Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
16 November 2017

5 Ekstrakurikuler Unik yang Bikin Anak Semangat Sekolah

Selain tambah skill juga perkaya pengalaman Si Kecil, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Ekstrakurikuler atau sering disingkat ekskul adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah yang biasanya dilakukan di dalam atau luar sekolah dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa.

Dikutip dari Landasan Teori, ekskul juga bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat mereka. Ekskul dilakukan secara berkala. Biasanya, kegiatannya didampingi dan dinilai oleh guru.

Ada bermacam jenis ekskul. Mulai dari paduan suara, sepakbola hingga paskibra.

Baca Juga: Anak Mama Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

Namun, selain itu, ada juga ekstrakurikuler unik yang hanya ada di beberapa sekolah. Berikut di antaranya:

Berkuda

Meskipun tampaknya terlihat berbahaya untuk anak, namun nyatanya ekskul berkuda memiliki beberapa manfaat. Di antaranya, menguatkan otot, memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh anak.

Selain itu, berkuda juga melatih keberanian, kepercayaan diri, tanggung jawab, dan kesabaran si kecil.

Mom jangan ragu untuk mendaftarkan anak pada ekskul ini. Setiap sekolah biasanya menyediakan pelatih yang siap mendampingi dan mengawasi Si Kecil saat menunggang kuda. Juga dengan peralatan penunggang yang lengkap dan aman.

Sekolah Islam Sinar Cendekia di Tangerang mulai mengenalkan ekskul ini pada muridnya. Berdasarkan informasi dari satelitnews, ekskul berkuda ini dilakukan satu kali dalam seminggu dan memakan waktu sekitar satu jam saja.

Pembelajarannya berupa praktek mulai dari pengenalan kuda, melakukan pendekatan terhadap kuda dan teknik cara berkuda dengan baik.

Baca juga: Memilih Tas Sekolah Anak

Panahan

Di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, panahan menjadi ekskul favorit. Meskipun bukan ekskul wajib, namun siswa yang mengikuti ekskul ini mencapai 50 orang.

“Selain meningkatkan percaya diri, ekskul panahan bisa melatih konsentrasi dan fokus siswa,” kata Arief Sjaifudin, salah satu guru SD Muhammadiyah 4, dilansir dari Jawa Pos.

Selain itu, melalui panahan, Arief berharap, siswa bisa mengasah bakatnya. Dengan begitu, generasi baru atlet panahan bisa berkembang mulai dari sekolah dasar.

Beberapa murid SD Muhammadiyah 4 pun kerap meraih penghargaan di ajang panahan. Di antaranya, juara I Piala Koni, juara I Juanda Open, dan POR SD.

Baca Juga: Penyebab Anak TK-SD Tak Mau Sekolah dan Cara Mengatasinya

Membatik

Salah satu ekskul unik lainnya adalah membatik. Di SD Negeri Percobaan 4, siswa kelas 4 hingga 6 SD diberi kesempatan belajar membatik. Mereka membuat batik tulis menggunakan malam dan canting. Wah, seru, ya!

Selain bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan salah satu budaya Indonesia, ekskul batik juga bisa menjadi sarana melatih emosi dan kesabaran anak.

Baca Juga: Jika Anak Sulit Bergaul di Sekolah

Memasak

Jika anak Mom suka memasak, maka ekskul inilah yang paling cocok untuknya. Di SD MIMI Surabaya, siswa diajarkan cara mengolah makanan. Resepnya pun sederhana. Yakni membuat roti lapis, pisang cokelat, jamur mayones dan yang lainnya.

Uniknya, tujuan ekskul ini tidak hanya melatih bakat memasak mereka, tapi juga wirausaha di bidang kuliner. Anak diharapkan bisa memasarkan hasil masakannya, lalu mengelola keuangan hasil penjualan.

“Jadi cooking class bisa menjadi sarana menanamkan jiwa entrepreneur. Kelak mereka tidak hanya kerja di kantor, tapi juga bisa membuka bisnis kuliner,” kata Diar Anggi Simulandhani, guru spesialis kuliner SD MIMI, dilansir dari sindonews.com.

Baca Juga: Menghadapi Berbagai Keluhan Anak Soal Sekolah

Robotik

Ekskul ini cukup diminati banyak siswa. Manfaatnya pun banyak untuk Si Kecil. Ekskul ini meningkatkan keterampilan anak. Sebab, saat merancang robot, diperlukan kreativitas yang tinggi.

Ia juga jadi lebih percaya diri dan berani menyatakan ide kreatifnya. Selain itu, ekskul robotik melatih kerjasama dalam kelompok. Anak belajar menerima dan menghargai pendapat orang lain.

Menarik bukan, bagaimana menurut Mom?

(GLW)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait