Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
26 April 2019

Anak Belum Tumbuh Gigi tapi Sudah GTM, Apa Penyebabnya?

GTM atau Gerakan Tutup Mulut kerap terjadi pada anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

https://www.shutterstock.com/image-photo/lovely-2-years-boy-dont-want-451697080?src=DLgP1EUXgOOql05h52_wUA-1-2

https://www.shutterstock.com/image-photo/sweet-beautiful-baby-girl-bored-foodbored-770171485?src=l1NfMHWaraefaX52v-aDxQ-1-9

Moms, tahukah apa yang dimaksud dengan GTM? GTM atau Gerakan Tutup Mulut adalah keadaan ketika anak tidak mau dikasih makan dan menolak dengan berbagai cara, seperti rewel, menyemburkan makanan, bahkan benar-benar menutup mulut.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika anak mulai MPASI atau sudah memiliki gigi. Tak hanya itu, kondisi ini bisa terjadi karena pemberian makanan yang tidak tepat dan tidak sesuai usianya.

Kondisi GTM pastinya akan membuat Moms khawatir karena dengan begitu asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke tubuh Si Kecil menjadi berkurang.

Kondisi ini juga berisiko meningkatkan infeksi penyakit masuk ke dalam tubuhnya. Jika sudah begini, maka kondisi GTM harus segera diatasi.

Baca Juga : 3 Tips Atasi Anak yang Melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut)

Dalam beberapa kejadian, dapat juga terjadi kondisi GTM pada anak yang bahkan belum tumbuh gigi.

Apakah benar GTM adalah salah satu ciri-ciri anak yang mulai tumbuh gigi?

Daripada bingung mencari informasi di luar sana, mari lihat ulasan yang bersumber dari dokter gigi spesialis anak ini.

Bersama drg. Rizka Aulia Zaim, beliau akan menjelaskan penyebab terjadinya GTM pada anak yang belum tumbuh gigi.

Perhatikan Tanda Tumbuh Gigi pada Anak

anak belum tumbuh gigi tapi sudah gtm, apa penyebabnya 2
Foto: gentlenursery

Sebelumnya, ketahui tanda-tanda anak yang mulai tumbuh gigi. Setiap anak pastinya memiliki tanda yang berbeda-beda namun umumnya tanda yang akan terjadi adalah gusi yang membengkak dan anak mengeluarkan air liur yang berlebihan.

Gusi yang membengkak membuat rasa linu dan tidak nyaman sehingga hal tersebut membuat ia tidak nyaman saat mengunyah makanan. Nah, tanda ini bisa menjadi penyebab anak melakukan GTM ketika diberikan makanan.

“GTM bisa menjadi salah satu efek dari tumbuh gigi karena gusinya terasa kebas dan sakit,” ujar drg. Rizka pada Kulwap Orami Community, Kamis (21/2) lalu.

Bagaimana cara untuk mengatasinya? Tak lain adalah tetap merangsang giginya dengan finger food.

“Berikan finger food dengan tekstur yang lembut dan dingin seperti buah atau jus buah dicampurkan ASIP yang dibekukan. Coba naikkan sedikit teksturnya karena anak akan senang untuk menggigit dan mengunyah pada fase ini," ujar drg. Rizka.

Tak hanya itu, menurut dokter yang praktik di Brawijaya Women & Children Bandung ini., Moms dapat memberikan pijatan di daerah gusi pada calon-calon giginya yang akan tumbuh sehingga anak merasa lebih nyaman.

Cara tersebut dapat untuk mengatasi kondisi GTM yang dialami anak. Namun hal yang terpenting adalah jangan memaksakan anak untuk makan, ya karena bisa menyebabkan trauma makan pada anak.

Baca Juga : Jangan Memaksa Anak untuk Makan! Ini 4 Dampak Buruknya

Demam Menjadi Tanda Tumbuh Gigi Anak, Benarkah?

anak belum tumbuh gigi tapi sudah gtm, apa penyebabnya 3
Foto: babyandchild

Selain GTM, kondisi demam pada anak sering dikaitkan dengan salah satu tanda tumbuh gigi pada anak.

Nah, sebenarnya hal ini adalah mitos, ya, Moms. Demam bukan menjadi tanda tumbuh gigi melainkan tanda tubuh anak terinfeksi virus, bakteri, atau parasit lainnya.

“Ketika anak tumbuh gigi, maka ia kerap mengeluarkan air liur berlebih dan suka memasukkan apa pun ke dalam mulutnya," ujar drg. Rizka.

Hal tersebut menurut drg. Rizka dapat menyebabkan ia terinfeksi parasit sehingga menjadi demam. Jadi, demam bukan menjadi salah satu tanda tumbuh gigi, ya.

Fase tumbuh gigi anak memang menjadi momen yang menyenangkan sekaligus menantang, ya, Moms. Selalu pastikan anak terjaga kesehatan mulut dan giginya agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya tetap terjaga.

(DG/CAR)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait