Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
7 Mei 2019

8 Kebiasaan Baik yang Harus Diajarkan Orang Tua kepada Anaknya

Kebiasaan yang baik akan berguna bagi masa depan Si Kecil nanti
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebuah pepatah populer mengatakan bahwa kebiasaan baik itu dimulai sejak dini. Bila Si Kecil sudah cukup usia untuk pergi ke sekolah dan mulai dengan fase pembelajaran dalam hidupnya, Moms harus mulai mendidik dengan mengajarkan kebiasaan yang baik.

Kebiasaan sehat juga harus dimulai sejak dini, semakin dini Si Kecil diperkenalkan kebiasaan baik ini, semakin sedikit upaya yang harus ia lakukan untuk menanamkannya dalam kehidupan sehari-harinya saat ia besar nanti.

Berikut daftar kebiasaan baik yang perlu Moms ajarkan kepada Si Kecil, seperti dikutip dari Mom Junction.

1. Makan Makanan Sehat

goodhabit1

Foto: consumerreports.org

Ini mungkin hal yang paling sulit dari semuanya. Sama seperti kebanyakan anak lain, Si Kecil juga akan tergoda untuk mengambil sekantong keripik atau sebungkus biskuit.

Hal yang bisa Moms lakukan:

-Jelaskan pentingnya makan sehat dan bagaimana junk food bisa berbahaya bagi kesehatan

-Buat kudapan makanan cepat saji versi rumahan seperti mie, pasta, dan pizza untuk anak sesekali

2. Table Manners

Ini merupakan salah satu poin paling penting di antara daftar kebiasaan baik yang dibutuhkan untuk mendidik anak. Sekarang saatnya untuk mulai memperlakukan anak seperti orang dewasa saat ia duduk di meja saat makan malam.

Ajari Si Kecil bahwa tidak baik mengecap atau berbicara saat mengunyah, makan dengan posisi sendok dan garpu yang benar, serta mengajari posisi duduk yang benar di meja makan.

Baca Juga: Rayakan Hari Bekal, 5 Akun Instagram Seru Ini Sajikan Bekal Kreatif dan Wajib Difollow!

3. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

goodhabit2

Foto: hiltondentalcare.co.uk

Anak-anak kecil sering malas ketika harus menyikat gigi. Karenanya, pastikan Moms meluangkan waktu beberapa menit untuk mendidiknya tentang pentingnya menyikat gigi dengan benar.

Coba dan buat menyikat aktivitas yang menyenangkan dengan sesekali memberinya beberapa makanan manis jika dia berjanji untuk menyikat gigi segera setelah ia memakannya.

4. Tidur Tepat Waktu

Minta anak menetapkan jadwal tidur yang benar, hal ini akan sulit dilakukan apalagi ketika ia sudah beranjak dewasa dan mengenal dunia luar.

Tidur tepat waktu menjadi yang paling penting ketika Si Kecil mulai bersekolah. Tetaplah pada waktu tidur yang teratur. Kecil kemungkinan bagi anak untuk tetap terbangun jika Moms juga lebih cepat masuk ke kamar tidur.

5. Bermain di Luar Rumah

goodhabit3

Foto: health.harvard.edu

Sangat mudah untuk terpaku pada layar televisi untuk menonton kartun atau bermain game, tetapi bukan itu yang Moms inginkan untuk anak.

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk memicu Si Kecil bermain ke luar:

-Ajak Si Kecil keluar untuk beberapa kegiatan luar ruangan yang segar setiap pagi atau sore

-Dorong ia melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bersama

6. Bertanggung Jawab Dengan Uang

Jika Si Kecil sudah cukup besar sehingga Moms mulai menawarkan uang jajan, beri tahu dia tentang tanggung jawab mengatur uang yang ia miliki.

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan:

-Belikan ia celengan dengan bentuk yang ia sukai

-Dorong dia untuk menyimpan uangnya dan mengelola pengeluarannya dalam anggaran tertentu 

7. Katakan ‘Tolong’ dan ‘Terima Kasih’

goodhabit4

Foto: dailyfamily.ng

Aturan dasar lain yang dibutuhkan untuk mendidik anak adalah mengajarinya mengucapkan kata emas: 'Tolong' dan 'Terima Kasih'.

Ini merupakan kata-kata ajaib yang dapat membantu Si Kecil ketika suatu waktu ia kesulitan, dan bagaimana cara ia bersyukur atas apa yang telah ia dapatkan.

Baca Juga: Rayakan Hari Bekal, 5 Akun Instagram Seru Ini Sajikan Bekal Kreatif dan Wajib Difollow!

8. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Jelaskan kepada anak bahwa membuang sampah sembarangan adalah ciri-ciri masyarakat yang buruk. Moms bisa memulainya dengan mengajarinya di lingkungan dalam rumah.

Mintalah dia untuk selalu membuang sampah di tempat sampah.

Bantu Si Kecil belajar kebiasaan sederhana yang baik ini. Ini pasti akan sangat membantu dalam mengembangkan kebiasaannya dan membentuk kepribadiannya.

Itulah beberapa kebiasaan baik yang harus Moms ajarkan kepada Si Kecil. Namun, ingat bahwa Moms juga harus bisa menjadi pemberi contoh yang baik bagi anak dengan turut melakukan kebiasaan baik tersebut, ya. Selamat mencoba!

(AP/AND)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait