Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Anak | Dec 7, 2018

Anak Merengek Saat Lepas dari Gadget, Apa Penyebabnya?

Bagikan


Sejak usia dini, banyak orang tua yang sudah mulai memperkenalkan gadget pada anak.

Sebagian besar memberikannya karena ingin Si Kecil belajar teknologi, namun sebagian lainnya memberikan gadget hanya karena tak ingin mendengar anak rewel.

Tepatkah hal ini? semua kembali lagi pada tujuan dan cara pemberiannya. Kalau sudah tepat dan tak berlebihan, bisa tak membawa dampak buruk.

Namun bagaimana bila anak Moms sudah mulai merengek saat lepas dari gadget? Hal ini merupakan pertanda ada yang salah dari cara memberikannya. Mari simak ulasan berikut:

Baca Juga : 4 Hal yang Membuat Anak Kecanduan Gadget

Penyebab Anak Rewel Saat Lepas dari Gagdet

Tak jarang Moms dibuat pusing saat melepaskan gadget dari anak, kemudian mereka menangis dan berujung akan kembali diberikan.

Hal tersebut jelas salah, mari sadari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Umumnya seorang anak yang sudah mulai rewel karena tak diberikan gadget adalah karena tak ada aturan yang ditegaskan pada mereka.

Banyak orang tua yang memberikan gadget pada anak tanpa aturan waktu yang jelas, sehingga mereka berpikir bahwa mereka akan bebas dalam memegangnya.

Selain itu, sadarlah bahwa Moms juga sebenarnya tak memberikan contoh yang benar. Orang tua terkadang melarang anak memegang gadget sementara mereka masih sibuk dengan gadget masing-masing dengan alasan ‘pekerjaan’.

Berhentilah menggunakan alasan tersebut karena Si Kecil tak akan mengerti. Saat di depan anak upayakan untuk tak terus terpaku pada gadget.

Lalu bagaimana saat anak sudah rewel dan membandingkan ia dengan teman-temannya yang selalu bebas memegang gadget?

Jelaskanlah bahwa setiap rumah memiliki aturan yang berbeda-beda sehingga mereka tak sama dengan teman-temannya. Memang tak mudah, tapi mereka akan segera mengerti bila Moms selalu menegaskannya.

Baca Juga : Miris, Rekaman Bocah Perempuan Tonton Video Porno di Smartphone, Begini Cara Bijak Sikapi Penggunaan Gadget untuk Anak

Tepatkah Memberikan Gadget Pada Anak Supaya Mereka Tidak Rewel?

Banyak orang tua yang mengandalkan gadget untuk membuat Si Kecil tidak rewel, seperti saat makan. Apakah Moms salah satunya?

Mulai sekarang berhentilah menjadikan gadget sebagai alasan agar Si Kecil lebih mudah makan.

Ketika mereka sudah berada di meja makan, maka pastikan mereka bercengkrama dengan orang tuanya. Begitu pula dengan Moms, hindarilah memegang gadget di meja makan maupun ketika sedang bersama Si Kecil.

Seperti yang dipaparkan oleh psikolog Ajeng Raviando, berikan kesempatan anak untuk bermain dengan orang tua tanpa melibatkan teknologi.

"Bermain yang benar-benar bermain pada orang tua dan anak yang mungkin bila kita lihat seperti generasi sebelumnya bahwa anak juga butuh sentuhan seperti dipeluk, disayang ada kontak mata dan fisik untuk menciptakan emotional bonding," tutup Ajeng.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.