Pernikahan & Seks

13 Februari 2019

7 Cara Dekatkan Diri dengan Calon Anak Tiri

Sesekali pergi berdua calon anak tiri gara hubungan makin dekat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu tiri identik dengan sosok yang galak dan jahat.Di film dan sinetron, sosok ibu tiri memang selalu jadi pihak antagonis.

Betul tidak Moms? Tidak heran, banyak anak yang orang tuanya hendak menikah lagi punya pemikiran buruk tentang calon ibu tiri mereka.

Dengan fakta ini, Moms mungkin akan kesulitan untuk mendekati calon anak tiri.

Padahal, modal untuk membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius adalah berhasil mencuri hati calon anak tiri. Tanpa adanya restu atau persetujuan mereka, pernikahan akan jadi hal yang penuh tantangan.

Baca Juga : 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Dikutip dari Parents.com dan Psychcentral.com, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mendekatkan diri dengan calon anak tiri. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

1. Buat Kesan Pertama dengan Singkat

Untuk menghilangkan tekanan dari pertemuan awal, buatlah pertemuan pertama sesingkat mungkin. Berada seharian bersama calon anak tiri hanya akan membuat mereka tertekan. Tetaplah berada dalam batas itu.

Hindari juga memberikan hadiah mahal karena itu berkesan memberikan sogokan kepada mereka. Ini juga menjadi tekanan tersendiri bagi calon anak tiri dan Moms berpotensi untuk ditolak.

Seiring dengan waktu berjalan, biarkan anak yang mengatur bagaimana hubungannya dengan Moms akan berjalan.

2. Berikan Waktu untuk Bersedih

shutterstock 390037516

Jika Moms masuk ke kehidupan calon anak tiri tidak lama setelah kedua orang tuanya bercerai, Moms harus lebih hati-hati.

Berikan calon anak tiri ruang untuk merenung dan bersedih. Di masa-masa ini, anak masih berharap orang tuanya bisa bersatu kembali. Kemungkinan besar, Moms akan mendapatkan penolakan.

Jika salah orang tuanya telah meninggal, Moms bisa membantu anak tersebut menemukan cara untuk mengingat orang tuanya dengan mendengarkan cerita, menampilkan foto orang tua di kamarnya, atau merencanakan kegiatan peringatan pada hari ulang tahun orang tua.

Jangan terlalu terburu-buru untuk mengenalkan diri sebagai calon ibu tiri ya Moms.

Baca Juga : Anak Merengek Saat Lepas dari Gadget, Apa Penyebabnya?

3. Perlakukan Calon Anak Tiri seperti Keluarga

Jika anak tinggal secara bergantian antara ibu dan ayahnya, Moms mungkin tidak akan setiap hari berinteraksi dengan mereka.

Namun, ketika nantinya mereka berkunjung atau mendapat giliran tinggal bersama Moms dan pasangan, perlakukan mereka seperti bagian dari keluarga yang utuh.

Hindari memperlakukan mereka seperti tamu istimewa. Hal ini justru akan membuat mereka canggung.

Sebaliknya, libatkan mereka dalam keluarga dengan memberi mereka tugas, meminta mereka untuk berbagi tanggung jawab, meninjau pekerjaan rumah mereka, dan yang lainnya. Buat mereka merasa nyaman di rumah sendiri.

4. Pergi Berdua dengan Calon Anak Tiri

shutterstock 592955501

Setelah Moms dan calon anak tiri mengenal satu sama lain, Moms bisa menyarankan untuk jalan-jalan berdua dengannya. Ini mungkin menegangkan, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menjalin kedekatan.

Pilih aktivitas di mana Moms dan calon anak tiri tidak dipaksa untuk berbicara satu sama lain sepanjang waktu. Seperti bowling atau bermain olahraga lainnya. Moms juga bisa mengajaknya nonton dan berdiskusi setelahnya.

Pastikan Moms membawa calon anak tiri jalan-jalan ke tempat yang sesuai dengan anggaran. Jika Moms memaksakan diri mengajaknya ke tempat mahal seperti Disneyland, di lain waktu dia akan kecewa ketika Moms hanya mengajaknya ke tempat biasa.

5. Pertahankan Persahabatan yang Stabil

Harapan Moms dan calon anak tiri untuk bisa saling menyayangi tentu tidak ada salahnya. Tapi, hal itu bukan perkara mudah. Jangan dulu berpikir sejauh itu. Sekarang, pikirkanlah cara untuk berteman dengannya.

Jika Moms sudah berteman dan bersahabat, bukan tidak mungkin rasa sayang dan cinta akan muncul dengan sendirinya. Waktu yang akan menjawab.

Baca Juga : Ini yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Untuk Mengurangi Kedekatan Anak dengan Gadget

6. Bangun Kepercayaan dan Kejujuran

shutterstock 1135645004

Kepercayaan dan kejujuran adalah komponen kunci dalam suatu hubungan dan butuh waktu untuk membangunnya.

Moms perlu menunjukkan kejujuran dan kepercayaan diri agar mereka bisa percaya pada Moms. Ingat, kejujuran itu harus berasal dari hati. Anak-anak akan tahu apakah Moms tulus atau hanya berpura-pura.

7. Dukung Hobinya

Ini menjadi hal krusial yang perlu Moms perhatikan. Anak-anak butuh orang yang perhatian pada mereka, termasuk pada hobi dan kebutuhan mereka. Mereka membutuhkan supporter yang senantiasa mendukung mereka.

Cara yang bisa Moms lakukan antara lain membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah, mengantarnya berlatih, datang melihat pertandingan yang mereka mainkan, atau datang ke pertunjukan sekolah.

Moms juga bisa melakukan hal-hal yang menjadi hobi mereka. Dengan begitu, Moms dan calon anak tiri bisa melakukan hobi bersama.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu Moms mendekatkan diri dengan calon anak tiri. Selamat mencoba Moms!

(AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait