Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
8 Agustus 2020

6 Khasiat Buah Semangka Bagi Anak-Anak

Sudah sajikan semangka hari ini untuk Si Kecil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, semangka adalah buah yang sangat populer saat musim panas. Orang-orang dari segala usia menyukai semangka, karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Meski banyak disukai, tapi apakah Moms tahu khasiat buah semangka untuk anak?

Dilansir dari Mayo Clinic Health System, semangka mengandung lycopene tinggi antioksidan yang dapat membantu Si Kecil menangkal radikal bebas, menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan penglihatan. Semangka juga memiliki kalori yang rendah, serta diperkaya vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil.

Menurut Children’s Hospital Los Angeles makanan-makanan dari kelompok buah dan sayuran merah, seperti semangka dapat mengurangi risiko kanker, serta dapat memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Khasiat Buah Semangka untuk Anak

Idealnya, Moms bisa mulai memberikan semangka pada Si Kecil sejak usia 8-10 bulan atau saat ia memiliki gigi untuk mengunyah.

Untuk mendapatkan khasiat buah semangka yang optimal, Moms dan Dads harus memilih buah yang matang. Berikut 6 khasiat buah semangka untuk anak:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Jantung

khasiat buah semangka untuk anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Semangka mengandung lycopene yang sangat penting bagi kesehatan jantung, karena akan membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Lycopene juga baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi dan dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Kalium dalam semangka juga berguna untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh Si Kecil.

Baca Juga: Resep MPASI untuk Memperkuat Tulang Anak

2. Mengatasi Lemak Jahat

khasiat buah semangka untuk anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, Si Kecil sangat rawan terhadap risiko kegemukan akibat lemak jahat. Nah, salah satu khasiat buah semangka untuk anak ialah mengatasi lemak jahat.

Buah ini mengandung citrulline yang dapat mengurangi penumpukan lemak dalam sel tubuh.

Kandungan ini akan mencegah penumpukan lemak berlebih dan melindungi Si Kecil dari obesitas.

3. Antioksidan dan Antiinflamasi

khasiat buah semangka untuk anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Semangka mengandung senyawa yang membantu mengurangi peradangan dan membantu menetralkan radikal bebas.

Pastikan Moms memberinya semangka yang matang, karena semangka yang matang juga mengandung antiinflamasi yang berguna bagi Si Kecil.

Baca Juga: Mulai Konsumsi Antioksidan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat 'New Normal'

4. Meningkatkan Sistem Imun

khasiat buah semangka untuk anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Khasiat buah semangka untuk balita lainnya datang dari kandungan vitamin C dan lycopene yang terkandung di dalamnya. Dua antioksidan kuat tersebut, berperan penting dalam memerangi radikal bebas dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut studi yang dimuat pada National Institutes of Health, kandungan lycopene dalam buah semangka juga sangat baik dalam menghentikan peradangan, melindungi kesehatan jantung, serta mencegah asma.

Selain mengonsumsi semangka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah semangka juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit berbahaya, seperti kanker dan tumor, lho Moms.

Kandungan yang terdapat pada semangka bisa bekerja secara maksimal jika diiringi dengan diet daging, telur, dan susu.

5. Meningkatkan Penglihatan

khasiat buah semangka untuk anak 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Apakah Moms tahu kalau semangka mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A setelah masuk ke dalam tubuh?

Seperti yang diketahui, vitamin A berguna untuk melindungi mata anak-anak dari gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Vitamin A dalam semangka juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, serta tulang Si Kecil di masa pertumbuhannya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Anak

6. Melindungi Sistem Pencernaan

khasiat buah semangka untuk anak 6.jpeg

Foto: Unsplash.com

Kandungan serat pada semangka akan menyehatkan sistem pencernaan Si Kecil. Khasiat buah semangka lainnya juga dapat meningkatkan kesehatan organ-organ dalam tubuh Si Kecil secara keseluruhan.

7. Mencegah Dehidrasi

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 1.jpg

Foto: freepik.com

Seperti yang Moms ketahui, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu kesehatan dan kelancaran fungsi organ tubuh anak yang sedang berkembang.

Sekitar 92% komposisi buah semangka adalah air, sehingga sangat cocok dijadikan alternatif sumber cairan dan camilan yang sehat untuk anak dibandingkan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung gula.

Selain membuat tubuhnya lebih segar, Moms juga bisa memberikan buah semangka saat Si Kecil sedang diare atau demam, sehingga dapat terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Selain Minum Air Mineral, Ini Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi

8. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 2.jpg

Foto: freepik.com

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin A, sebuah mikronutrien esensial yang tidak diproduksi tubuh.

Mengutip artikel yang ditulis profesor Clare Gilbert, optamologis dan peneliti dari International Eye Health Center, dengan mengonsumsi cukup vitamin A, dapat mendukung kesehatan mata dan membantu kekuatan penglihatan mata pada kondisi minim cahaya.

Vitamin A juga mempunyai peran penting dalam proses pergantian sel kulit setiap harinya, sehingga Si Kecil bisa mempunyai kulit yang sehat, kenyal, dan kuat.

9. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Saraf

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 4.jpg

Foto: freepik.com

Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini, rupanya juga mengandung berbagai mineral yang penting untuk tubuh Si Kecil lho, Moms.

Terdapat kandungan potassium yang membantu menjaga tekanan darah, mangan yang berperan penting untuk pengaturan dan fungsi otak serta sistem saraf, dan magnesium yang dibutuhkan dalam menjaga kekuatan tulang serta kesehatan jantung, otot, dan saraf.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Makan Semangka?

Selain manfaat yang terdapat di atas, khasiat buah semangka untuk anak lainnya ialah menjaga anak tetap terhidrasi di musim panas. Jus semangka adalah pilihan yang tepat untuk minuman Si Kecil di siang hari.

Selain menyegarkan, buah semangka juga mengandung elektrolit yang membantu mencegah demam pada Si Kecil. Jadi, mulai sekarang jangan lupa sediakan buah semangka di rumah ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait