Gaya Hidup

7 Mei 2020

5 Tips Puasa Tetap Terjaga Selama Hamil

Apa saja yang perlu diperhatikan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Umat muslim di seluruh dunia telah memasuki bulan Ramadan. Kebiasaan terpenting dari Ramadan yang diikuti banyak orang adalah puasa. Namun, konsep puasa untuk wanita hamil masih bisa ditoleransi.

Bagi wanita hamil, hukum Islam tidak mengharuskan kita berpuasa. Moms dapat memperbaiki puasa yang terlewat nanti, atau melakukan fidyah, yang merupakan cara untuk mengkompensasi puasa yang terlewat.

Namun menurut Iranian Journal of Pediatrics, puasa bulan suci tidak memengaruhi berat waktu lahir, tinggi, dan lingkar kepala janin di dalam kandungan.

Jika Moms tetap ingin berpuasa, ada baiknya Moms coba beberapa tips di bawah ini agar puasa tetap terjaga selama hamil.

Baca Juga: Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

Tips Agar Puasa Tetap Terjaga selama Hamil

Apa saja yang harus Moms lakukan agar puasa berjalan lancar dan kehamilan tetap sehat selama kehamilan?

1. Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan Dulu

tips puasa selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bicaralah dengan dokter kandungan terlebih dahulu, agar dapat memeriksa kesiapan kita untuk berpuasa dan mempertimbangkan setiap kemungkinan komplikasi yang membuat kita lebih rentan berhati-hati.

Moms juga bisa meminta tips agar puasa tetap terjaga selama hamil. Ibu hamil mungkin perlu melakukan pemeriksaan lebih sering selama puasa untuk memantau kadar gula darah. Puasa tidak dianggap aman jika Moms menderita diabetes dan sedang hamil.

2. Istirahat yang Cukup dan Minum yang Banyak

tips puasa selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Berpuasa dapat membuat tubuh kita yang lelah berada di bawah tekanan, jadi penting untuk membuat segalanya mudah selama puasa, banyak istirahat dan menghindari aktivitas atau situasi yang berat di mana kita mungkin mengalami dehidrasi.

Berhati-hatilah jika Moms memilih untuk berpuasa dalam tiga bulan terakhir kehamilan karena biasanya Moms akan membutuhkan 200 kalori tambahan.

Baca Juga: Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Ternyata Punya 7 Manfaat Menakjubkan untuk Tubuh

3. Hindari Makanan Bergula

tips puasa selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Saat berbuka puasa, hindari makanan bergula yang akan meningkatkan gula darah dengan cepat, yang mengarah pada kehancuran energi nantinya.

Sebaliknya makan makanan yang banyak mengandung gandum dan makanan berserat tinggi seperti sayuran, kacang-kacangan dan buah kering, ditambah banyak protein dari daging, telur dan kacang-kacangan.

Cobalah minum 1,5 hingga 2 liter air di luar periode puasa, tetapi hindari kafein karena bersifat diuretik dan dapat membuat kita dehidrasi. Ingat juga untuk mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin D.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

tips puasa selama hamil

Foto: food.ndtv.com

Pilih makanan yang lebih sehat. Secara berkala, makanlah buah-buahan atau makanan kaya nutrisi lainnya yang diperbolehkan dalam puasa.

Berpuasa dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan, anemia, keasaman, dan sakit kepala, yang selanjutnya dapat mengganggu kesejahteraan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Hindari Anemia, Ini 3 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

5. Jangan Lupa Garam

tips puasa selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Garam sangat penting. Ada orang yang memilih berpuasa tanpa garam, tetapi bagi wanita hamil, tidak mengonsumsi garam sepenuhnya dapat menyebabkan kelemahan.

Saat berbuka puasa, Moms wajib mengonsumsi makanan yang mengandung garam untuk menghindari efek buruk pada Moms atau kesehatan janin dalam kandungan.

Itu dia beberapa tips yang bisa Moms coba selama puasa saat hamil. Diperhatikan ya, Moms.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait