Tren

17 November 2017

Amankah Menggunakan Cetakan Kue Berbahan Silikon?

Tidakkah zat kimianya luntur jika dipanaskan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Mendengar kata 'silikon', Moms mungkin teringat bahan filler kosmetik untuk bibir, payudara, dan sebagainya. Namun ternyata ada pula cetakan kue, puding, atau cokelat berbahan silikon. Apakah aman mencetak kue dengan cetakan berbahan silikon? Tidakkah zat kimianya luntur jika dipanaskan?

Belakangan ini, kegiatan masak-memasak atau bikin kue jadi lebih ceria dengan hadirnya cetakan berbahan silikon. Selain lentur, cetakan kue silikon ini juga punya banyak warna dengan bentuk-bentuk yang lucu dan unik.

Silikon sendiri merupakan karet polimer sintetis yang secara struktur kimianya terbentuk melalui rangkaian silicone-oxygen, kemudian dikombinasikan dengan hidrogen, oksigen, dan elemen-elemen lain yang mendukung.

Tidak perlu khawatir, silikon yang digunakan untuk cetakan kue merupakan silikon food-grade yang sudah diuji aman oleh berbagai lembaga standar makanan, bahkan oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika. Bahan silicone-oxygen ini tidak akan menghasilkan zat-zat berbahaya saat digunakan.

Hebatnya lagi, cetakan berbahan silikon ini bisa digunakan di lemari pendingin atau panggangan sampai suhu 200oC. Selain itu, cetakan silikon juga tidak akan menimbulkan goresan.

Bahannya yang lentur akan memudahkan Moms untuk mengeluarkan isi cetakan tanpa harus bersusah payah. Cetakan silikon cocok dipakai untuk membuat kue, puding, maupun cokelat.

Baca juga: Resep: Puding Oreo

Cara membersihkannya juga mudah. Cukup bilas dengan sabun dan air hangat, rendam beberapa saat agar sisa-sisa kotoran hilang lebih sempurna, kemudian keringkan sebelum menyimpannya.

Jadi, asal Moms mendapatkan produk yang berkualitas, tak perlu ragu lagi akan keamanan cetakan kue berbahan silikon!

(SER/EMA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait