24 September 2019

Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini

Ternyata berkebun juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak
Yuk Ajarkan Anak Bercocok Tanam Sejak Dini

Bagi Moms yang memiliki anak yang sulit makan makanan sehat dan seimbang, berkebun bisa menjadi sarana yang penting.

Berkebun tetap bisa dilakukan meskipun kita tidak memiliki halaman belakang yang sempurna, luas, atau cerah. Sebagai gantinya, Moms bisa menanam di sebuah tempat kecil atau menumbuhkan beberapa edibles di lansekap yang ada.

Baca Juga: Selain Jadi Hobi, Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Namun jika memiliki banyak ruang terbuka, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk menanam beberapa tumbuhan seperti tomat, rempah-rempah, ceri yang manis yang akan membuah Si Kecil bersemangat belajar menanam.

Mengapa Moms perlu mengajarkan anak berkebun sejak dini?

Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

mengajarkan anak berkebun
Foto: mengajarkan anak berkebun

Foto: romper.com

Mengajarkan anak berkebun tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Si Kecil, namun juga berpengaruh pada otak dan jiwa anak.

"Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan dengan alam memiliki efek mendalam pada kesejahteraan psikologis dengan meningkatkan emosi positif dan mengurangi stres,” ujar Deborah Zlotnik, psikolog dari Children's National.

Menurut Dr. Deborah Zlotnik, ketika anak-anak dan remaja berada di luar, mereka dapat melatih semua indra yang dimiliki.

Dengan melibatkan anak dalam suatu kegiatan dan fokus pada tanaman, anak-anak dapat mengalihkan diri dari kegiatan dan stres sehari-hari yang mungkin dialami di sekolah atau hubungan teman sebayanya.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Berenang

Karena anak-anak dan remaja sekarang ini, lebih banyak berfokus pada alat elektronik dan media sosial, yang mana tidak mambawa manfaat positif untuk anak. Sedangkan berkebun bisa menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan prososial yang positif.

Ketika anak-anak terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan, mereka lebih mampu menangani stres lainnya dan lebih mampu mengatur emosi mereka.

Bisa Meningkatkan Mood Anak

mengajarkan anak berkebun
Foto: mengajarkan anak berkebun

Foto: shorelinepaintingct.com

Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child, dan pakar kesehatan emosi anak-anak di Growing Happy Kids, mengatakan bahwa mengajarkan anak berkebun secara rutin dan adalah bagian dari alasan mengapa berkebun dapat membantu membuat suasana hati anak-anak meningkat menjadi lebih baik.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

"Anak-anak yang belajar melakukan hal berulang kali seperti menyiram taman akan mengembangkan jalur di otak mereka yang mengatakan, 'saya bisa melakukan ini' dan akan mendapatkan hasilnya,” tutur Maureen Healy.

Dengan mengajarkan anak berkebun, orang tua dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan sehat dan menenangkan, seperti merawat hal-hal di sekitar mereka seperti hewan peliharaan dan tanaman.

Jadi sudahkah Moms mengajarkan anak berkebun?

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb