19 April 2018

Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

Mulai buah sampai daunnya punya banyak manfaat!
Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

Meskipun berasal dari Meksiko, avokad merupakan buah yang familiar di Indonesia karena sangat mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun swalayan.

Manfaat avokad ternyata penting sekali untuk kesehatan dan yang lebih penting lagi, setiap bagian buah bahkan daunnya juga bermanfaat untuk tubuh kita.

Hasil studi di Universitas Shizuoka, Jepang juga menyatakan bahwa avokad bermanfaat untuk kesehatan liver. Para peneliti ini memberikan 22 buah berbeda pada tikus yang hatinya rusak akibat racun galactosamine, alhasil avokad adalah buah yang paling efektif menyembuhkan.

Lalu, apakah masih ada lagi manfaat-manfaat penting yang kita dapatkan setelah mengonsumsi avokad? Cek fakta-faktanya di bawah ini!

1. Dapat menurunkan berat badan

Avokad adalah buah yang unik. Bila kebanyakan buah mengandung karbohidrat, lain dengan avokad yang memiliki kandungan lemak tak jenuh dan sangat baik untuk membakar energi. Kalau Moms sedang menjalankan program diet, mungkin bisa mengganti cemilan dengan buah avokad.

2. Penting untuk kesehatan mata

Antioksidan dalam avokad sangat tinggi. Terdapat 2 nutrisi dalam buah ini, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Studi menunjukkan bahwa kedua nutrisi ini dapat mengurangi risiko terjadinya katarak dan degenerasi makular yang biasanya umum terjadi pada usia-usia senja.

Baca Juga : Tidak Hanya Lezat, Ini 3 Manfaat Avokad Untuk Ibu Hamil

3. Baik untuk kecantikan kulit

Ternyata lemak jenuh dalam avokad dapat menunjang penampilan Moms juga loh! Daging avokad baik untuk menjaga kelembaban pada lapisan epidermis sehingga membuat kulit halus dan sehat.

Selain itu, kandungan omega 9 pada lemak dibutuhkan untuk membantu mengurangi iritasi kulit dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

4. Tidak hanya buah, daun avokad juga bermanfaat

Manfaat daun avokad yang paling memukau adalah dapat menyembuhkan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena avokad memiliki kandungan alkolid, saponin, dan flavonoid. Selain itu, daun ini juga dapat menghilangkan sakit pinggang pada tubuh.

5. Asam folat pada avokad yang baik untuk ibu hamil

Apabila Moms sedang mengandung, perlu diketahui bahwa avokad memiliki asam folat yang dapat menjaga kesempurnaan DNA sehingga mencegah janin dalam kandungan.

Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, serta cacat anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, buah ini akan sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil pada trisemester pertama fase kehamilan.

Jadi, apakah Moms tertarik untuk rajin mengonsumsumi buah avokad?

(DAN)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb