14 Januari 2016

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supermoms dengan Satu Tangan

Beraktivitas sambil menggendong atau menyusui bayi, bisa!

Meski tak berpengalaman mengasuh bayi sebelumnya, nyatanya, keterampilan tersebut datang secara alami saat seseorang benar-benar telah ‘resmi’ menjadi seorang ibu. Sebelumnya, Vania tak pernah bisa membayangkan bagaimana cara menyusui bayi yang baru lahir. Tapi lihat dirinya tiga bulan kemudian. Saat itu, dia sudah mahir menyusui Kafka sambil berjalan menaiki tangga! Hebat, kan? Setelah dibuat list, ternyata ada 5 hal yang bisa dilakukannya dengan satu tangan. Simak penuturan Vania, the supermom yang sangat menginspirasi.

2 body teks parenting ibu satu tangan
Foto: 2 body teks parenting ibu satu tangan

Mengetik pesan di smartphone maupun artikel di laptop

Agak repot saat mengurus dan menggendong si kecil sambil membalas pesan yang masuk. Akhirnya, saya ‘memaksakan’ diri untuk tetap membalas satu per satu. Begitu pula dengan pembuatan artikel. Selama cuti melahirkan tiga bulan, saya tetap membuat artikel-artikel pendek untuk majalah. Biasanya, sih, saya lakukan saat Kafka sedang tidur, tapi sering juga saat menggendong dan menyusui Kafka. Untuk itu, saya harus mencari posisi menyusui yang senyaman mungkin. Saya menyiasatinya dengan menumpuk beberapa bantal sekaligus.

4 body teks event h&m
Foto: 4 body teks event h&m

Menyiapkan makanan

Awal masa menyusui, hampir setiap jam saya selalu merasa kelaparan. Salah satu camilan andalan saya adalah roti tawar. Sambil menggendong si kecil, saya membuat roti tawar dengan isian untuk camilan saya sendiri. Setelah usia Kafka masuk 6 bulan saya harus membuat jus untuk camilan malamnya. Caranya masukkan saja potongan melon dan perasan air jeruk manis ke dalam blender. Saya juga menyiapkan makan malam untuk suami, tapi hanya sekadar menaruh makanan yang sudah dibeli ke dalam piring dan menghidangkannya di meja makan.

3 body parenting ibu satu tangan
Foto: 3 body parenting ibu satu tangan

Pergi ke pesta

Di usia enam bulan, Kafka sudah mendapat undangan ulang tahun. Untuk kadonya, saya cukup memasukkannya ke dalam kantong warna, menempelkan satu buah selotip di atas kantong dan menyematkan pita sebagai pemanis. Untuk dandanan, saya coba duduk berdandan dengan Kafka di pangkuan. Cukup sulit, sih, mengoleskan pelembab, foundation, dan bedak saat ada bayi aktif yang ingin menggapai apapun di pangkuan Anda. Tapi, ternyata saya berhasil melaluinya!

5 body teks event h&m
Foto: 5 body teks event h&m

Merapikan pakaian

Saat sedang duduk sambil menggendong dan menyusui Kafka, tangan saya yang satu lagi sibuk melipat dan membereskan pakaian si kecil Kafka yang belum sempat dimasukkan ke dalam lemari. Lain lagi saat pagi, sambil menyusui si Kecil, saya manfaatkan satu tangan saya untuk mengambil pakaian dan celana kerja suami dari lemari, dan meletakkannya di atas tempat tidur.

1 body teks parenting ibu satu tangan
Foto: 1 body teks parenting ibu satu tangan

Pergi belanja

Ketika usia Kafka baru dua tahun, saya sempat ditinggal suami bekerja di luar kota selama 3 bulan. Otomatis, segala urusan rumah tangga, termasuk belanja bulanan, harus saya lakukan sendiri. Kadang, karena tak tega meninggalkan Kafka berdua saja dengan pengasuh, saya membawanya ke supermarket. Menggendong Kafka yang waktu itu beratnya 14 kg sambil membayar belanjaan di kasir? Ternyata, tidak seberapa sulit, kok. Begitu juga dengan menenteng satu atau dua kantong belanjaan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb