10 Juni 2016

5 Langkah Menyelamatkan Hubungan yang Hampir Retak

Masih ada kesempatan dan harapan bagi hubungan Anda

Pernahkah Anda mengalami masalah yang cukup berat bagi kelanjutan kisah cinta Anda dan pasangan? Padahal dalam hati, Anda masih ingin mempertahankan cinta yang Anda rasakan pada dirinya. Dia sendiri pun masih menyimpan keinginan untuk tetap bersama, hanya saja setiap hari yang terjadi hanyalah pertengkaran dan perdebatan. Tenang, Anda masih punya pertolongan pertama pada hubungan yang goyah. Simak langkahnya berikut ini.

Diskusikan Titik Permasalahannya

Bercerminlah pada diri sendiri dan hubungan Anda sebelum mengajaknya berbicara dari hati ke hati tentang alasan hubungan Anda semakin melemah. Apakah karena Anda berdua menginginkan hal yang berbeda? Apakah karena Anda saling tidak percaya? Ingatlah bahwa mungkin satu kali pembicaraan saja tidak cukup untuk memberikan jawaban, yang penting Anda dan pasangan sudah selangkah lebih maju dari tebing curam tersebut.

Ingat Bahwa Tak Ada Manusia Yang Sempurna

Konflik itu wajar sekali terjadi, karena tidak ada satu pun manusia yang bebas dari kesalahan. Anda juga perlu memahami bahwa menyatukan dua pribadi itu tidak mudah. Jadi ingat hal ini baik-baik ketika Anda ingin memperbaiki hubungan Anda. Anda bisa meratapi dan menyesali apa yang terjadi, atau bangkit dan belajar dari kesalahan.

Memaafkan

Memaafkan bukan berarti Anda setuju dengan kesalahan yang terjadi. Memaafkan juga bukan berarti melupakan. Memaafkan itu sesederhana menerima kenyataan bahwa siapa pun bisa berbuat salah, tapi mau memperbaikinya. Memaafkan akan memberi ketenangan dan keikhlasan dalam hati, jadi maafkanlah diri Anda sendiri serta pasangan.

Bersikap Terbuka Tentang Harapan Masing-Masing

Setelah saling memaafkan dan setuju untuk mengusahakan hubungan yang lebih baik, Anda dan pasangan perlu jujur pada diri sendiri dan satu sama lain tentang harapan dan ekspektasi masing-masing. Dengan begitu, Anda jadi paham apa saja yang harus ditingkatkan dan lebih mengenal pasangan Anda serta kebutuhannya.

Habiskan Waktu Berkualitas Berdua

Kadang kehadiran pihak luar dalam hubungan Anda bisa memberi pengaruh yang tidak diharapkan. Untuk membersihkan diri sejenak dari distraksi dan untuk menekan tombol restart bagi hubungan Anda, cobalah untuk menghabiskan waktu berkualitas berdua saja, bisa dengan pergi liburan atau sekadar mengobrol tentang kenangan-kenangan berharga selama ini.

(IA)

Sumber gambar: huffpost

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb