K-Wave

30 Juli 2021

Berkenalan dengan Bae Suzy, Mantan Member Girlband yang Sukses jadi Aktris

Bae Suzy merupakan mantan idol Kpop yang sukses berkarier sebagai aktirs
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pecinta drama Korea mungkin tidak asing dengan wajah Bae Suzy. Aktris 25 tahun ini memang sempat menjadi perbincangan para Moms di Indonesia setelah bermain dalam drama StartUp.

Perannya sebagai Seo Dal Mi, wanita yang tak pantang menyerah berhasil menarik perhatian banyak orang. Bahkan, drama tersebut menjadi salah satu yang terbaik di Netflix lho Moms.

Biar makin akrab, yuk Moms kenal lebih dekat dengan Bae Suzy, mantan anggota girl band yang sukses jadi aktris.

Baca juga: 6 Rekomendasi Drama Korea untuk Ditonton selama Pandemi COVID-19

Profil Bae Suzy

profil bae suzy

Foto: hancinema

  • Nama: Bae Suzy
  • Tanggal Lahir: October 10, 1994
  • Tempat Lahir: Gwangju, Provinsi Jeolla, Korea Selatan
  • Tinggi: 167cm
  • Pendidikan: Seoul of Performing Art School (SOPA)
  • Media Sosial: Instagram @skuukzky

Baca juga: 11 Rekomendasi Drama Korea Bertema Dokter, Sudah Nonton?

Rekomendasi Drama Bae Suzy

Sejak berkarier di dunia seni peran, sudah banyak sekali drama Korea yang diperankan oleh Bae Suzy dan menarik untuk disaksikan Berikut daftarnya.

1. Dream High

Dream High

Foto: Orami Photo Stock

Dream High merupakan drama pertama yang diperankan Bae Suzy. Di sini, ia berperan sebagai Go Hye Mi, seorang remaja angkuh yang memiliki cita-cita menjadi soprano. Namun, impiannya iti harus kandas, lantaran sang ayah bangkrut dan terlilit hutang dan menghilang.

Hye Mi bersama adiknya harus menghadapi ancaman dari para penagih hutang. Hingga akhirnya, ia dipaksa oleh para penagih hutang untuk sekolah di SMA Seni Kirin dan berusaha debut sebagai seorang idol sehingga dapat melunasi hutang sang ayah.

2. Big

Big

Foto: hancinema.com

Seorang remaja 18 tahun bernama Kang Gyung Joon (Shin Won Ho) mengalami kecelakaan hebat saat sedang mengendarai sepeda motornya. Setelah mengalami koma beberapa bulan, ia bangun sebagai pria berusia 30 tahun bernama Seo Yoon Jae (Gong Yoo).

Seo Yoon Jae berprofesi sebagai dokter dan sudah bertunangan dengan guru SMA Gyung Joon, bernama Gil Da Ran (Lee Min Jung). Masalah lain muncul saat Seo Yoon Jae diam-diam menyukai gadis dengan wanita berusia 18 tahun bernama Jang Ma Ri (Bae Suzy).

3. Gu Family Book

Gu Family Book

Foto: Orami Photo Stock

Choi Kang Chi (Lee Seung Gi) adalah makhluk setengah manusia dan Gumiho. Sejak bayi, ia diadopsi oleh pemilik penginapan bernama Hundred Years Inn. Kang Chi adalah putra Gu Wol Ryung, roh penjaga Gunung Jiri, dan manusia Yoon Seo Hwa.

Dam Yeo Wool (Bae Suzy) adalah master seni bela diri dan putri pemimpin organisasi rahasia yang melindungi wilayah tempat tinggal Kang Chi. Dia dikirim ke Hundred Years Inn untuk mengamati dan melindungi tuannya.

Mereka bertemu di Hundred Years Inn, penginapan paling populer di wilayah tersebut, dan saling jatuh cinta meskipun Choi Kang Chi setengah manusia. Namun, sesuatu terjadi diantara mereka berdua. Hingga akhirnya Kang Chi harus menghadapi pilihan yang sulit.

4. Uncontrollably Fond

uncontrollably fond

Foto: hancinema.com

Uncontrollably Fond berkisah Shin Joon Young (Kim Woo Bin) seorang artis papan atas Kores dengan produser film dokumenter bernama No Eul (Bae Suzy).

Keduanya bertemu saat masih SMA. Shin Joo Young sudah memiliki popularitas tinggi sejak masih di bangku sekolah. Banyak sekali wanita yang tergila-gila dengannya termasuk Ko Na Ri (Kim Min Young).

Suatu hari, Na Ri sakit karena cintanya ditolak oleh Joon Young. Merasa tidak terima, No Eul (Bae Suzy) mencoba membalaskan dendam sahabatnya itu dan menemui Joon Young di sekolahnya.

Namun, pertemuan itu seolah menjadi takdir untuk mereka No Eul dan Joon Young. Tanpa disadari mereka berdua semakin dekat dan Joon Young kerap kali memanfaatkan No Eul. Hingga sebuah tragedi membuat mereka berdua berpisah.

Setelah beberapa tahun, Shin Joon Young kembali bertemu dengan No Eul. Kali ini, No Eul meminta Joon Young untuk bekerja sama dengan rumah produksi tempatnya bekerja. Sayang, Joon Young menolak mentah-mentah perhomohanan No Eul.

Sifat No Eul yang pantang menyerah, terus mencoba meyakinkan Joon Young untuk menerima tawarannya itu. Lalu, apakah Joon Young akan menerima tawaran No Eul? Bagaimana dengan kisah mereka berdua?

Baca juga: 4 Fakta Drama Korea "Reply" yang Duduki Peringkat Tinggi Se-Korea, Sudah Nonton?

5. While You Were Sleeping

while ypu were sleeping

Foto: Orami Photo Stock

Hong-Joo (Bae Suzy) tinggal bersama ibunya dan membantunya menjalankan restoran babi. Ia memiliki kemampuan untuk melihat masa depan orang melalui mimpi. Namun, ia tidak bisa melihat kematiannya sendiri.

Suatu hari, Hong Joo bermimpi mengenai kematian ibundanya. Hal itu membuatnya selalu ingin berada di dekat sang ibu dan memutuskan untuk cuti dari pekerjaannya sebagai seorang wartawan.

Sementara itu, Jae Chan (Lee Jong Suk) adalah seorang jaksa pemula. Dia bertemu Yoo Beom (Lee Sang Yeob) di kantor kejaksaan. Yoo-Beom adalah guru privat Jae Chan ketika ia masih mahasiswa, tetapi sebuah insiden menyebabkan Jae Chan tidak menyukainya. Yoo Beom adalah seorang jaksa, tetapi dia sekarang bekerja sebagai pengacara. Dia mengambil kasus apa pun yang memberinya uang.

Jae Chan dan adiknya pindah ke rumah baru dan mereka menjadi tetangga dengan Hong Joo. Suatu malam, Jae Chan bermimpi bahwa Yoo Beom mengendarai mobil Hong Joo dan ini mengarah ke serangkaian peristiwa termasuk kematian ibu Hong Joo dan kemudian Hong Joo sendiri.

Ketika Jae Chan merasakan bahwa mimpinya akan menjadi nyata, dia mengambil tindakan ekstrim untuk menghentikannya. Yoo Beom menjadi marah pada Jae Chan, tapi Hong Joo justru memeluknya dan berterima kasih padanya. Jae Chan dan Hong Joo kemudian bekerja sama untuk memecahkan kasus lain.

6. Vagabond

Vagabond

Foto: Orami Photo Stock

Cha Dal Geon (Lee Seung Gi) adalah seorang stuntman yang bercita-cita menjadi aktor laga terkenal di dunia. Namun kariernya tidak berjalan lancar, sementara dia harus menghidupi keponakannya.

Suatu hari, pesawat yang ditumpangi keponakannya menuju Maroko mengalami sabotase. Ia merasa bahwa ada sekelompok orang yang sengaja menyabotase penerbangannya.

Go Hae Ri (Bae Suzy) adalah agen NIS yang sedang menyamar di kedutaan Korea di Maroko. Dia ditugaskan oleh kedutaan untuk membantu keluarga korban sabotase pesawat tersebut.

Cha Dal-Geon meminta bantuan Go Hae-Ri untuk menemukan pria yang dilihatnya di Maroko yang merupakan penumpang dalam penerbangan. Akhirnya, Cha Dal-Geon dan Go Hae-Ri mengungkap konspirasi yang jauh lebih gelap dan lebih jahat dari yang mereka duga.

7. Start Up

start up

Foto: hancinema.com

Drama dengan latar Silicon Valley fiksi Korea Selatan, Start Up bercerita tentang anak-anak muda yang memiliki mimpi membangun perusahaan rintisan berlatar teknologi.

Seo Dal Mi (Bae Suzy) adalah seorang wanita muda yang cerdas dan ambisius. Ia memiliki mimpi untuk menjadi Steve Jobs Korea.

Walaupun bukan berasal dari keluaraga kaya, tetapi Dal Mi tidak pernah pantang menyerah dan selalu bekerja kerasa. Dia memiliki semangat yang tinggi dan selalu berpikir positf terhadap apapun yang ia kerjakan.

Nam Do San (Nam Joo Hyuk), adalah pendiri Samsan Tech. Seorang 'jenius matematika' yang berhasil memenangkan medali emas olimpiade di negaranya. Namun, setelah dewasa ia justru menjadi aib untuk keluarganya. Karena selama dua tahun terakhir bisnisnya tidak pernah mengalami peningkatan. Tidak ada satu pun investor yang ingin memberikan modal kepada perusahaan rintisannya itu.

Suatu hari, Do San kedatangan pria bernama Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho). Ia adalah investor ternama di dunia perusahaan rintisan. Kedatanganny ke Samsan Tech seolah menjadi angin segar bagi Do San dan dua sahabatnya.

Sayangnya, kehadiran Ji Pyeong bukan untuk memberikan bantuan dana. Sebalinya, Ji Pyeong meminta bantuan Do San untuk berpura-pura menjadi cinta pertama Seo Dal Mi.

Baca juga: 5 Drama Korea Soal Cinta Beda Dunia, Unik!

Fakta Menarik Bae Suzy

fakta bae suzy

Foto: hancinema

Selain kemampuan aktingnya, masih banyak fakta menarik tentang Bae Suzy yang seru untuk Moms ketahui lho. Yuk simak dalam artikel berikut ini.

1. Mantan Member Girl Band

Bae Suzy memulai kariernya sebagai member girl band Miss A di bawah naungan YP Entertainment. Dalam grup beranggotakan empat perempuan ini, ia memiliki posisi sebagai vokal utama. Sayangnya grup yang membesarkan namanya ini berhenti aktif pada 2017 lalu.

2. Ratu Iklan

Suzy merupakan salah satu endorser paling laris di Korea Selatan. Bahkan ia mendapat julukan CF Queen atau si Ratu Iklan. Karena dalam satu tahun, ia dapat tampil dalam berbagai iklan mulai dari kosmetik, pakaian hingga makanan dan minuman.

Menurut beberapa sumber, Suzy berhasil meraup penghasilan lebih dari 10 miliar won pada tahun 2013 dengan lebih dari 14 kesepakatan endorsement dalam satu tahun. Pada tahun 2020, Suzy mendapatkan julukan lain "Human Dior" karena penggemar memperhatikannya selalu mengenakan dan mempromosikan merek tersebut.

3. Jadi Model Online Shop

Sebelum memulai karier sebagai anggota grup KPOP. Suzy sempat menjadi model beberapa model online shop di Korea. Kemudian, ia berhenti saat diterima menjadi trainee di JYP Entertainment.

4. Jadi Pendatang Baru Terbaik

Suzy merupakan artis wanita Korea pertama yang berhasil membawa pulang penghargaan sebagai pendatang baru terbaik secara bersamaan.

Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actress dalam pagelaran 48th Baeksang Art Awards utnuk aktingnya dalam film Architecture 101.

Pada tahun yang sama, ia juga meraih penghargaan Best Newcomer dari KBS Entertainment Awards untuk penampilannya di Invicible Youth 2.

5. Kisah Asmara dengan Aktor Kenamaan

Berbeda dengan kebanyakan artis Korea lain, kehidupan asmara Suzy dengan pacarnya kerap kali diekspos oleh media.

Kisah asmara Suzy pernah diungkap media ke publik pada 2015, tetapi kandas setelah tiga tahun. Setelah itu, Suzy kembali menjalin hubungan dengan Lee Dong Wook pada 2018, tetapi hubungan keduanya hanya bertahan 4 bulan dan akhirnya kandas.

Baca juga: 15 Rekomendasi Drama Korea tentang Pernikahan, Recommended!

Moms, demikian rekomendasi drama dan fakta Bae Suzy. Semoga bisa menjadi referensi di waktu senggang ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait