menutupi si kecil dengan selimut.

5. Tidur di ruang sunyi & gelap

Ya, ternyata tidur di ruang sunyi dan gelap memang akan membuat tubuh lebih cepat rileks. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada saat balita berada diruangan yang sunyi dan gelap, tubuh dan ototnya akan otomatis rileks dan siap untuk beristirahat. Selain itu, mata akan lebih mudah terpejam dan otak pun akan segera mengirimkan sinyal tidur pada tubuh.

Untuk itu, Mama bisa tutup tirai kamar dan hindari melakukan aktivitas yang akan menimbulkan suara keras saat waktunya si kecil tidur siang.

Jangan anggap remeh tidur siang balita ya, Ma, karena ternyata memiliki peranan penting dalam tumbuh kembangnya. Bagaimana cerita Mama tentang ritual unik tidur siang si balita kesayangan?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.