Program Hamil

22 Januari 2019

Berbahayakah Jika Ibu Hamil Makan Makanan Asam?

Sering ngidam asam, apakah bahaya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Ibu hamil makan makanan asam biasanya muncul ketika rasa ngidam muncul. Ingin makanan asam seperti rujak atau buah yang asam kadang muncul selama kehamilan.

Apakah hal ini berbahaya? Ibu hamil makan asam sebenarnya tidak direkomendasikan. Boleh untuk dilakukan namun harus tetap dikontrol.

Makanan asam memang memiliki daya tarik terhadap tubuh. Biasanya ketika ibu hamil muntah, dan nafsu makan rendah, ada kecenderungan akan suka mengonsumsi segala yang asam.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Nah, kondisi ini bisa berbahaya jika Moms tidak bisa mengontrol dan memilih mana yang bisa dikonsumsi saat hamil.

Jika Moms sangat membutuhkan asam, Moms bisa memakan buah dan sayuran yang asam seperti stroberi, anggur dan lain-lain. Sebab, buah dan sayuran baik dan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

Banyak penelitian mengatakan bahwa asam bisa menyebabkan proliferasi sel embrionik dan merusak tumbuh kembang janin. Lebih mengerikan lagi hal ini akan menyebabkan kelainan pada anak jika terus menerus mengonsumsi asam.

Asam dan Mengidam Saat Hamil

ibu hamil konsumsi makanan asam 01
healthline.com

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil makan makanan asam sangat erat kaitannya dengan ngidam.

Ngidam atau nafsu yang timbul saat kehamilan bisa muncul kapanpun dan apapun. Tak jarang mengonsumsi makanan atau minuman asam banyak diminta oleh ibu hamil.

Peneliti mengatakan bahwa ngidam yang ibu hamil alami justru merupakan petunjuk dari tubuh akan apa yang dibutuhkan.

Contoh, jika Moms tiba – tiba ingin susu artinya sebenarnya tubuh sedang membutuhkan kalori untuk dikonsumsi, begitu juga dengan asam.

Perubahan hormon juga normal terjadi ketika ibu hamil. Hal ini menyebabkan berubahnya beberapa kebiasaan sebelum kehamilan, misalnya, nafsu makan dan selera makan.

Banyak ibu bahkan menjadi tidak suka daging meski sebelumnya adalah pecinta daging. Memang konsumsi makanan asam ada kaitannya dengan kondisi seseorang yang sedang ngidam.

Maka, Moms perlu menyiasati jika rasa ngidam itu menuju makanan yang kurang sehat. Ingat bahwa tak seluruh makanan yang bikin ngidam harus dipenuhi.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

Mengatasi Rasa Ngidam Makanan Asam dan Tidak Sehat

ibu hamil konsumsi makanan asam 02
kaana.tk

Lalu bagaimana cara mengatasi ibu yang sangat ngidam dengan hal asam yang sebenarnya tidak baik bagi tubuh dan janin.

Perubahan hormon biasanya dianggap normal dan kerap kali tidak terkontrol. Maka, ada baiknya Moms bisa mengontrol apa yang dikonsumsi.

Deborah Bowen, PhD mengatakan bahwa nafsu makan tak terkontrol biasanya terjadi karena makanan yang mudah didapat. Misalnya Moms sedang ngidam akan makanan manis.

Nah, tentu jika di sekitar kita dengan mudah ditemui makanan manis maka Moms akan terus menerus ngidam makanan tersebut. Ada cara lain yang bisa Moms lakukan, salah satunya mengganti makanan dengan yang lebih sehat.

Misalnya mengganti es krim dengan yoghurt beku rendah lemak. Selain itu, bisa pula mengganti donat dan kue kering dengan roti gandum dan roti panggang dengan selai.

Cobalah mengganti keripik kentang dengan keripik panggang. Jika sangat sulit melupakan cokelat, Moms bisa mengkonsumsinya setengah batang dan bisa diganti dengan meminum susu coklat.

Minuman manis seperti soda bisa diganti dengan jus. Lupakan kue dan ganti dengan pisang atau buah lainnya yang baik. Mulai sekarang Moms bisa mengkontrol asam yang masuk ke dalam tubuhmu demi kesehatan ibu dan janin. Kalau Moms apakah pernah ngidam makanan asam?

(GSA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait